Hari Raya Nyepi di Bali Dengan Penuh Makna

Memasuki bulan Maret artinya sebentar lagi masyarakat Hindu di Indonesia khususnya di Bali merayakan Nyepi pada 7 Maret 2019. Sama seperti tahun baru lainnya, Nyepi merupakan momen pergantian tahun yang dihitung berdasarkan kalender Saka. Berasal dari kata sepi yang berarti sunyi, senyap, dan lengang. Nyepi dirayakan dengan melaksanakan Catur Brata Penyepian di mana umat Hindu menghentikan segala aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan.

BACA JUGA:
7 Tempat Kekinian di Bali yang Wajib Dikunjungi

Perayaan Nyepi di Bali tentu istimewa dan unik berbeda dengan perayaan di kota lain di Indonesia karena hampir sebagian besar penduduknya memeluk agama Hindu. Di Bali perayaan Nyepi diadakan selama satu hari satu malam tanpa listrik dan tanpa lampu. Namun sebelumnya ada beberapa ritual upacara untuk menyambut Nyepi antara lain:

Melasti

article image

Image credit: masbrooo.com

Upacara ini biasanya diadakan sekitar tiga atau dua hari sebelum Nyepi di mana umat Hindu melakukan penyucian dengan membawa segala sarana persembahyangan di Pura atau tempat suci ke di pinggir pantai atau danau. Keduanya dipercaya air kehidupan yang memberikan kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Tujuannya akhir adalah penyucian diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu dan membuangnya ke laut sehingga nantinya umat Hindu bisa menahan godaan saat menjalani Nyepi serta menjadi lebih bersih dan tenang serta diberi kekuatan.

Mecaru

article image

Image credit: pejeng.desa.id

Sehari sebelum Nyepi, umat Hindu melaksanakan Buta Yadnya di berbagai lapisan masyarakat. Upacara ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keharmonisan alam semesta dan manusia supaya indah, lestari, dan baik sebagai bagian dari Buta Yadnya.

Caru yang dilaksanakan di setiap rumah terdiri dari nasi lima warna berjumlah sembilan paket beserta lauk-pauknya, seperti ayam brumbun (berwarna-warni) disertai tuak. Buta Yadnya ini ditujukan kepada Sang Buta Raja, Buta Kala, dan Batara Kala supaya tidak mengganggu umat.

Pengrupukan

article image

Image credit: siar.com

Setelah upacara Mecaru, dilakukan upacara Pengrupukan yaitu menyebarkan nasi tawur, mengobori rumah dan pekarangan, serta memukuli apa saja supaya suasana menjadi gaduh. Tujuannya adalah supaya Buta Kala terusir dari rumah dan lingkungan sekitar. Pengrupukan dilanjutkan dengan pawai ogoh-ogoh yang merupakan perwujudan Buta Kala. Patung raksasa yang menakutkan ini akan diarak beramai-ramai keliling desa oleh satu banjar pada senja/malam hari sebelum Nyepi dimulai. Tujuannya agar kekuatan negatif yang ada di sekitar desa ikut bersama ogoh-ogoh. Setelah itu ogoh-ogoh akan dibakar untuk mengusir Buta Kala dari lingkungan sekitar.

Nyepi

article image

Image credit: shopback.co.id

Keesokan harinya merupakan puncak Hari Raya Nyepi di mana umat Hindu melaksanakan Catur Bratha Penyepian.

  1. Amati Geni artinya kita dilarang untuk menyalakan api, baik itu memasak, merokok, menyalakan lampu, untuk mencegah hal-hal yang berbau negatif.
  2. Amati Karya, menghentikan segala aktivitas yang biasa lakukan seperti bekerja dan kegiatan fisik lainnya.
  3. Amati Lelungan, dilarang bepergian dan mengganggu ketenangan orang lain.
  4. Amati Lelanguan yaitu tidak bersenang-senang atau melakukan hiburan.

Semua pantangan ini dilakukan untuk mengekang hawa nafsu dan segala keinginan jahat supaya mencapai ketenangan batin. Saat Nyepi inilah manusia melakukan introspeksi atas apa yang telah dilakukan dan memupuk perbuatan baik di tahun yang baru.

Ucapan Hari Raya Nyepi

Bagi kamu yang tidak memperingati Hari Raya Nyepi pun bisa memberi ucapan kepada kerabat, sahabat maupun keluarga yang memperingatinya. Berbagai ucapan Hari Raya Nyepi dengan Bahasa Bali bisa kamu gunakan. Berikut ini ucapan hari raya nyepi bahasa Bali yang kamu gunakan.

  1. Rahajeng Nyangra Rahina Nyepi Caka 1941
  2. Rahajeng Nyangra Rahina Jagat Nyepi Caka Warsa 1941. Dumogi sareng sami ngemolihan kerahayuan. Om Santhi, Santhi, Santhi Om.
  3. Rahajeng Rahina Nyepi Lan Warsa Anyar Saka 1940 & Rahajeng Ngelaksanayang Brata Penyepian, Dumogi Rahayu Lan Dirgayusa.
  4. Selamat hari raya Nyepi. Om Swastiastu… ngaturang rahajeng Nyepi Tahun caka 1940.
  5. Rahajeng Nyanggra Rahina Nyepi lan Tahun Baru Çaka 1940 majeng sameton Hindu sareng sami. Dumogi antar ngemargiang Catur Brata Penyepian.
    Ngembak Geni

Sehari setelah Nyepi, aktivitas kembali seperti semula dan dimulai dengan memanjatkan doa kepada Sang Hyang Widhi untuk kebaikan di tahun baru. Pada hari Ngembak Geni ini, semua umat melakukan silaturahmi dan saling memaafkan satu sama lain supaya dapat memulai tahun Saka dengan penuh nilai baik dan positif.

Tips Nyepi di Bali

Perayaan Nyepi yang penuh makna ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tidak sedikit traveler yang sengaja datang ke Bali untuk merasakan kedamaian dan ketenangan saat Nyepi berlangsung. Nah bagi kamu yang merencanakan perjalanan ke Bali untuk ikut merasakan bagaimana Nyepi di Bali, ada beberapa tips. Tenang saja, liburan kamu bisa tetap menyenangkan dan bisa menikmati syahdunya Pulau Bali tanpa aktivitas satu hari penuh. Nyepi di Bali berlangsung selama 24 jam dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 pagi keesokan harinya dengan menjalankan Tapa Brata Penyepian.

Bagi kamu yang ingin ke Bali hindari memilih penerbangan H-1 atau lebih baik pilih penerbangan pagi karena sore hari akan diadakan pawai ogoh-ogoh yang tentu akan memadati jalanan.
Jangan lupa booking tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari sebelumnya. Kamu bisa memilih paket Nyepi dari agen perjalanan terdekat di kota kamu.

Jangan lupa siapkan uang saku dan camilan. Siapkan uang saku lebih untuk spend money di hotel jika dibutuhkan. Jangan lupa juga beli camilan dan minuman untuk mengisi waktu selama Nyepi. Kamu bisa membeli perlengkapan makan dan minum di supermarket terdekat. Seperti Carrefour, Foodmart, dan Hypermart.

Jangan keluar dari Hotel. Selama sehari penuh kamu tidak diperbolehkan keluar dari hotel hanya diperbolehkan jalan-jalan di sekitar hotel. Jangan nekat bepergian ke pantai atau tempat lainnya karena ada polisi adat atau pecalang yang selalu mengawasi.

Bawa Buku atau Laptop. Karena selama sehari penuh kamu tidak bisa keluar, ada baiknya jika kamu membawa buku atau laptop untuk mengisi waktu luang. Bisa juga dengan duduk-duduk di pinggir kolam renang sambil membaca buku.
Lupa membawa buku? Langsung saja datang ke toko buku terdekat Gramedia, Books & Beyond dan Periplus.


Jangan lupa buka GoToMalls.com untuk tahu lokasi travel agent favoritmu dan promo apa yang sedang berlangsung. Sejak Juli 2016 hingga sekarang, GoToMalls telah menyediakan berbagai informasi Mall favorit kamu hampir di seluruh kota di Indonesia. Segera kunjungi GoToMalls.com untuk dapatkan informasi promo belanja terkini hanya dalam genggaman tanganmu! GoToMalls, Aplikasi nge-Mall dengan info Promo terlengkap di Indonesia tanpa harus di download!

Malls


Brands