Hobi yang Mencerdaskan Otak

Dewasa ini, setiap orang punya hobi masing-masing untuk mengisi waktu santai atau menghilangkan rasa jenuh. Lebih jauh, ada beberapa aktivitas hobi tertentu yang ternyata bisa menstimulasi otak menjadi lebih berkembang.

Perkembangan tersebut tidak cuma terkait dengan pekerjaan, melainkan juga meningkatkan keseimbangan mental dan pola hidup kita. Apapun itu, hobi yang kamu lakukan bisa berdampak besar dalam rutinitas sehari-hari.

Nah, berikut ini ada beberapa hobi sederhana yang ternyata mampu mencerdaskan otak. Mari kita simak ulasannya!

1. Membaca Buku

article image

Image source: The Growth Faculty

Bukan rahasia lagi jika membaca buku bisa mempengaruhi level kecerdasan seseorang. Semakin banyak buku yang kita baca, semakin bertambah pula tingkat pengetahuan dalam bidang tertentu. Selain itu, membaca buku juga terbukti mampu menjaga daya ingat jangka panjang.

Jika kamu belum terbiasa membaca buku, mulailah dengan membaca buku-buku dengan topik ringan yang kamu suka. Tidak mesti buku-buku sains, buku fiksi pun sama baiknya untuk menstimulasi otak.

2. Menulis

article image

Image source: learnenglishfunway.com

Pada dasarnya, tidak semua orang punya kemampuan menulis yang baik. Namun, dampak yang sama bisa dirasakan semua orang jika membiasakan diri menulis setiap hari. Menulis bisa membantu kita mengingat hal-hal penting, melatih kecerdasan emosional, rasa percaya diri, daya kreativitas, konsentrasi, kemampuan penalaran, hingga memperkaya kosakata.

Tidak perlu menulis panjang-panjang, kamu bisa mulai dengan menulis 200 sampai 300 kata setiap hari. Tuliskan hal-hal yang menjadi keresahan pribadi atau kejadian-kejadian yang kamu alami sepanjang hari.

3. Bermain Instrumen Musik

article image

Image source: musichouseschool.com

Bermain musik termasuk hobi yang mengasyikkan sekaligus bermanfaat, karena musik bisa memperbaiki suasana hari sekaligus menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri kita. Musik juga dapat menstimulasi kemampuan analisis dan daya kreativitas seseorang. Kamu bisa pilih instrumen apapun yang ingin kamu kuasai, entah itu gitar, biola, cello, harmonika, atau mungkin alat musik tabuh seperti drum set dan perkusi.

4. Bermain Game Strategi

article image

Image source: bbc.com

Hobi yang satu ini mungkin sudah cukup lazim dilakukan oleh segala kalangan. Cukup dengan mengandalkan gadget di tanganmu, kamu bisa bermain game yang lebih bermanfaat seperti permainan-permainan strategi semacam catur, game survival, dan sebagainya. Selain ampuh untuk mengatasi stres, permainan semacam ini juga bisa menjadi sarana olahraga otak.

5. Belajar Bahasa

article image

Image source: The Jakarta Post

Mempelajari hal-hal baru seringkali tidak mudah, termasuk belajar bahasa baru. Namun, bagi sebagian orang yang sudah terbiasa belajar bahasa mungkin akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Pasalnya, kemampuan menguasai lebih dari satu bahasa bisa membuat kita menjadi lebih cerdas. Selain berguna untuk menjalin komunikasi, belajar bahasa juga berdampak pada kemampuan problem solving dan pengambilan keputusan.

6. Merajut

article image

Image source: sajiansedap.grid.id

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh komunitas kreatif online DIYs.com mengungkapkan dampak yang terjadi pada IQ seseorang dari hobi-hobi yang mereka lakukan. Dalam daftar tersebut, dilaporkan bahwa aktivitas merajut ternyata mampu meningkatkan IQ hingga 9,68 persen, dari skor awal 93 menjadi 102. Menarik bukan? Hobi kreatif dan menenangkan ini tidak cuma tergolong aktivitas yang produktif, melainkan juga bermanfaat untuk kecerdasan.


Bagaimana? Tertarik untuk mencoba salah satu hobi di atas? Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: gatheringdreams.com