5 Pilihan Ide Bisnis Dengan Modal 30 Juta

Menjadi pelaku wirausaha merupakan impian banyak kaum muda saat ini, sehingga banyak di antaranya yang memutuskan untuk berhenti bekerja dan mulai membuka usaha sendiri. Kendala dan tekanan tentu akan selalu ada, namun usaha ini memungkinkan kamu untuk bisa mengatur waktu, menentukan jenis usaha bahkan bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Tetapi bagaimana jika modal yang kamu miliki hanya sekitar Rp 30 juta saja? Tenang, tidak ada yang tidak mungkin. Berikut adalah 5 ide bisnis atau usaha yang sangat mungkin kamu jalankan hanya dengan modal 30 juta saja.

Usaha Binatu (Laundry)

article image

Image source : rocketmanajemen.com

Saat ini usaha laundry kiloan menjadi salah satu jenis usaha yang banyak diminati. Usaha ini relatif aman dan bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar. Konsumen dari usaha laundry juga relatif besar Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah pemilihan lokasi yang strategis, penentuan harga per kilo cucian yang harus disesuaikan dengan harga pasaran, perawatan mesin yang terjamin, dan karyawan yang terpercaya. Di awal yang kamu perlukan adalah beberapa mesin cuci, pengering serta alat setrika saja. Jika telah mendapat keuntungan, peralatan bisa ditambah atau dilengkapi misalnya dengan membeli alat dan mesin dry cleaning.

Waralaba Makanan Ringan

article image

Image source : infoidebisnis.com

Bisnis lain yang menjanjikan dengan modal yang relatif ringan adalah bisnis waralaba makanan ringan atau snack. Snack relatif memiliki risiko yang lebih kecil mengingat makanan ringan lebih tahan lama, banyak penikmatnya, dan hampir semua orang menyukai jenis makanan ini. Belum lagi jika kamu membuka gerai makanan ringan khas daerah kamu di lokasi yang strategis, hampir dapat dipastikan banyak pengunjung dari daerah lain yang membeli untuk oleh-oleh. Yang perlu kamu perhatikan adalah jenis makanan ringan apa yang ingin kamu jual misalnya apakah akan menjual snack kiloan, gula-gula, makanan khas, dsb. Kemudian kemasan atau packaging yang bukan hanya rapi tetapi juga cantik, serta harga yang terjangkau.

Salon

article image

Image source : absolutbusinessbrokers.com.au

Kamu memiliki kemampuan di bidang hair & beauty salon hasil kursus atau sekolah? Mengapa tidak membuka usaha sendiri saja? Cantik dan terawat saat ini telah menjadi kebutuhan khususnya bagi kaum wanita, sehingga bisa dikatakan konsumen salon akan selalu ada. Bisnis ini dapat memanfaatkan rumah kamu sendiri sebagai tempat usaha, dan pada tahap awal kamu bisa mengelolanya sendiri tanpa bantuan karyawan. Cukup lengkapi segala peralatan dan bahan yang diperlukan. Hanya tentu saja pelayanan yang baik serta kemampuan yang terus berkembang mutlak diperlukan agar tidak ditinggalkan pelanggan. Perdalam keahlian di bidang ini, matangkan konsep salon yang akan kamu jalankan, tentukan target market, promosi, mengikuti tren lokal dan dunia serta merekrut karyawan yang kamu yakin akan kemampuannya.

Fashion

article image

Image source : crizaze.com

Bagi peminat dunia fashion, jangan kira bahwa bisnis ini selalu memerlukan modal selangit, apalagi kamu bisa memanfaatkan media sosial atau online store. Kamu bisa menjadi perancang, produsen atau menekuni bidang penjualannya saja. Meski skala awal tidak terlalu besar, namun jika karya kamu ternyata diminati masyarakat, maka bisa jadi tidak membutuhkan waktu lama maka usaha kamu akan cepat berkembang. Beberapa contoh produk fashion yang bisa kamu tekuni misalnya pakaian muslim, kaos distro, baju anak, baju pesta, gaun pernikahan, gaun tradisional, songket, atau kebaya. Selain itu bisa juga kamu pilih pasar yang lebih unik seperti misalnya bisnis kostum atau keperluan cosplay. Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan selalu memperhatikan perkembangan fashion dan tren dunia ya!

Fotografi

article image

Image source : balbrigganphotographystudio1.com

Inilah satu satu hobi kekinian yang banyak diminati. Daripada hanya menempatkannya sebagai hobi, tidak ada salahnya kamu menekuni bisnis fotografi, Bukankah yang paling menyenangkan adalah melakukan pekerjaan yang menjadi hobi kita? Kamu bisa menjadi fotografer freelance, membuka gerai foto untuk pesta atau membuka mini studio dan kamu sewakan. Bisnis jual beli perlengkapan fotografi juga bisa loh! Untuk itu perluas pergaulan kamu untuk mendapatkan konsumen dan jangan ragu untuk mengikuti pameran wedding atau pameran foto, bergabung dengan berbagai komunitas fotografi atau membuka kerja sama dengan vendor event/wedding organizer. Serta tentu saja manfaatkan sosial media dengan sebaik-baiknya untuk keperluan ini.


Sebenarnya selain yang telah disebutkan sebelumnya masih banyak bisnis yang bisa kamu jalankan dengan modal 30 juta atau bahkan kurang misalnya saja penjualan pulsa/token listrik, membuka les privat, jasa cuci mobil/motor/karpet atau Internet Marketer (IMers) dan masih banyak lagi. Yang sebaiknya kamu perhatikan secara umum adalah persiapan modal usaha, ketersediaan sumber daya, tempat usaha, jenis produk dan pemasarannya.

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo dari berbagai brand dan mall serta kupon-kupon diskon dan juga artikel-artikel yang menarik untuk dibaca!
Ada info event juga.

Malls