Ide Kreatif Menghias Rumah

Baru pindah rumah atau ingin menata ulang rumah agar terlihat lebih segar dan modern? Tenang kami punya beberapa tips ide kreatif mendekorasi rumah agar terlihat makin fresh dan modern.

1. Atur Warna Pintu Depan

article image

Image source: housebeautiful.com

Jika kamu ingin memiliki kesan pertama yang luar bisa, maka atur sejak pintu depan. Kamu bisa memberikan warna pintu yang menyenangkan, tidak melulu warna coklat kayu. Kamu bisa memilih warna-warna yang mengkilap.

Misalnya merah, identik dengan simbol keberuntungan, kuning untuk kehangatan dan kegembiraan, atau biru yang berarti sejuk, dingin, dan tenang.

2. Pilih Cat Dinding dengan Warna Netral

article image

Image source: behr.com

Warna netral tidak pernah salah. Jadi kamu bisa tetap berpegang pada warna natural seperti krem, abu-abu, dan putih. Terutama untuk lantai pertama pemilihan warna dinding sangat mempengaruhi cara pandang.

Dinding dengan warna netral memberikan kesan lebih fleksibel dan modern. Jika kamu memiliki dua kamar berukuran kecil yang bersebelahan, pastikan untuk mengecat dinding dengan warna netral akan membantunya terlihat lebih lapang.

3. Ruang Tamu: Atur Letak Sofa

article image

Image source: nosoproject.com

Ketika menata furnitur di ruang tamu usahakan untuk membuat semuanya terasa seimbang. Terutama untuk tatanan kursi. Atur agar letak antar sofa satu dan lainnya saling berkesinambungan, ada ruang untuk berhadapan agar terjalin keintiman di ruang tamu.

Area keluarga bisa dibentuk sofa dengan leter U, sofa berhadapan dengan meja dan dua kursi tepat di kanan kiri meja. Bisa juga berbentuk H sofa berhadapan dengan meja di depannya ada dua kursi menghadap sofa.

Satu kesalahan umum yang perlu dihindari adalah mendorong semua perabotan ke dinding. Itu tidak akan membuat ruangan terasa lebih besar.

4. Beri Ruang untuk Cahaya Masuk ke Dapur

article image

Image source: interiordesign.lovetoknow.com

Jendela terbuka dengan penutup kaca lebih baik untuk ventilasi dapur. Idealnya penutup jendela harus fungsional terutama untuk memberikan pencahayaan yang baik di area dapur.

Ruang yang mendapatkan banyak sinar matahari akan terasa lebih sehat dan aroma tidak sedap yang dihasilkan dari masakan pun mudah menghilang. Pun kamu tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari ingin mengolah makanan.

5. Gantungkan Cermin Setiap Kamar Minimal Satu

article image

Image source: terrycralle.com

Cermin dapat memberikan kesan ruangan lebih terang karena sifatnya yang memantulkan cahaya. Kamu bisa menempatkan setidaknya satu cermin di setiap ruang.

Letakkan cermin di dinding yang tegak lurus dengan jendela bukan di seberangnya. Menggantung cermin tepat di seberang jendela bisa memantulkan cahaya kembali ke luar jendela.

6. Beri Sentuhan Karya Seni

article image

Image source: roomdesigncatalog.blogspot.com

Karya seni seperti lukisan dapat membuat ruangan rumah semakin berwarna dan berkarakter. Jadi ide kreatif menghias rumah ini tidak akan membuat ruang jadi monoton dan membosankan.

Umumnya lukisan ditempel pada dinding atau bisa juga digantung. Namun sekarang kamu juga bisa mencoba cara baru yakni dengan menyandarkan lukisan. Dengan begitu jika sudah bosan kamu mudah mengatur ulang letak lukisannya.

Untuk lukisan, yang perlu kamu perhitungkan berikutnya juga masalah skala. Dinding besar, gunakan satu lukisan besar atau bisa juga ukuran kecil namun banyak. Tatak seperti galeri. Jangan lupa untuk memberi jarak antar lukisan 2 hingga 4 inci agar terlihat rapi dan tertata.

7. Beri Tanaman Hidup Dalam rumah

article image

Image source: mymove.com

Selaian karya seni, tanaman juga bisa membuat ruangan lebih modern dan menarik. Kamu bisa memilih tanaman dengan kebutuhan air yang tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu suka cahaya. Misalnya kaktus, lidah mertua, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menata tanaman tersebut pada sudut ruangan. Bisa juga menatanya menempel pada partisi yang sudah kamu siapkan.

Untuk kesan yang lebih manis, kamu bisa memilih tanaman dengan warna-warna yang berbeda. Hijau, merah, kuning, dan lainnya. Dengan begitu ruangan akan terlihat lebih manis dan segar.

Itulah 7 tips dekorasi kreatif rumah agar terlihat lebih fresh dan modern. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris lainnya sesuai dengan gaya dekorasi yang kamu inginkan.

Malls

Articles

Featured Image Source: www.habiterlyon.com