Hunian Tropis Modern untuk Rumah Impian

Hal yang paling mendasar dalam membangun [rumah impian kamu pasti terdiri dari kenyamanan, privasi, serta pemandangan yang menarik bagi penghuni maupun orang yang berkunjung. Desain rumah dengan konsep tropis modern selalu memperhatikan unsur kenyamanan penghuni rumah. Kenyamanan ini berupa sirkulasi udara, cahaya dan visual serta penggunaan material. Konsep tropis modern ini merupakan gabungan desain rumah modern dengan desain rumah tropis.

Dari penggabungan ini akan menghasilkan rumah impian yang sangat nyaman dan menarik. konsep arsitektur tropis cocok untuk iklim Indonesia, sedangkan konsep arsitektur modern merupakan tuntutan perkembangan zaman yang mengutamakan efisiensi dan efektivitas. Penggabungan kedua konsep ini dapat diaplikasikan untuk semua tipe rumah, baik yang bertipe kecil, sedang maupun besar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan konsep tropis modern menjadi rumah impian yang cukup kompleks sebelum ide itu kamu eksekusi. Hal-hal tersebut adalah sirkulasi udara, cahaya, nilai visual serta material dan kombinasi bentuk bangunan. Berikut ulasannya.

Sebelum lanjut, ada baiknya kamu cek rekomendasi kupon menarik yang bakal bikin kamu makin irit!

Dan jangan lupa, di Gotomalls kamu juga bisa isi pulsa kapan dan dimana saja. Klik link di bawah ini untuk isi pulsa instant!

Konsep Sirkulasi Udara, Cahaya dan Nilai Visual

article image

Source image : casaindonesia

Dengan kondisi iklim tropis bangunan dirancang dengan menyesuaikan diri dengan lingkungan serta memanfaatkan potensi lahan untuk mendapatkan sumber pencahayaan dan penghawaan alami yang optimal. Konsep ini lebih mengutamakan pemanfaatan energi alam sehingga mengurangi penggunaan energi listrik. Penggunaan pintu, jendela dan lubang angin pada rumah sudah dirancang semaksimal mungkin.

Konsep tropis modern ini mengandalkan banyak bukaan, bukaan yang besar dirancang untuk memasukkan cahaya dan udara ke dalam setiap ruangan. Selain itu juga dirancang dengan memasukkan view berupa pemandangan alam sekitar maupun lansekap sehingga menciptakan adanya interaksi yang harmonis antara ruang dalam dengan ruang luar.
Rancangan yang digunakan untuk pemanfaatan sinar matahari yaitu dibuat skylight, glass block, kaca patri atau membuat area void. Jika lahan menghadap ke arah barat maka posisi bangunan dibuat sedikit miring supaya cahaya matahari pagi tetap bisa masuk ke dalam ruangan. Kemudian dibuat ruangan-ruangan terbuka di dalam rumah baik berupa taman di tengah ruangan atau di belakang rumah.

Untuk bangunan bertingkat supaya pencahayaan bagus dari lantai atas sampai lantai bawah dan suhu tetap sejuk sepanjang hari, bangunan dirancang dengan membuat void supaya cahaya matahari bisa diteruskan dari lantai 2 ke lantai dasar. Lalu dikombinasi dengan deretan jendela dari glass block atau kaca patri warna warni ditambah skylight. Konsep ini akan memberikan efek dekoratif yang menarik.

Hunian Pintar dengan Material Batu

article image

Source image : casaindonesia

Konsep tropis modern menggunakan perpaduan material alami yaitu batu alam, kayu, bambu, rotan atau pasir. Untuk material modernnya menggunakan kaca dan aluminium. Perpaduan dua material yang berbeda ini akan memberikan suasana yang sangat bersahabat untuk daerah tropis dan memberikan kesan yang modern. Penggunaan batu alam dapat memberikan efek sejuk dan dekat dengan alam.

Cara pemasangan batu alam bisa dibuat dengan susunan segaris atau kotak-kotak untuk mendukung gaya modern bangunan. Untuk mendapatkan nilai estetika lebih batu dapat disusun maju mundur sehingga jika terkena sorotan sinar matahari atau lampu akan menghasilkan bayangan yang indah. Untuk menciptakan suasana hangat batu alam bisa dipadukan dengan kayu, supaya kayu lebih tahan lama diberi coating. Jenis kayu yang sangat bagus untuk bangunan adalah jenis kayu jati, borneo, bengkirai dan merbau.

Warna dari material kayu dapat digunakan sebagai aksen warna dinding rumah impian kamu ini. Selain untuk dinding, material kayu juga bisa digunakan untuk tangga dan kusen. Supaya lebih awet lagi untuk kusen Anda bisa menggunakan aluminium, bahan aluminium ini anti karat, dan rayap, serta memberikan kesan minimalis pada rumah.

Cek juga beberapa brand rekomendasi kami yang bisa jadi tempat ntuk kamu beli perlengkapan rumah kamu nantinya.

Brands

Rumah Impian Tropis Modern dan Tradisional

article image

Source image : danislexaw

Konsep tropis modern tetap banyak diminati masyarakat sampai saat ini karena konsep ini mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Konsep ini secara cerdas memadukan arsitektur tradisional yang beradaptasi dengan iklim tropis kemudian dikembangkan dengan kebutuhan masyarakat modern. Ciri fisik rumah dengan konsep tropis modern ini yaitu dengan menggunakan bidang geometris dan ditutup dengan atap pelana yang curam.

Tampilan konsep ini lebih mengacu pada gaya modern minimalis yang sedang ngetren saat
ini. kombinasi konsep modern dengan tropis memberikan tampilan hunian yang tidak terkesan kaku dan dingin. Bagian bentuk, ukuran, tekstur maupun warna pada bangunan dapat menambah kenyamanan visual penghuni. Elemen geometris seperti bentuk bujur sangkar dan persegi panjang yang disusun secara vertikal maupun horizontal banyak digunakan pada rumah tropis modern ini. yang paling menarik lagi dari konsep tropis modern ini yaitu bangunan dirancang hemat energi listrik.

Rumah impianmu harus dibuat dengan rancangan sederhana sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Tata ruang mengalir, material yang digunakan ramah lingkungan serta sangat mudah dalam perawatan dan pemeliharaan kebersihannya. Konsep tropis modern ini memang mampu menghasilkan sebuah hunian yang sangat nyaman dan sesuai dengan kondisi alam sekitarnya. So, ingin mencoba ide rumah impian yang satu ini?

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Disini kamu bisa temukan ratusan info promo dari berbagai brand dan mall serta kupon-kupon diskon dan juga artikel-artikel yang menarik untuk dibaca.

Malls

Brands

Articles