Tradisi Sambut Idul Adha Terunik dari Negara-Negara Lain

Menyambut hari Raya Idul Adha, kebanyakan masyarakat Indonesia mulai sibuk mempersiapkan hewan kurban seperti sapi dan kambing untuk disembelih di Hari raya dan kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Tradisi semacam ini merupakan hal lumrah yang terjadi di berbagai kota di Indonesia, bahkan mulai dari Sabang hingga Merauke kegiatan ini menjadi wajib untuk dilakukan. Namun bagaimana tradisi sambut Idul Adha di negara lainnya selain Indonesia? Apakah sama? Berikut ini beberapa tradisi unik yang bisa kamu temukan di negara lainnya saat menyambut Hari Raya Kurban.

Berkurban Unta di Arab Saudi

article image

Image source: idntimes.com

Dapat dikatakan jika perayaan Hari Raya Idul Adha Kurban yang berlangsung di Arab Saudi menjadi perayaan hari raya terbesar. Hal ini dikarenakan pemerintah kerajaan akan membagikan hewan-hewan kurban ke berbagai negara lainnya seperti di kawasan Asia Tengah, Asia Selatan, hingga Afrika. Uniknya adalah jika di Indonesia lebih sering menjadikan kambing dan sapi sebagai hewan kurban. Berbeda dengan di Arab Saudi yang menjadikan unta sebagai hewan kurban. Tentunya kamu mungkin tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya daging unta, bukan?

Libur 4 Hari di Pakistan

article image

Image source: kabar6.com

Bagi masyarakat Pakistan, perayaan Idul Adha tentunya harus dimaknai dengan khidmat. Tak salah jika suasananya akan lebih terkesan saat kamu berada di Pakistan. Mendekati Hari Raya Kurban, pemerintah memberikan 4 hari libur kepada semua masyarakat, sehingga masyarakat diperbolehkan untuk tinggal di rumah dan mempersiapkan puncak perayaan. Tentunya tradisi ini sangat berbeda dibandingkan dengan di Indonesia, di mana masyarakat Indonesia kebanyakan akan lebih condong saat perayaan Idul Fitri. Namun di sini sebaliknya, bahkan hampir seluruh negara di Timur Tengah memang menerapkan perayaan yang sederhana saat Idul Fitri. Namun saat memasuki Idul Adha, akan dipersiapkan khusus hingga jauh-jauh hari.
Hari libur yang diberikan pemerintah ini dimanfaatkan masyarakat untuk menjalankan ibadah puasa di Arafa. Pada hari-hari tersebut, kota akan jauh lebih tenang dan banyak pertokoan yang sengaja ditutup. Jadi masyarakat akan membeli keperluan Idul Adha jauh-jauh hari. Tak hanya itu saja Pakistan juga memiliki tradisi unik untuk menyambut Hari Raya Kurban, yaitu dengan memandikan hewan-hewan kurban sebelum disembelih dan kemudian diberikan hiasan bunga. Cukup unik bukan?

Merayakan 4 Hari Penuh di China

article image

Image source: jurnas.com

Meskipun bukan negara dengan penduduk muslim yang mayoritsas, namun China juga memiliki tradisi unik untuk menyambut hari Raya Idul Adha meskipun tak semeriah dari negara lainnya. Jika di Indonesia kamu akan menemukan kemeriahan dan ramainya ketika malam takbir dan hari H, maka kemeriahan yang berlangsung di China bisa berlangsung hingga 4 hari lamanya. Kebanyakan dari umat muslim yang ada di China melakukan tadarus Al Quran, melantunkan puji-pujian, serta berkumpul dengan umat muslim lainnya. Selama 4 hari ini pula, umat muslim yang ada di China saling bertukar bingkisan dan memasak makanan buka puasa Arafah yang kemudian dimakan bersama-sama. Terasa suasana yang begitu hangat dan menyenangkan tentunya.

Sudah punya baju koko untuk sambut Idul Adha? Cek rekomendasinya.

Koko Hamish White OT Baju Koko Pria Katun Twill Lengan Panjang Putih

article image

Beli Sekarang

Tradisi Mudik di Bangladesh

article image

Image source: boombastis.com

Jika di Indonesia, tradisi mudik mungkin akan lebih identik dilakukan saat hari Raya Idul Fitri. Namun berbeda halnya dengan di Bangladesh. Negara ini memiliki tradisi mudik yang justru dilakukan saat perayaan Idul Adha, dan biasanya ini berlangsung hingga 3 hari lamanya. Waktu libur yang diberikan ini digunakan masyarakat Bangladesh untuk pulang di kampung halaman dan memakan daging kurban bersama. Jadi tidak heran jika seluruh terminal, stasiun, maupun tempat naik turunnya transportasi akan dipenuhi dengan masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman. Bahkan kebanyakan dari mereka rela berdesakan dan naik hingga ke atas gerbong kereta api.

Menyembelih Hewan Kurban Di Jalanan di Mesir

article image

Image source: simomot.com

Bagi masyarakat Mesir yang kurang begitu suka dengan aroma hewan kurban ataupun takut melihat darah, mungkin akan menghindari keluar rumah ketika Idul Adha tiba. Hal ini dikarenakan tradisi masyarakat Mesir yang melakukan penyembelihan kurban di jalan-jalan. Jadi tak heran jika jalanan Kota Mesir akan dipenuhi warna kemerahan dari hewan kurban yang disembelih.

Fokus dan Lebih Khidmat Beribadah di Maroko

article image

Image source: finansialku.com

Tradisi perayaan Idul Adha yang berlangsung di Negara Maroko mungkin akan sedikit lebih tenang dan khidmat. Sebagian besar umat muslim memadati masjid dan memperbanyak ibadah serta mengaji. Di hari tersebut pula, kebanyakan dari mereka akan menjalankan puasa Arafah dan berharap mendapat Ridho dari Allah SWT. Ibadah menjadi fokus utama selama libur Hari Raya Idul Adha di Maroko. Jika kamu sedang berlibur di Negara ini saat hari Raya Kurban, mungkin kamu tak akan menemukan hilir mudik masyarakat sekitar baik di pasar ataupun pusat perbelanjaan. Semuanya benar-benar lengang dan sepi karena kebanyakan dari mereka menjalani ibadah di masjid.

Baca juga artikel lainnya tentang tradisi di bawah ini.

Artikel


Itulah tradisi Idul Adha yang juga berlangsung di enam negara lainnya yang ada di dunia. Apa pun tradisi yang berlangsung selama perayaan Idul Adha di berbagai negara memiliki makna dan keistimewaan masing-masing. Semuany menyambut dengan meriah dan suasana yang penuh kehangatan. Menurut kamu, manakah tradisi Idul Adha yang paling menarik? Kunjungi GoToMalls dan cari tahu rekomendasi agen perjalanan yang bisa membantu menyusun perjalanan kamu.

Produk

Mall

featured image source: allthefix.com