Perjalanan Karier Marion Jola: Dari Indonesian Idol Sampai Sukses Rilis Album Perdana

Melalui album perdana bertajuk “Marion”, penyanyi cantik berusia 20 tahun jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol ini menghidupkan kembali nuansa musik pop RnB era 90’an. Walaupun tidak semuanya diberikan sentuhan serupa, secara garis besar album perdana Marion Jola sangat merepresentasikan citranya sebagai anak muda happy dan seksi! Bagaimana Marion hadir di industri musik Tanah Air? Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini:

Dikenal Melalui Indonesian Idol 2017

article image

Image source: Tribunnews.com

Sejak masih duduk di bangku SMA, Marion Jola sudah akrab dengan dunia tarik suara. Ia juga memiliki minat serupa di dunia modelling dan dance. Kemudian, dalam audisi Indonesian Idol musim ke-9 yang dimulai pada 18 Desember 2017 Marion menunjukkan talenta vokalnya yang membuat para juri terpukau. Judika, Bunga Citra Lestari, Maia Estianty dan Armand Maulana memberikan respons positif terhadap performanya di ruang audisi.

Saat itu penyanyi asal Kupang ini membawakan lagu “Thats What I Like” karya Bruno Mars, lalu Maia memintanya membawakan lagu pop Indonesia dan Marion memilih lagu milik HIVI “Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta Lagi.” Selepas lolos dari babak audisi, Marion melaju hingga babak 10 besar. Tapi sayang, dalam babak Top 6 Marion harus tersingkir.

Single Duet Bersama Rayi “RAN”

article image

Image source: hot.detik.com

Tersingkir dari ajang besar bukan berarti akhir perjalanan karier. Tak butuh waktu lama setelah ia tereliminasi, salah satu member dari grup vokal RAN, yaitu Rayi, melirik talenta besar Marion lalu keduanya terlibat dalam proyek single kolaborasi bertajuk ‘Jangan’. Setelah dirilis, lagu ini dibanjiri respons positif dari para penikmat musik. Terlihat jelas bahwa kualitas vokal Marion memang patut diapresiasi.

Sampai artikel ini ditulis, video klip ‘Jangan’ di YouTube telah ditonton sebanyak 51 juta kali! Setelah itu, Marion merilis single kedua berjudul ‘So in Love’. Lagu ini terdengar lebih orisinal dan respons yang diterima pun tak kalah besar dari sebelumnya, terutama dari fans Marion.

Meraih Penghargaan di AMI Awards 2018

article image

Image source: celebrity.okezone.com

Sebelumnya Marion sempat tersandung kontroversi video asusila yang diduga melibatkan dirinya, kendati tidak ada bukti kuat yang menunjukkan kebenarannya, hal ini disebut-sebut sebagai penyebab Marion Jola tersingkir dari Indonesian Idol. Tapi kualitas musiknya berhasil ‘memukul mundur’ isu tersebut, terbukti setelah ia berhasil meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2018.
Pengumuman pemenang dibacakan Teddy Adhitya dan Siti Badriah, ketika ia mendengar namanya disebut, Marion sontak terkejut dan langsung naik ke atas panggung.

Marion tampak seperti tak menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut. Melalui single duetnya bersama Rayi, Marion Jola memenangkan nominasi Pendatang Baru Terbaik, mengalahkan Bam Mastro (Idols), Monica Karina (Money Honey (Count Me In)), Ramengvrl (Go! (I Can Be Your)), dll.

Meraih Penghargaan MAMA 2018

article image

Image source: tabloidbintang.com

Tidak cuma penghargaan dari dalam negeri, Marion Jola juga kembali mendapatkan penghargaan dalam kategori serupa di ajang Mnet Asia Music Awards (MAMA) 2018 yang dihelat di Dongdaemun Design Plaza Art Hall, Seoul, Korea Selatan pada 10 Desember 2018. Marion Jola dinobatkan sebagai Best New Asian Artist dengan single yang sama yang mengantarkannya memenangkan penghargaan AMI 2018, yaitu ‘Jangan’.

Di depan musisi-musisi Asia lainnya, Marion mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah terlibat dalam proses pembuatan lagu ‘Jangan’. Marion juga mengatakan bahwa ia sudah menjadi penggemar MAMA sejak 2003, dan akhirnya ia berkesempatan untuk memegang pialanya langsung.

Album Perdana Bertajuk ‘Marion’

article image

Image source: Tribunnews.com

Indonesian Idol musim ke-9 dimenangkan oleh Maria Simorangkir (juara pertama) dan Ahmad Abdul (runner up). Tetapi, karier profesional Marion Jola justru lebih berkembang pesat dibanding yang lainnya. Hingga saat ini, baik Maria ataupun Ahmad Abdul baru memiliki satu single, sementara Marion sudah merilis album perdana bertajuk ‘Marion’.

Album itu memuat sejumlah lagu kolaborasi seperti ‘Jangan’ ft Rayi, ‘Favorite Sin’ ft Tuan Tigabelas, ‘Rayu’ ft Laleilmanino, ‘Tak Ingin Pisah Lagi’ ft Rizky Febrian, dan lagu-lagu solo seperti ‘So in Love’, ‘Pergi Menjauh’, ‘Damba’, ‘Merah Jambu’, ‘Menangis Tanpa Air Mata’, ‘Dia/Aku’, serta ‘It’s Not Over Yet’.


Indonesian Idol menjadi batu loncatan yang sempurna bagi Marion Jola, bagaimana ia memanfaatkan semua potensi dan kesempatan pada saat itu berhasil mengamankan posisinya di industri musik Tanah Air. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik seputar gaya hidup dan hiburan lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Artikel

Brand

Mall

featured image source: umusic.digital