Ruang Keluarga Minimalis

Ruang keluarga yang kecil bukanlah masalah. Kamu bisa mengisinya bak ruang minimalist yang penuh kenyamanan dan intim. Seperti beberapa inspirasi ruang keluarga minimalis di bawah ini.

1. Buat Warna Monokrom

article image

Image source: viglacara.com

Mendesain ruang kecil minimalist bisa dibilang susah-susah gampang. Jika benar akan terlihat sangat lebar dengan ruang pandang yang nyaman dan hangat. Namun jika asal tata, bisa jadi makin terlihat sempit dan kurang asyik.

Salah satu kuncinya adalah dengan membuat tampilan ruang keluarga terlihat chic dengan furniture. Kamu bisa memilih warna-warna monokrom untuk menghiasi ruang keluarga.

Warna putih dan abu sangat cocok untuk menampilkan kesan ruangan yang nyaman dan lega. Agar tidak terasa dingin dan kaku kamu bisa menambahkan sentuhan tanaman hias hijau atau beberapa karya seni yang ditempel di dinding.

2. Beri Tekstur dengan Skema Warna Netral

article image

Image source: tokowallpaperpurwokerto.com

Jika ruangan itu berbentuk persegi kamu bisa mempertimbangkan untuk menambah permainan tekstur pada dinding. Pilih warna-warna netral. Tata kursi panjang telan di depan dinding yang nyaman untuk duduk dua orang. Lalu tambah meja di depannya.

Beri karpet atau permadani agar terlihat semakin nyaman dan tambah beberapa bantal di bawah untuk sekedar bersandar. Kamu bisa juga menambahkan meja sudut untuk sekedar menaruh hiasan, seperti tanaman atau untuk meletakkan kopi.

3. Buat Desain yang Elegan dengan Aksesoris yang Mewah

article image

Image source: keyforrest.com

Kata elegan memang tidak selalu dihubungkan dengan barang-barang mahal, namun pilihan barang simpel dan menarik juga bisa terlihat mewah. Seperti mengatur perabotan dan aksen dekoratif berwarna elegan. Gold, cokelat, putih mengkilap, kristal, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menambahkan meja kopi marmer yang memiliki warna mengkilap. Untuk bagian sofa, tambahkan dengan aksen selimut berbahan bludru menawan. Karpetnya pun bisa memilih warna mewah terinspirasi dari Skandinavia yang ketika digesek ke kaki terasa nyaman.

Jangan lupa gantungkan cermin starburst untuk menambah kilau pada ruang keluarga minimalist ini.

4. Santai dengan Sofa Sectional

article image

Image source: pinterest.com

Sofa sectional berbentuk leter L minimalis adalah furniture yang bagus untuk memaksimalkan tempat duduk di ruang yang kecil. Meja kecil-kecil juga bisa kamu perhitungkan. Dua sampai 3 meja kecil rasanya cukup menampung beberapa camilan dan kopi saat berkumpul dengan keluarga.

Bagian bawah jangan lupa untuk menambahkan karpet berwarna senada. Pun untuk beberapa pot tanaman hiasnya.

5. Dinding Putih dan Furniture Gelap

article image

Image source: homesuka.com

Perabotan berwarna gelap ternyata bisa menambah kedalam ruang tamu kecil yang dipenuhi dengan dinding berwarna putih. Cahaya alami yang dipantulkan oleh furniture gelap akan membentuk volume yang menambah kedalaman ruang.

Punya langit-langit tinggi? Pohon ara berdaun rindang bisa kamu letakkan di sudut ruang. Warna hijaunya akan sangat kontras dengan furniture dan cat dinding ruang keluarga.

Untuk bagian karpet, kamu bisa memilih warna oranye yang menghangatkan ruang sekaligus menyatukan skema warna ruangan.

6. Ruang Mungil Extra Nyaman

article image

Image source: pinterest.com

Apabila ruangan keluarga yang kamu miliki memiliki ukuran persegi yang cukup minim, pilihlah furnitur lain dengan skala kecil yang nyaman. Seperti sofa dua seater, ditambah dua stool. Sedangkan untuk meja, kamu bisa sesuaikan ukuran. Jangan terlalu besar tapi jangan juga terlalu kecil.

Tentukan warna dasar dengan tema putih lalu lengkapi furniture lainnya dengan beragam warna cerah. Seperti bantal hijau, biru, dan pepohonan yang berwarna kontras.

7. Ganti Pernak Pernik dengan Tanaman Hijau

article image

Image source: 2dep.com

Seorang blogger bernama Candy Pop berinisiatif untuk mengganti semua pernak pernik di ruang keluarganya dengan tanaman hijau. Dan benar saja, ruang yang minimalist itu pun terlihat begitu lega dan penuh ruang.

Tanaman yang kamu taruh di ruang keluarga dapat meningkatkan kenyamanan. Tentu saja waktu di ruang keluarga pun jadi bisa lebih lama.

8. Dinding Hitam Menambah Kedalaman

article image

Image source: pinterst.com

Dinding hitam menambah kedalaman ruang keluarga yang kecil. Banyaknya sinar matahari yang masuk dari celah jendela dan furnitur berwarna putih tidak akan membuat ruang dengan dinding bercat hitam akan terasa suram.

Tidak, kamu tidak harus mengecat semua bagian dinding dengan warna hitam, yang kamu perlukan hanya sebelah sisi saja. Jangan lupa untuk menambah sofa berwarna lebih cerah dan karpet bernuansa monokrom.

Itu beberapa inspirasi ruang keluarga minimalis yang bisa kamu tiru. Jika suka yang penuh warna kamu bisa pertimbangkan base warna ruang adalah putih agar cahayanya tetap terasa cerah.

Malls

Articles

Feauted image source: nosoproject.com