Olahraga Pound Fit: Olahraga Seru Untuk Jaga Kebugaran Tubuh Milenial

Pernah dengar olahraga pound fit? Olahraga hype yang sempat trending beberapa waktu belakangan ini menawarkan cara unik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Hanya dengan mengandalkan sepasang stik dan iringan musik dinamis, kita bisa melakukan olahraga seru yang pastinya sangat cocok untuk kaum milenial!

Pound atau pound fit pertama kali dikenalkan oleh dua wanita bernama Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom. Olahraga pound fit berasal dari perpaduan gerakan-gerakan menabuh drum dengan pilates, yoga, dan kardio, yang kemudian menghasilkan kombinasi suara dan gerakan yang bersinergi secara teratur.

Pound Fit Juga Dirancang Untuk Semua Orang

Olahraga pound fit menghasilkan gerakan-gerakan energik yang efektif untuk memberikan sensasi euphoria. Kombinasi tabuhan Ripstix yang selaras dengan musik selama berlatih menciptakan pengalaman olahraga yang menyenangkan. Dan ini merupakan salah satu kelebihannya, olahraga pound fit dirancang untuk berbagai segmen usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Tidak masalah jika level kebugaran seseorang tidak seperti kebanyakan pegiat aerobik atau pilates pada umumnya, olahraga ini tetap cocok untuk siapa pun yang ingin menggerakkan tubuh secara total, aktif, dan menyenangkan.

Manfaat Olahraga Pound Fit

Lebih jauh, pound fit juga memiliki manfaat lengkap untuk menjaga kebugaran tubuh. Mulai dari memperkuat otot tengah, melatih tubuh secara menyeluruh, menurunkan berat badan, terapi fisik pasca cedera, hingga memperbaiki dan meningkatkan kinerja otak.

Berikut manfaat selengkapnya:

Menguatkan Otot Bagian Tengah

article image

Image source: poundfit.com

Olahraga pound fit bermanfaat untuk memperkuat otot bagian tengah, terutama otot abs atau perut. Olahraga ini memang dirancang untuk membuat tubuh bergerak aktif secara total, tapi karena banyaknya gerakan memutar dan membungkuk, otot bagian tengah dan sekitarnya menjadi lebih terkonsentrasi. Pound fit juga merupakan salah satu alternatif terbaik untuk merampingkan bentuk pinggang dan paha serta menguatkan jaringan ikat.

Melatih Seluruh Bagian Tubuh

article image

Image source: movemeentfoundation.org

Salah satu keistimewaan utama olahraga pound fit adalah kapabilitasnya untuk melatih tubuh secara keseluruhan. Karena pound fit juga termasuk kategori olahraga kardio, siapa pun yang ingin berolahraga secara total melalui satu aktivitas saja bisa mencoba pound fit.

Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

article image

Image source: maubelajarapa.com

Manfaat olahraga pound fit yang tak kalah menarik lainnya adalah membakar kalori dan menurunkan berat badan. Seperti yang telah dibahas di awal, gerakan pound fit berasal dari perpaduan antara yoga, pilates, dan gerakan menabuh drum sebagai unsur kardio.

Kombinasi ketiganya membuat seseorang mampu membakar kalori tubuh hingga 900 kalori per jam, karena gerakan-gerakan yang dilakukan akan membuat otot-otot yang jarang digunakan terkontraksi sehingga pembakaran kalori menjadi lebih maksimal.

Terapi Fisik Pasca Cedera

article image

Image source: healthyhkg.com

Dua penggagas pound fit Kirsten Potenza dan Cristina Pereenboom pernah menyatakan jika terapi fisik menantang adalah salah satu pilihan terbaik untuk menguatkan otot-otot dan persendian. Untuk pasien yang sedang menjalani terapi fisik pasca cedera, latihan ini bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses recovery. Dengan catatan, porsi latihan harus disesuaikan dengan kemampuan gerak dan mobilitas pasien.

Belum punya matras? Cek saja produk yang satu ini:

Kettler Matras

article image

Beli Sekarang

Memperbaiki dan Meningkatkan Kinerja Otak

article image

Image source: cakapcakap.com

Gerakan pound fit diadopsi dari gerakan permainan drum, dan kita juga bisa mendapat manfaat yang serupa dengan manfaat yang didapat dari bermain drum. Beberapa penelitian telah menunjukkan jika bermain drum bisa meningkatkan kinerja otak dan mengurangi stres.

Irama yang dihasilkan selama menabuh drum bermanfaat untuk memperbaiki fungsi otak dan kemampuan fokus, meningkatkan ketajaman berpikir, keterampilan, kemampuan koordinasi, musikalitas, sistem imun, bahkan menurunkan tekanan darah.

Products


Kalau kamu tertarik untuk mencoba pound fit, segera temukan kelas latihan terdekat di kotamu. Olahraga pound fit akan jauh lebih seru dan efektif jika dilakukan bersama-sama.

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: poundfit.com