6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Jagat Sinema Bumilangit

Indonesia patut berbangga, pasalnya waralaba pahlawan super bakal muncul layaknya Marvel Cinematic Universe (MCU). Adalah Jagat Sinema Bumilangit yang juga disebut Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Belum lama ini Jagat Sinema Bumilangit mengumumkan rentetan superhero phase satunya pada 18 Agustus 2019 lalu.

Tidak kalah dari Marvel, Jagat Sinema Bumilangit pun langsung mengumumkan ke 19 karakter pahlawan asli Indonesia. Rencananya karakter tersebut akan terbagi dalam beberapa jilid. Jilid satu diawali dengan rilisnya film Gundala pada 29 Agustus 2019 lalu. Dalam kurun waktu 6 tahun Jagat Sinema Bumilangit akan terus merilis film-film kesatrianya. Untuk kalian yang masih bertanya-tanya dan penasaran tentang Jagat Sinema Bumilangit, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang BCU dan film superheronya.

Apa Itu Jagat Sinema Bumilangit

article image

Image source: ultimagz.com

Jagat Sinema Bumilangit merupakan sebuah perusahaan hiburan berbasis karakter yang mencoba menghidupkan kembali budaya penceritaan komik. Bumilangit menjadi perpustakaan karakter yang mengelola lebih dari 500 karakter komik asli Indonesia yang telah diterbitkan selama 60 tahun terakhir. Bisa dibilang jika Jagat Sinema Bumilangit ini adalah gudangnya pahlawan asli Indonesia. Bahkan seluruh karakter superhero yang dibangun di BCU berawal dari komik generasi 60an. Era yang diambil pun dibagi menjadi 4, legenda, jawara patriot, dan terakhir ada era revolusi.

Tak main-main, semua disiapkan begitu matang terlihat dari pemilihan artis-artis ternama yang sudah jago dalam beradu akting. Selain pemain, orang-orang di balik layarnya pun namanya sudah melanglang buana hingga kancah internasional. Sebut saja Joko Anwar yang mana karyanya sudah kerap masuk nominasi dan menang di berbagai festival film.

Jagat Sinema Bumilangit sendiri lebih ingin memberikan kesegaran pada penonton dengan cerita-cerita yang saling berkaitan satu sama lain. Dengan begitu penonton dapat merasakan gairah pahlawan asli Indonesia.

Dilirik Media Internasional

article image

Image source: Youtube.com

Belum saja merilis semua film superheronya, Jagat Sinema Bumilangit ini sudah dilirik oleh industri hiburan internasional. Setelah mengumumkan ke-19 pahlawan BCU, The Hollywood Reporter ternyata langsung tertarik untuk mengoreknya.

The Hollywood Reporter mewawancarai langsung Joko Anwar sebagai sutradara dari film Gundala terkait proyek Jagat Sinema Bumilangit dalam gelaran Malaysian International Film Festival. Laporan yang berjudul "Indonesia's Screenplay Bumilangit Plans 'Gundala' Superhero Franchise" (Screenplay Bumilangit dari Indonesia Merencanakan Waralaba Gundala), pada akhir Juli lalu. The Hollywood Reporter bertanya detail rencana Jagat Sinema Bumilangit ke depannya.

Di sana Joko Anwar menyebutkan jika Bumilangit akan konsisten membawa karakter komik Indonesia sejak tahun 1954. Pembuktian ini bukanlah sebagai ajang head to head untuk mengungguli MCU yang telah 1 dekade menguasai industri superhero dunia. Menurut Joko Anwar, Jagat Sinema Bumilangit lebih ingin memberikan tontonan film pahlawan asli Indonesia pada masyarakat yang semuanya terhubung dengan karakter dan tema.

Kategori Semesta

article image

Image source: kumparan.com

Seperti halnya Marvel, Jagat Sinema Bumilangit juga mengelompokkan pahlawan dan membaginya menjadi dua kategori. Kategori semesta Superhero dan semesta pendekar. Semesta superhero merupakan semesta yang karakternya terdiri lebih dari 300 karakter pahlawan dengan 110 judul komik. Karakter tersebut termasuk di dalamnya adalah Gundala, satu pahlawan paling terkenal di Indonesia, kemudian ada Sri Asih superhero pertama yang diciptakan sejak tahun 1954.

Berikutnya ada Semasta Pendekar. Semesta pendekar memiliki superhero yang tidak kalah menarik. Semesta ini dirajai oleh dua karakter legenda, Si Buta dari Gua Hantu dan Mandala. Si Buta dari Gua Hantu adalah karakter yang paling banyak ditayangkan dalam media.

Jagat Sinema Bumilangit sendiri memiliki lebih dari 1000 karakter pahlawan yang diciptakan oleh komikus legendaris. Sebuah cerita dalam BCU akan dimulai sejak letusan Gunung Toba pada 75.000 tahun sebelum masehi.

Baca juga artikel lainnya tentang film superhero di bawah ini.

Empat Era Jagat Sinema Bumilangit

article image

Image source: jakmall.com

Creative Producer Screenplay Bumilangit Joko Anwar menjelaskan jika plot cerita BCU akan hadir dalam empat era besar. Yakni era legenda, era jawara, era patriot, dan era revolusi. Era jawara merupakan era para pendekar pada masa kerajaan nusantara. Di dalamnya terdapat 500 karakter jawara dengan 50 judul komik yang telah diterbitkan. Satu di antaranya adalah Si Buta dari Gua Hantu dan Mandala.

Sedangkan era patriot adalah eranya para jagoan, itu terjadi pada masa sekarang. Era patriot terdiri dari 700 karakter superhero dengan 110 judul komik yang telah diterbitkan. Termasuk Gundala, Sri Asih, Godam, Tira, dan Sembrani. Sebenarnya cerita ini telah dikenal masyarakat sejak 1960-an di Indonesia.

Gundala Film Pertama

article image

Image source: medcom.id

Seperti yang kita ketahui, Gundala merupakan film pembuka dari Jagat Sinema Bumilangit yang tayang pada akhir Agustus lalu. Film ini diperankan oleh Abimana Aryasatya dan langsung disutradarai oleh Joko Anwar.

Gundala “Putra Petir” merupakan karakter yang diambil dari komik karya Hasmi. Komik ini pertama kali dirilis pada 1969 yang menceritakan tentang seorang insinyur Sancaka yang sangat berambisi mencari serum anti petir. Bukannya menemukan serum, Sancaka malah tersambar petir yang membuatnya menjadi kuat.

Akan tetapi Gundala yang diperankan oleh Abimana bukanlah seorang insinyur melainkan petugas keamanan. Sesungguhnya karakter ini terinspirasi oleh Ki Ageng Selo yang hidup pada masa kerajaan Mataram.

Dimainkan Oleh Artis-artis Kenamaan Indonesia

article image

Image source: jawapos.com

Nampaknya proyek Jagat Sinema Bumilangit memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Seluruh pemain yang diambil pun memiliki track record luar biasa dalam berakting. Sudah jelas kemampuannya dalam berakting tak perlu diragukan.

Abimana Aryasatya adalah nama yang paling dulu membintangi karakter superhero di Jagat Sinema Bumilangit. Abimana terkenal telah membintangi puluhan judul film yang sukses, paling menarik perhatian saat dia membintangi film Warkop DKI Reborn dan berperan sebagai Dono.

Jagoan berikutnya ada Sri Asih yang bakal diperankan oleh Pevita Pearce, kemudian ada Chicco Jericho yang akan memerankan Godam. Kedua nama tersebut sudah wara-wiri menghiasi layar lebar Indonesia. Chelsea Islan pun turut diajak dan akan berperan sebagai Tira. Ada pula Asmara Abigail sebagai Desti Nikita, dan Tara Basro memerankan Merpati. Tiga wanita luar biasa ini pun sudah kerap memenangkan penghargaan dalam ajang festival film.

Belum cukup sampai di sana, masih ada Joe Taslim yang kini namanya juga go internasional di perfilman Hollywood. Dia akan memerankan karakter Mandala. Yang tidak kalah populer dan digemari remaja masa kini, Vanesha Prescilla pun turun ikut memerankan superhero Cempaka.

Della Dartyan yang berperan sebagai Nila Umaya ini sempat menarik perhatian dalam aktingnya di film Love For Sale bersama Gading Marten. Lalu Ario Bayu yang akan memainkan karakter Ghani Zulham, ada pula aktor Malaysia Bront Palarae sebagai Pengkor.

Tidak kalah hebat, Lukman Sardi bergabung memerankan Ridwan Bahri. Tatjana Saphira sebagai Mustika Sang Kolektor, dan aktris muda Zara JKT48 memainkan karakter Virgo. Dua aktris muda ini begitu berbakat dan totalitas dalam beradu akting. Tak ketinggalan ada dua nama terakhir yang menjadi idola sepanjang masa, Dian Sastrowardoyo sebagai Dewi Api dan Nicholas Saputra sebagai Aquanus.


Sebegitu banyaknya pemain hebat yang diambil oleh tim Jagat Sinema Bumilangit ternyata dapat bertambah panjang seiring film tersebut rilis. Bisa jadi idolamu yang belum masuk ke daftar pemain BCU akan ikutan nongol nantinya. Kita tunggu saja ya!

Sambil menunggu film-film superhero Indonesia lainnya tidak ada salahnya menonton film lainnya karya anak bangsa di bioskop-bioskop terdekat di kotamu. Cek Gotomalls.com, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls