3 Ide Bekal Sekolah Untuk Anak, Mudah dan Cepat

Mungkin di antara Anda pernah mengalami yang namanya anak susah makan. Ibu harus memutar otak mencoba berbagai cara supaya anak mau makan. Anak memang kadang masih suka memilih-milih makanan dan hal itu menyebabkan menyiapkan bekal sekolah juga jadi gampang-gampang susah.

Kalau Anda sering bingung menyiapkan makanan untuk anak, berikut ini ada beberapa tips menarik untuk ide bekal sekolah yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Dengan membawa bekal yang sehat dari rumah, anak bisa menghindari jajan sembarangan. Yuk dicoba, moms!

1. Egg Sandwich (Resep: Fun Cooking with Yackikuka)

Kita coba mulai dari menu yang paling sederhana dulu ya. Egg sandwich tidak menggunakan bahan yang sulit. Sebelum mulai memasak, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini.

 1 butir telur ayam
 3 sdm mayonnaise
 2 lembar roti tawar
 Keju parut
 Saus tomat

Setelah bahan-bahan siap, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat egg sandwich.

 Rebus telur hingga matang, lalu tiriskan sebentar dan kupas.
 Hancurkan telur rebus menggunakan garpu dengan cara ditekan-tekan.
 Campurkan 3 sdm mayonnaise dengan telur rebus yang sudah dihancurkan tadi, aduk sampai rata dan diamkan sebentar.
 Ambil 2 lembar roti tawar, oleskan telur mayo di atas selembar roti tawar, kemudian tambahkan keju parut. Anda bisa menambahkan selada dan oregano sebagai alternatif. Lalu beri saus tomat secukupnya dan tangkup dengan selembar roti tawar.
 Potong sandwich sesuai dengan selera dan masukkan ke dalam wadah bekal anak. Egg sandwich untuk bekal sekolah anak pun siap.

Mudah dan cepat bukan? Egg sandwich bisa jadi pengganti jajan anak sekolah yang lebih sehat. Anda juga bisa bebas berkreasi dengan isian sandwich supaya anak tidak bosan.

2. Nasi Gulung Telur (Resep: Lily Chan)

Berikutnya adalah nasi gulung telur yang bisa menjadi pengganti jajan anak sekolah yang menarik. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini ya.

 1 centong nasi hangat
 Kornet sapi secukupnya
 2 butir telur ayam
 Garam secukupnya
 Merica secukupnya
 Saus sambal dan saus tomat

Pastikan bahan-bahan di atas tidak berair, terutama nasi hangat. Kemudian ikuti langkah-langkah memasak berikut ini.

 Bentuk nasi hangat menjadi kotak dengan menggunakan plastik, tekan-tekan hingga menjadi persegi dengan permukaan yang rata.
 Setelah nasi hangat terbentuk dengan sempurna, iris dengan hati-hati menjadi 3 bagian supaya tidak hancur. Kemudian taburkan garam secukupnya di kedua sisi. Tutup kembali nasi hangat dengan plastik supaya tidak kering.
 Kocok 2 butir telur ayam dengan kornet sapi, tambahkan garam dan merica lalu aduk-aduk sampai rata. Jangan terlalu banyak menggunakan kornet sapi agar telur mudah digulung.
 Siapkan wajan, tuangkan adonan telur ayam dan kornet sapi dan buat dadar tipis. Letakkan nasi di atas dadar saat adonan setengah matang supaya nasi lebih menempel pada dadar. Kemudian gulung nasi dengan dadar memakai sutil. Hati-hati supaya dadar tidak sobek.
 Tata nasi gulung telur di dalam wadah bekal anak dan beri campuran saus sambal dan saus tomat. Anda bisa menambahkan daun selada, mentimun atau irisan tomat.
Resepnya mudah kan? Sebagai variasi, Anda juga bisa mencampur nasi dengan daging ayam cincang, sosis ayam atau kornet sapi. Selamat mencoba!

3. Tuna Roll (Resep: Rima's Corner)

Ikan tuna merupakan sumber protein lengkap yang baik untuk pembentukan antibodi dan mengandung mineral yang bagus untuk kekuatan tulang. Sekali-sekali coba deh bikin menu dengan bahan ikan tuna untuk bekal sekolah anak supaya lebih sehat.

Anda bisa memasak tuna roll yang enak dan simpel. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini.

 3 lembar roti tawar, pipihkan.
 Bahan acar: 50 gr mentimun, 50gr tomat, 1 siung bawang merah, 1/2 sdt cuka, 1 sdm gula, 1/2 sdt garam, 50 ml air, 1 butir telur rebus, 50 gr kentang rebus, 50 gr tuna kaleng, 2 sdm mayonnaise.
 Garam dan lada secukupnya.

Setelah bahan-bahan siap, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut.

 Siapkan acar dengan mencampur 1 sdm gula pasir, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt cuka dan 50 ml air hangat. Aduk rata, kemudian tambahkan potongan mentimun, tomat dan bawang merah. Aduk kembali dan diamkan selama 15 menit.
 Hancurkan telur rebus dan kentang rebus dengan cara ditekan-tekan memakai garpu, kemudian tambahkan tuna kaleng, aduk-aduk sampai rata.
 Tambahkan acar yang sudah diaduk tadi (tanpa air) ke dalam adonan telur, kentang dan tuna. Kemudian beri 2 sdm mayonnaise, tambahkan garam dan lada sesuai selera, aduk sampai rata. Isian untuk tuna roll siap.
 Siapkan selembar roti tawar pipih di atas plastik, oleskan isian acar, kemudian gulung roti tawar bersama dengan plastik. Ulangi langkah ini hingga menjadi 3 gulung roti tawar isi tuna. Anda bisa menyimpan roti gulung tuna dalam lemari es selama 30 menit supaya rasanya lebih segar.
 Potong-potong gulungan roti tawar sesuai selera dengan hati-hati. Kemudian tata di dalam wadah bekal anak.

Supaya lebih mudah disantap, Anda bisa memotong tuna roll dengan ukuran kecil-kecil untuk sekali lahap. Dijamin buah hati akan rajin makan. Anda juga bisa mencoba variasi isian lain supaya anak tidak bosan.


Nah, itu tadi beberapa resep dan ide menarik untuk jajan anak sekolah. Mudah dan cepat kan? Semoga anak-anak suka dan tidak malas makan ya, Moms. Anda bisa mulai dari resep yang paling mudah dulu. Selamat mencoba! Cek juga resep lainnya di bawah ini:

Articles

Dapatkan semua kebutuhan untuk membuat bekal anak di supermarket-supermarket terdekat di kotamu. Cek lokasinya melalui Gotomalls.com dan dapatkan promo terupdate untuk mendapatkan bahan-bahan yang kamu perlukan.

Malls

featured image source: kirbiecravings.com