Berbagai Jenis Asuransi di Indonesia, Ketahui Perbedaannya

Asuransi merupakan suatu lembaga keuangan non-bank yang berguna untuk meminimalisir kemungkinan risiko dari kejadian-kejadian tak terduga, sekaligus menjadi alternatif investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan.

Ada berbagai jenis asuransi yang bisa dibedakan berdasarkan fokus risiko dan kebutuhan. Dua hal ini juga akan menentukan sejauh mana besaran jaminan yang berhak diterima pemegang polis asuransi sesuai jenisnya masing-masing. Nah, di bawah ini adalah 10 jenis asuransi yang bisa dijumpai di Indonesia berikut perbedaannya!

Asuransi Jiwa

article image

Image source: accquote.com

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi paling umum dan banyak diminati masyarakat luas. Jenis asuransi ini bisa memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Sistem pembayaran pun bermacam-macam, ada yang memberikan cash value setelah kematian, ada pula yang memungkinkan pemegang polis atau tertanggung untuk mengklaim dananya sebelum kematiannya. Asuransi jiwa bisa diperoleh baik untuk kepentingan diri sendiri, tanggungan, atau kepentingan pihak ketiga.

Asuransi Kesehatan

article image

Image source: buckley-ins.com

Asuransi kesehatan juga cukup populer di Indonesia. Asuransi ini merupakan produk asuransi yang khusus menangani masalah kesehatan serta menanggung biaya perawatan/pengobatan. Masalah kesehatan yang biayanya bisa ditanggung perusahaan asuransi umumnya berupa cedera, sakit, cacat, hingga kematian akibat kecelakaan. Sama halnya seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga bisa diperoleh baik untuk kepentingan tertanggung atau pihak ketiga.

Asuransi Kendaraan

article image

Image source: edtimes.in

Asuransi kendaraan yang paling umum di Indonesia adalah asuransi mobil yang menjamin tanggungan cedera akibat kecelakaan atau kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh tertanggung. Asuransi ini juga dapat membayar uang ganti rugi atas kendaraan bermotor yang hilang. Kini, hampir setiap kendaraan roda empat baru sudah diproteksi dengan jaminan asuransi kendaraan.

Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

article image

Image source: propertyobserver.id

Sebagai salah satu aset paling berharga, biasanya para pemilik rumah atau properti sejenis lainnya akan melindungi aset miliknya dengan asuransi yang satu ini. Asuransi kepemilikan rumah dan properti memberikan proteksi terhadap kerusakan atau kehilangan barang-barang tertentu milik tertanggung. Asuransi ini juga akan memberikan bantuan apabila rumah atau properti sejenis lainnya mengalami musibah seperti banjir atau kebakaran.

Asuransi Pendidikan

article image

Image source: insurance-news89.xyz

Asuransi pendidikan adalah salah satu jenis asuransi yang paling banyak diminati masyarakat. Asuransi ini sudah menjadi alternatif terbaik untuk memberikan solusi jaminan bagi masa depan anak. Tingginya biaya pendidikan yang bertolak belakang dengan kondisi ekonomi keluarga bisa diatasi dengan asuransi pendidikan sebagai jaminan pembiayaan.

Asuransi Bisnis

article image

Image source: turnontheinternet.com

Asuransi bisnis memberikan jaminan proteksi terhadap kerusakan, kehilangan, atau kerugian-kerugian besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang. Perlindungan yang ditawarkan umumnya berupa perlindungan investasi dan bisnis, perlindungan untuk karyawan sebagai aset bisnis, asuransi jiwa menyeluruh bagi semua karyawan, hingga jaminan kesehatan karyawan.

Asuransi Umum

article image

Image source: foolproofme.org

Asuransi umum merupakan jaminan proteksi terhadap risiko kerugian dan kehilangan manfaat atau tanggung jawab hukum untuk pihak ketiga. Jaminan ini biasanya bersifat jangka pendek, sekitar satu sampai dua tahun. Ada dua jenis jaminan asuransi yang diklasifikasikan berdasarkan manfaatnya, yaitu:

• Jaminan Sosial
Jaminan ini biasanya diberikan oleh institusi/perusahaan kepada karyawan atau individu terkait sebagai jaminan kesejahteraan masa pensiun/hari tua. Preminya bersifat mengikat, seperti; pemotongan gaji bulanan.

• Asuransi Sukarela
Jika jaminan sosial bersifat mengikat, asuransi ini dijalankan dengan sukarela. Asuransi sukarela masih bisa dikategorikan lagi ke dalam dua jenis, yaitu; Government Insurance dan Commercial Insurance.

Asuransi Kredit

article image

Image source: kenyanwallstreet.com

Asuransi kredit ditujukan kepada lembaga keuangan sebagai proteksi terhadap risiko kegagalan angsuran kredit oleh para debitur. Lembaga keuangan yang berhak mendapat asuransi kredit bisa berupa bank atau lembaga non-bank yang menyediakan produk perkreditan.

Asuransi Kelautan

article image

Image source: nbcnews.com

Asuransi kelautan berfungsi sebagai jaminan di bidang kelautan, baik untuk pengguna jasa ataupun pemilik usaha. Kemungkinan risiko yang termasuk tanggungan asuransi kelautan di antaranya adalah kerusakan kapal, kerusakan kargo, dan sebab kecelakaan yang mengakibatkan penumpang terluka. Untuk preminya sendiri ditentukan berdasarkan jenis barang, packaging, ekspedisi, dan lain sebagainya.

Asuransi Perjalanan

article image

Image source: custominsure.ca

Asuransi perjalanan tidak jauh berbeda dengan asuransi umum sebagai salah satu bentuk jaminan proteksi jangka pendek. Manfaat yang didapat dari asuransi perjalanan adalah tanggungan biaya kecelakaan, santunan kecelakaan, tanggungan biaya penanganan darurat, biaya ambulance dan medis, hingga biaya jaminan untuk benda yang hilang atau rusak pada saat kecelakaan.


Demikianlah 10 jenis asuransi yang ada di Indonesia dan perbedaan manfaatnya. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang lebih menyenangkan mulai dari informasi merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: thebalancesmb.com