Mengenal Jenis Batik Modern Nusantara Dari Berbagai Daerah di Indonesia

Kain batik dan Indonesia adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Batik merupakan kebanggaan dari masyarakat Indonesia yang bahkan telah digunakan dahulu kala hingga kini. Jika umumnya batik hanya digunakan untuk acara-acara tertentu saja, namun kini kain batik telah banyak dikombinasikan dengan pakaian lainnya untuk kegiatan sehari-hari. Terlebih sejak ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO, membuat popularitasnya cukup meningkat pesat.Untuk itu tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari Batik. Batik tak hanya terkesan kuno lagi, namun juga lebih modern dan berkelas. Nah berikut ini beberapa jenis-jenis batik Nusantara yang modern dan hits di Indonesia yang perlu kamu ketahui.

Batik Megamendung

article image

Image source: pinterest.com

Motif batik yang satu ini merupakan khas dari daerah Cirebon. Jenis-jenis kain batik modern ini sangat khas dengan adanya bentuk awan besar dan berwarna cerah serta mencolok. Warna-warna yang umumnya digunakan untuk jenis kain batik megamendung ini adalah ungu, merah tua, biru, dan hijau tua.

Batik Parang Rusak

article image

Image source: fimela.com

Mungkin jenis batik yang satu ini adalah yang paling sering kamu lihat. Motif batik parang rusak adalah jenis kain batik yang cukup populer dan sering digunakan. Motif yang satu ini memiliki arti yang cukup mendalam, yaitu peperangan manusia dengan melawan nafsu dan sifat buruk selama kehidupan. Batik Parang Rusak sering digunakan dalam berbagai kerajinan yang berbahan dasar batik.

Batik Tujuh Rupa Pekalongan

article image

Image source: grahabatik.com

Pekalongan memang jadi salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan pengrajin batik serta pusat batiknya. Ada banyak motif–motif elegan yang dimiliki oleh Kota Pekalongan ini. Ciri khasnya yang bisa dilihat adalah didominasi motif hewan dan tumbuh-tumbuhan. Batik Pekalongan sangat cantik dan pas jika dikombinasikan dengan pakaian berbahan polos.

Batik Priyangan Tasikmalaya

article image

Image source: ragamhandicraftrajapolah.wordpress.com

Jika berbicara tentang jenis kain batik yang populer di Indonesia, maka kain batik dari Tasikmalaya adalah salah satu yang tidak boleh terlewatkan. Ciri khas yang dimiliki oleh kain batik Tasikmalaya ini adalah coraknya yang rapi, rapat dan berkelas. Didominasi dengan motif tumbuhan dan rumput yang mana jadi identitas utama dari Batik Priyangan.

Batik Bali

article image

Image source: gulalives.co

Bali tak hanya punya wisata-wisata yang indah saja namun juga jenis batiknya yang tak kalah populer. Motif batik Bali ini memiliki ciri khas yang memadukan motif modern dan tradisional. Selain itu ide pembuatannya banyak terinspirasi dari beragam hewan seperti rusa, burung bangau, dan kura-kura. Untuk warna-warna yang digunakannya juga lebih dominan menggunakan warna cerah seperti ungu, biru, dan kuning.

Batik Betawi

article image

Image source: phinemo.com

Jakarta juga memiliki kain bati yang cukup menawan, dan sering kali ditampilkan di pameran kebudayaan Betawi maupun pada acara-acara bergengsi lainnya. Pilihan warnanya yang mencolok dan cerah dan dipadukan dengan motifnya yang khas dan unik Betawi seperti pucuk rebung, ondel-ondel, gambang kromong, dan nusa kelapa yang menjadi ciri khasnya.

Batik Samarinda

article image

Image source: pinterest.com

Ciri khas dari Batik yang dimiliki oleh Kota Samarinda ini adalah warna-warna yang digunakan sangat cerah, berani dan mencolok sehingga membuat motifnya terlihat sangat jelas dan mengagumkan. Untuk motif batik Samarinda ini lebih terinspirasi dengan kebudayaan pada sebuah suku serta masyarakat Kalimantan Timur. Daerah yang terkenal akan kesenian batik tulisnya merupakan suku Dayak Bahau yang berada di bagian hulu sungai Mahakam.

Batik Keraton

article image

Image source: infobatik.id

Awalnya jenis batik ini dibuat untuk para putri oleh pengrajin batik di lingkungan keraton. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini kain batik keraton tak hanya digunakan oleh keturunan keraton saja namun juga masyarakat biasa. Untuk motif keraton ini memang cukup kental dengan nuansa yang elegan. Tak hanya itu saja, motif yang dimilikinya memiliki arti yang sakral dan sarat dengan filosofi kehidupan. Karena itulah, dulunya jenis batik ini hanya bisa digunakan untuk sebagian orang saja.

Batik Lasem

article image

Image source: batikdan.blogspot.com

Batik Lasem merupakan jenis kain batik yang berasal dari Lasem, yang merupakan daerah yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Batik Lasem mempunyai ciri khas dari warnanya yang merah menyala. Hal ini dikarenakan kain batik ini sangat dipengaruhi dari kebudayaan Cina.

Batik Papua

article image

Image source: fasnina.com

Ciri khas dari kain Batik Papua ini adalah kombinasi warna cerah serta motif etnik Papua yang tampak asimetris. Kombinasi kedua hal inilah yang membuat kain batik Papua tampak eksotis saat digunakan. Sebagian besar dari motif yang ditampilkan dalam batik Papua ini memiliki unsur alam serta budaya dari masyarakat Papua. Seperti misalnya motif hewan, semisal burung cenderawasih, buaya, kadal, dan cecak. Biasanya motif-motif yang bersifat natural akan dikombinasikan warna yang relatif beragam sehingga membuat batik Papua semakin memesona dan khas.


Itulah kesepuluh jenis batik nusantara yang ada di Indonesia. Rasanya hampir setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki kain batik khas tersendiri. Tentu saja ini menjadi kebanggaan dari masyarakat Indonesia yang patut dilestarikan bersama.

Cek Gotomalls.com untuk menemukan berbagai pilihan model batik wanita di toko-toko batik terpercaya di mall terdekat di kotamu. Gotomalls menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: grahabatik