Jenis-jenis Tanaman Hias

Selama masa karantina semakin banyak hobi yang dilakukan oleh banyak orang, salah satunya adalah mengoleksi berbagai jenis tanaman hias. Tidak hanya itu saja, tanaman hias kini pun dijadikan sebagai elemen interior dan dekorasi yang sehat. Beberapa jenis tanaman hias bisa menghasilkan oksigen dan juga membersihkan polutan. Menghadirkan tanaman hias di dalam ruangan membuat ruangan jadi lebih segar. Nah bagi kamu yang baru mulai ingin untuk mengoleksi dan merawat tanaman hias, yuk intip jenis-jenis tanaman hias yang kini makin populer dan bisa kamu jadikan inspirasi.

Monstera

article image

Image source: pexels.com/huyphan

Monstera adalah jenis tanaman hias yang paling populer untuk diletakkan di dalam rumah sebagai dekorasi. Monstera berasal dari Meksiko dan berasal dari bahasa latin yaitu monstrous artinya abnormal. Hal ini disebabkan karena bentuk daun monstera yang unik ada robekan dan lubang di daunnya. Jenis yang paling terkenal di Indonesia untuk dekorasi ruangan adalah Monstera Deliciosa dan Monstera Obliqua. Monstera sangat cocok sebagai dekorasi rumah bergaya minimalis hingga Skandinavia.

Lidah Mertua

article image

Image source: lifestyle.okezone

Lidah mertua adalah jenis tanaman hias yang memiliki banyak manfaat jika diletakkan dalam rumah. Bentuknya yang tajam membuat tanaman ini disebut lidah mertua. Tanaman yang memiliki nama latin Sansaveira ini mampu membersihkan sirkulasi udara atau polusi di dalam rumah dan juga menghasilkan oksigen di malam hari. Udara pagi hari pun menjadi lebih bersih dan segar. Selain itu, lidah mertua bisa tumbuh dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari, jadi sangat cocok diletakkan di dalam rumah.

Sirih Gading

article image

Image source: tokopedia

Jenis tanaman hias berikutnya yang populer adalah sirih gading atau Devil's ivy. Tanaman hias ini tumbuhnya merambat sehingga cocok untuk dijadikan dekorasi dinding rumah, hunian pun terasa lebih segar. Kamu bisa meletakkannya di dinding, pilar, media rambat ataupun sebagai tanaman gantung. Bentuk daunnya menyerupai jantung hati dengan kombinasi warna kuning dan hijau. Sirih gading juga memiliki manfaat untuk menyerap racun berbahaya, memberikan oksigen, dan juga membantu pernapasan. Tidak hanya itu saja, sirih gading pun mudah dirawatnya dan tahan dalam segala kondisi.

Pilea Peperomioides

article image

Image source: crocus.co.uk

Berikutnya ada jenis tanaman hias bernama Pilea Peperomioides atau disebut juga Chinese Money Plant. Tanaman ini cocok sebagai dekorasi di meja ataupun digantung. Pilea Peperomioides menyukai sinar matahari yang tidak langsung dan tidak perlu disiram setiap hari sehingga mudah untuk merawat tanaman ini. Tempat yang paling tepat untuk meletakkan tanaman ini adalah dekat jendela yang mendapat cahaya matahari.

Kuping Gajah

article image

Image source: tokopedia.com

Kuping gajah atau anthurium merupakan jenis tanaman hias yang juga cocok sebagai dekorasi ruangan. Sebenarnya anthurium ada dua jenis anthurium bunga dan daun, nah kuping gajah termasuk anthurium daun. Kuping gajah memiliki daun yang berbentuk hati dan berukuran besar. Sebaiknya meletakkan tanaman kuping gajah dalam ruangan yang memiliki kelembapan normal. Letakkan kuping gajah dekat jendela atau ventilasi sehingga udara luar bisa masuk ke ruangan. Kuping gajah tentu tidak cocok di dalam ruangan ber-AC atau kipas angin dan jangan terkena sinar matahari langsung.

Sri Rejeki

article image

Image source: thehijau.com

Jenis tanaman hias berikutnya ada Sri Rejeki atau Aglaonema. Ini adalah tanaman hias daun yang sangat populer, mudah ditanam dan tidak perlu perawatan berlebih. Sama seperti kuping gajah, sri rejeki tidak boleh terkena cahaya matahari langsung dan harus diletakkan di tempat yang cukup lembap. Jadi, tanaman ini sangat cocok menjadi dekorasi dalam ruangan.

Calathea

article image

Image source: tanahkaya.com

Calathea adalah jenis tanaman hias dengan warna daun yang belang-balang. Tentu tanaman ini akan membuat tampilan yang unik dalam rumah. Daunnya lebar dan memanjang serta memiliki warna dan corak yang berbeda. Calathea memiliki beragam jenis, pilih dan sesuaikan dengan warna yang kamu inginkan untuk di dalam ruangan. Tidak hanya sebagai penghias rumah, calathea juga sebagai penyejuk dalam ruangan.

Letakkan tanaman hias favorit kamu di rak-rak berikut ini:

Products


Itulah rekomendasi jenis-jenis tanaman hias untuk mempercantik ruangan. Mana yang ingin kamu rawat dan jadikan dekorasi dalam rumah? Jangan lupa untuk merawat dengan baik agar tanaman dapat tumbuh sehat, subur dan segar. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com

Malls

featured image source: pexels.com/huyphan