Tanaman Hias Daun Yang Sempat Viral

Selama pandemi banyak orang mulai memiliki hobi baru ketika harus di rumah saja. Ada yang jadi suka masak, olahraga, sampai memborong tanaman hias.

Salah satu jenis tanaman yang paling viral di masa pandemi ini adalah tanaman hias daun. Tanaman jenis ini banyak dijadikan sebagai hiasan dekorasi rumah agar terlihat lebih estetik dan adem.

Jenis-jenis tanaman hias daun pun beragam ditambah perawatannya tergolong lebih mudah daripada merawat bunga. Penasaran kira-kira jenis-jenis tanaman hias daun apa saja yang paling ngehits? Berikut ini selengkapnya

Lidah Mertua

article image

Image source: tokopedia.com

Jenis tanaman hias daun ini memiliki nama latin sansevieria. Kehadirannya cukup populer karena diklaim memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan.

Diantaranya, penghilang polusi udara, pembersih udara alami, pemasok oksigen, tanaman anti kanker, penyerap karbon dioksida pada malam hari, menyerap bau tak sedap, dan masih banyak lainnya.

Tidak salah jika jenis tanaman hias daun lidah mertua banyak kita temukan di dalam rumah.

Janda Bolong

article image

Image source: pinterest.com

Jenis tanaman hias daun kedua ini dikenal juga dengan nama latin philodendron monstera adansonii atau monstera obliqua.

Pada masa pandemi, janda bolong sempat heboh karena memiliki harga jual yang cukup tinggi hingga ratusan juta rupiah.

Seperti namanya bolong atau lubang, daun ini memiliki bentuk daun yang berlubang-lubang. Dan lubang yang ada pada daun janda bolong ini terbentuk karena mekanisme alami.

Kuping Gajah

article image

Image source:min.news.com

Disebut juga anthurium sryctallinum, jenis tanaman hias daun ini awalnya banyak ditemukan di hutan hujan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Karena bentuk daunnya yang melebar menyerupai telinga gajah akhirnya tanaman hias daun ini pun dijuluki kuping gajah.

Kuping gajah termasuk jenis tanaman tropis yang membutuhkan kelembaban dan sinar matahari meski tidak langsung. Maka dari itu ada baiknya kuping gajah ditanam di luar ruangan saja ya, biar makin berkembang.

Keladi

article image

Image source: klikhijau.com

Tak kalah viral, keladi yang memiliki nama latin caladium ini juga diminati masyarakat Indonesia. Apalagi harga tanaman ini lumayan naik dari Rp 100 ribuan kini mencapai Rp 750 ribuan.

Banyak yang menyebutkan jika jenis tanaman hias daun ini memiliki bentuk hati. Ada yang memiliki warna solid dengan dominan putih, ada juga yang berwarna merah.

Aglaonema

article image

Image source: haibunda.com

Chinese evergreen, itulah nama latin dari jenis tanaman hias daun aglaonema. Aglaonema sendiri memiliki berbagai jenis tipe dan setiap jenisnya memiliki warna dan corak yang berbeda.

Setidaknya ada 9 jenis aglaonema, salah satu yang paling banyak diburu adalah aglaonema red valentine.

Penampilannya yang mencolok begitu memikat para kolektor tanaman hias daun. Daunnya berbentuk oval besar, ada corak hijau, tapi didominasi warna merah.

Jika beruntung dan cara menanamnya benar, aglaonema bisa bertahan hidup hingga bertahun-tahun.

Daun Sirih Gading

article image

Image source: dekorumah.com

Jenis tanaman hias daun ini termasuk dalam tanaman rambat semi-epifit atau menumpang pada tumbuhan yang lain.

Banyak orang menyebutkan jika tanaman hias daun sirih gading ini cocok bagi pemula yang baru menyukai dunia cocok tanam.

Bahkan daun sirih gading ini juga tidak begitu memakan air, bisa disiram 1-2 hari sekali.

Daun Suplir

article image

Image source:ibadgarden.com

Jenis tanaman hias daun yang satu ini tidak begitu tahan dengan sinar matahari. Daun suplir lebih menyukai tempat yang lembap untuk berkembang biak dengan baik.

Lili Paris

article image

Image source: tokopedia.com

Jenis tanaman hias daun lili paris tergolong mudah untuk dirawat. Lili paris bahkan dapat terus tumbuh meski kamu jarang menyiramnya. Mau diletakkan di indoor atau outdoor pun daun ini tetap bisa tumbuh lho.

Monstera

article image

Image source: tokopedia.com

Sekilas bentuknya mirip dengan janda bolong namun monstera memiliki daun yang lubang seakan-akan sobek tidak saling menyatu.

Jenis tanaman hias daun ini merupakan salah satu tanaman rambat asal hutan rimba yang terletak di Meksiko dan Guatemala.

Daun monstera memiliki ukuran besar berbentuk hati, warnanya hijau pekat, dan mengkilap. Apalagi jika kamu rajin merawatnya.

Penelitian menyebutkan lubang yang ada pada monstera terjadi karena proses pelubangan alami akibat tetesan air.

Calathea

article image

Image source: tokopedia.com

Yang terakhir ada calathea. Tanaman hias daun ini sangat cocok jika diletakkan di dalam kamar mandi karena calathea merespon kelembaban dengan begitu baik.

Daun calathea berbentuk oval lebar dengan warna keunguan dengan corak berwarna merah muda.


Itu 10 jenis tanaman hias daun yang viral saat pandemi. Bisa banget loh kamu jadikan salah satu koleksi tanaman hias di rumah. Apalagi harganya sekarang cukup terjangkau.

Kira-kira itu, 5 cara itu yang bisa kamu terapkan saat menata ruang kerja di rumah. Ingat kenyamanan itu nomor satu. Selamat mencoba.

Simak juga info-info menarik lainnya di Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Mall

Artikel

featured image source: zora.com