Trik Memilih Kacamata

Menurut sebuah penelitian, kebanyakan orang mengganti kacamata setiap 3 tahun sekali. Alasannya sederhana, ukurannya sudah tidak cocok, sudah mulai buram, dan ada yang sekedar ingin ganti model.

Ketika tiba waktunya mengganti kacamata baru, pastikan untuk mencari model yang cocok dengan bentuk wajah. Itu akan sangat mempengaruhi penampilan.

Setidaknya ada 5 kategori bentuk wajah, yakni kotak, bulat, segitiga, lonjong, dan berbentuk hati. Kelimanya tidak bisa disamaratakan soal pilihan model kacamata.

Kali ini kita akan membahas pilihan kacamata yang cocok untuk wajah bulat, namun sebelumnya mari mengenal struktur wajah bulat.

Kacamata yang Cocok untuk Wajah Bulat

article image

Image source: vintandyork.com

Wajah bulat tidak ada sangkut pautnya dengan berat badan. Bukan berarti jika seseorang itu gemuk maka wajahnya bulat.

Wajah bulat biasanya diidentifikasi dengan ciri dahi lebar, pipi sedikit memenuhi wajah, tulang pipi terlihat rendah, dan condong memiliki leher rendah.

Tidak seperti beberapa bentuk wajah lainnya, wajah bulat sangat mudah dibedakan karena yang paling terlihat adalah lekuk wajah.

Sebelum membeli kacamata yang cocok pikirkan untuk memilih frame dengan garis sudut. Fungsinya akan membuat wajah lebih simetris dan tidak terlihat terlalu bulat.

Pilih Kacamata yang Memiliki Sudut

article image

Image source: pinterest.com

Pertama, carilah bingkai kacamata yang menawarkan model persegi atau persegi panjang. Model ini akan menyeimbangkan bentuk wajah bulat seolah-olah tampak lebih panjang.

Akan ada keseimbangan untuk menutupi bagian wajah yang terlalu bulat.

Pilih Kacamata yang Memiliki Bantalan Hidung (Nose Pad)

article image

Image source: specsaver.com

Bantalan hidung sangat cocok digunakan untuk pemilik pipi bulat dan hidung mancung. Bantalannya akan menolong kacamata agar tidak mudah melorot dan selalu terlihat stunning.

Bantalan hidung pun jadi model kacamata paling cocok untuk wajah orang Asia dengan batang hidung yang tidak terlalu tinggi.

Pilih Warna dan Pola yang Berani

article image

Image source: eyebuydirect.com

Bulat bukanlah kekurangan, kamu bisa memamerkan wajahmu dengan pilihan gaya dan warna unik.

Tonjolkan warna kulit dan mata dengan memilih warna berani untuk frame kacamatamu.

Kamu juga bisa menciptakan ilusi optik agar mata terlihat lebih besar.

Hindari Kacamata Hitam Bulat Kecil

article image

Image source: insider.com

Kacamata yang cocok untuk wajah bulat memang beragam, namun sebisa mungkin hindari bentuk kacamata hitam bulat atau kecil.

Lensa melingkar akan mengarahkan perhatian orang pada wajah bulat. Itu akan membuat wajah tampak semakin bulat.

Alih-alih ingin tampil dengan bentuk wajah memanjang yang ada wajah akan semakin terlihat lebar.

Dan berikut ini beberapa pilihan kacamata yang cocok untuk wajah bulat.

Kacamata Cat Eye

article image

Image source: bluerayforum.com

Kacamata yang cocok untuk wajah bulat pertama ini memang tidak pernah salah. Cat eye atau mata kucing akan mengesankan ketajaman pada mata seorang.

Bingkai runcing terlihat cocok karena memberi efek area mata seolah terangkat dan membuatnya lebih berkontur.

Cat eye belakangan ini banyak digemari kaum hawa. Menurut beberapa orang kacamata jenis ini membuat wajah terlihat lebih ramping.

Oversize Frame

article image

Image source: uk.lindafarraw.com

Mungkin terlihat agak jadul, namun kacamata dengan bingkai tebal nan besar ini mengesankan struktur wajah bulan semakin terlihat lembut.

Pilihlah frame tebal dengan warna polos agar penampilanmu makin menonjol.

Kacamata Aviator

article image

Image source: theguardin.com

Kacamata yang cocok untuk wajah bulat selanjutnya ini memang cukup ngetren saat ini. Pilihan frame tipis dapat menyembunyikan pipi agar terlihat tirus.

Namun memang tidak semua gaya aviator cocok untuk pemilik wajah bulat, Coba pilih bagian atas kacamata yang lebih lebar akan wajah terlihat lebih proporsional.

Persegi Panjang

article image

Image source: justwebworld.com

Ini adalah pilihan teraman kacamata yang cocok untuk wajah bulat. Klasik, namun tetap terlihat pas untuk jenis wajah apa pun.

Memang simpel, akan tetapi penampilan si wajah bulat bakal terlihat lebih menonjol dan menyamarkan bentuk melingkar pada wajahnya.

Kacamata Berwarna-warni

article image

Image source: zennioptical.com

Selain untuk alat baca, kacamata juga telah menjelma jadi pelengkap fashion untuk menunjang penampilan. Tidak salah jika mulai menonjolkan keunikan wajah dengan memilih kacamata berwarna-warni.

Pilihlah warna kacamata yang kuat dan segar tapi hindari warna yang cenderung menyerupai warna kulit kamu.

Warna frame kacamata terlalu mencolok mungkin tidak memberikan efek yang diinginkan. Meski bentuknya tepat, kurangnya kontras antara wajah dengan gaya yang dipilih akan membuat efek optik positif bingkai kurang terlihat.

Frame kacamata dengan warna terang umumnya akan terlihat lebih bergairah saat digunakan pada warna kulit yang sedikit gelap.

Jika kamu memiliki warna kulit cerah, kacamata persegi berwarna ungu tebal akan sangat cocok untuk merampingkan tampilan wajah bulat.

Kacamata Browline

article image

Image source: vlookoptical.com

Kacamata yang cocok untuk wajah bulat terakhir ini adalah bentuk browline. Bentuknya lebih terang di bagian bawah, dan pada garis pelipis framenya lebih tebal.

Bentuknya akan sangat berguna untuk menambah keseimbangan dan menciptakan ilusi panjang pada wajah. Membuat tampilan si wajah bulan terlihat lebih ramping.

Kacamata browline sangat cocok untuk wajah bulat baik dengan bentuk persegi maupun persegi panjang.


Kurang lebih, ada 11 jenis kacamata yang cocok untuk wajah bulat. Sekarang kamu bisa menentukan kira-kira kacamata model apa yang akan kamu beli. Pastikan tidak salah model ya!

Simak tips-tips inspiratif lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

featured image source: essiloraurtralia.com