Kapal Selam Terbesar di Dunia

Kapal induk sering kali dianggap sebagai armada laut terbesar yang ada di dunia. Kapal ini memiliki kapasitas untuk menampung segala macam instrumen perang yang dibutuhkan oleh seluruh armada yang mengiringinya.

Meskipun demikian, kapal induk sebetulnya bukan armada laut terbesar yang pernah ada, melainkan kapal selam. Kapal itu bernama Dmitriy Donskoy TK-208. Mungkin dari namanya saja kamu sudah bisa menebak bahwa kapal ini berasal dari Rusia. Faktanya, kapal ini memang dibuat dan dimiliki oleh Negara Beruang Merah tersebut.

Nah, berikut sejumlah fakta menarik seputar kapal selam terbesar di dunia Dmitry Donskoy TK-208:

1. Kapal Selam Paling Besar yang Pernah Dibuat Manusia

article image

Image source: WallpaperBetter.com

Dmitriy Donskoy TK-208 merupakan kapal selam typhoon class milik angkatan laut Rusia. Kapal selam ini memiliki lebar sekitar 25 meter, tinggi 12 meter, dan membentang sepanjang 172 meter. Panjang ini nyaris setara dengan dua lapangan sepak bola.

Kapal selam ini juga dilengkapi beberapa fasilitas yang tidak ditemukan di kapal selam lain di dunia, salah satunya kolam renang. Sementara itu, beratnya sendiri ditaksir mencapai 48.000 ton. Dmitriy Donskoy TK-208 ditenagai dengan 2 reaktor nuklir, 2 turbin uap 50.000 HP, serta 4 turbogenerator 3.200 KW.

Adapun kapasitas maksimalnya mencapai 160 orang untuk sekali perjalanan. Konon, kapal selam ini mampu melakukan perjalanan non stop selama berbulan-bulan dan menyelam hingga kedalaman sekitar 400 meter. Sampai hari ini, belum ada kapal selam lain yang dibuat dengan ukuran sebesar ini.

2. Memiliki Sistem Persenjataan Paling Canggih

article image

Image source: Fine Art America

Kapal selam ini dipersenjatai dengan 20 peluncur rudal balistik antarbenua berjenis RSM-56. Jenis ini dikenal di dunia militer sebagai salah satu sistem peluncuran kapal selam paling canggih yang pernah diciptakan. Masing-masing rudal diketahui mampu menampung hingga 100 kt hulu ledak nuklir.

Dmitriy Donskoy TK-208 juga dilengkapi dengan 6 tabung torpedo 522 mm serta torpedo tipe 53. Dengan sistem persenjataan tersebut, kapal selam yang sudah beroperasi sejak tahun 1980 ini bisa melakukan serangan besar-besaran dari belahan dunia manapun secara diam-diam.

3. Sudah Dirombak Total

article image

Image source: Reddit

Meskipun diluncurkan pada tahun 1980, 10 tahun kemudian kapal selam terbesar di dunia ini memasuki periode drydock yang cukup lama, dimana ia mendapat berbagai perombakan dengan sentuhan modern.

Perombakan ini dilaporkan menghabiskan waktu hingga lebih dari satu dekade. Barulah pada tahun 2002 Dmitry Donskoy TK-208 kembali menyelam dan beroperasi. Pada peluncuran pertamanya kapal ini disebut sebagai kapal selam generasi ketiga. Setelah mengalami perombakan total, kapal ini dikategorikan menjadi generasi keempat.

4. Peluncuran Rudal Pertama Tahun 2005

article image

Image source: tass.com

Dmitry Donskoy TK-208 pertama kali meluncurkan rudal Bulava-nya pada tahun 2005. Saat itu, uji coba dilakukan saat kapal sedang berada di permukaan Laut Putih. Pada bulan Desember di tahun yang sama, kru kembali mencoba menembakkan rudal Bulava, namun dari bawah air.

Mereka berhasil meluncurkan rudal pada 21 Desember dan mencapai target di Kera Test Range. Setelah itu, awak Dmitry Donskoy TK-208 terus melakukan berbagai uji coba rudal Bulava.

5. Masih Beroperasi Sampai Sekarang

article image

Image source: Reddit

Melansir Interesting Engineering, kapal selam lain di kelas ini sudah tidak aktif, hanya Dmitry Donskoy TK-208 yang masih beroperasi sampai hari ini. Meskipun demikian, Rusia memiliki kapal selam lain dari Borei Class untuk menggantikan Typhoon Class. Kapal selam baru itu sudah dibangun sejak 2002 dengan ukuran yang lebih kecil dibanding Dmitriy Donskoy TK-208.


Itulah beberapa fakta tentang kapal selam terbesar di dunia milik angkatan laut Rusia. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Featured image source: Tumgir.com