10 Kebiasaan Aneh Orang Indonesia yang Bikin Wisatawan Mancanegara Geleng-Geleng Kepala

Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi pariwisata yang besar. Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga budaya yang beraneka ragam dan kuliner yang lezat. Itulah sebabnya Indonesia kerap didatangi wisatawan mancanegara yang penasaran dengan eksotisme negara ribuan pulau ini.

Namun, tidak hanya pemandangan dan budaya Nusantara saja yang mengundang decak kagum wisatawan. Indonesia juga dikenal dengan masyarakatnya yang ramah dan suka melakukan hal aneh.

Mungkin beberapa kebiasaan orang Indonesia bagi kita tidaklah aneh, tetapi bagi wisatawan mancanegara beberapa kelakuan warga +62 bikin geleng-geleng kepala. Sering kali mereka mengalami shock culture dengan tingkah ajaib orang Indonesia.

Apa saja sih kebiasaan aneh orang Indonesia yang bikin wisatawan mancanegara terheran-heran? Mari simak deretan kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh berikut ini.

Tisu Toilet untuk Tisu Makan

article image

Image source: kompasiana.com

Kamu pasti hampir selalu melihat tisu disiapkan di warung-warung makan. Namun kalau lebih diperhatikan, ternyata sebagian besar warung-warung lokal di Indonesia menyediakan tisu toilet untuk tisu makan. Orang Indonesia yang tidak biasa menggunakan tisu untuk di toilet beranggapan bahwa semua tisu sama saja.

Jadi tidak heran deh, kalau tisu toilet berbentuk gulungan dimasukkan ke dalam wadah tisu makan. Kita mungkin biasa saja ya melihatnya, tetapi wisatawan mancanegara suka geli melihat hal tersebut.

Bepergian dengan Kotak Kardus

article image

Image source: ekonomi.bisnis.com

Nah, kebiasaan yang satu ini mungkin pernah kamu lakukan. Umumnya orang akan membawa ransel, koper atau duffle bag ketika bepergian. Namun orang Indonesia suka banget kalau bepergian memakai kotak kardus untuk membawa barang.

Coba deh perhatikan, ketika kamu naik bus, kereta api, kapal laut sampai pesawat terbang, kardus selalu menjadi pilihan untuk membawa barang. Bahkan dalam perjalanan ke luar negeri pun, orang Indonesia lebih nyaman membawa barang dengan kardus, terutama untuk menyimpan oleh-oleh.

Berjongkok di Sepanjang Jalan

article image

Image source: hipwee.com

Bisa berjongkok adalah salah satu bakat alam orang Asia. Orang asing terkadang suka iri lho melihat orang Indonesia dengan santai berjongkok di mana pun. Usut punya usut, ternyata berjongkok merupakan hal yang sulit dilakukan oleh orang asing.

Mereka suka heran dengan kebiasaan orang Indonesia yang bisa berjongkok dalam waktu yang lama. Bahkan orang Indonesia melakukannya saat nongkrong di pinggir jalan, mengobrol santai, merokok atau ketika sedang menunggu seseorang.

Memakai Jaket di Siang Hari

article image

Image source: otojurnalisme.com

Salah satu dambaan wisatawan Indonesia saat datang ke
Indonesia adalah memiliki kulit tan atau kecokelatan. Indonesia sebagai negara tropis mendapat sinar matahari sepanjang hari dan wisatawan sering kali memanfaatkan hal tersebut dengan berjemur di pantai.

Nah, sebaliknya orang Indonesia takut kalau kulit menjadi gelap karena paparan sinar matahari. Jadi kita sering memakai jaket saat beraktivitas di luar ruangan. Hal tersebut bikin wisatawan mancanegara heran, kenapa harus memakai jaket saat cuaca panas? Bukankah hal tersebut akan membuat kita semakin kepanasan?

Membawa Barang Super Besar dengan Sepeda Motor

article image

Image source: today.line.me

Kebiasaan orang Indonesia yang satu ini sering banget bikin wisatawan mancanegara melongo. Kamu pasti setuju jika sepeda motor merupakan kendaraan multifungsi di Indonesia. Bagi orang Indonesia, segalanya bisa diangkut dengan sepeda motor, sebesar apa pun barangnya.

Tidak heran kalau kerap kali kita melihat pengendara sepeda motor dengan barang super besar di boncengan. Hal tersebut menjadi atraksi menarik bagi wisatawan mancanegara karena mereka tidak biasa melakukan hal tersebut. Sungguh skill yang luar biasa dari orang Indonesia ya.

Ngupil di Sembarang Tempat

article image

Image source: halodoc.com

Di beberapa negara, mengupil di sembarang tempat merupakan hal yang tidak sopan. Biasanya seseorang tidak akan mengupil di tempat umum yang bisa dilihat banyak orang.

Namun hal tersebut tidak berlaku di Indonesia. Di negara ini, kita bisa mengupil di mana pun. Kita tidak akan mendapat teguran apabila tertangkap basah sedang mengupil sembarangan.

Bergelantungan di Angkutan Umum

article image

Image source: antarafoto.com

Angkutan umum yang penuh sesak merupakan pemandangan yang umum di Indonesia. Lebih ekstremnya lagi, saking penuhnya terkadang penumpang harus bergelantungan di angkutan umum. Mereka akan memaksa naik daripada harus menunggu angkutan umum berikutnya.

Nah, hal tersebut suka bikin wisatawan mancanegara waswas dan ngeri. Bagi mereka kebiasaan tersebut benar-benar nekat dan mengancam keselamatan.

Cek artikel lainnya yang tidak kalah seru di bawah ini:

Artikel

Minum Es Teh dari Kantong Plastik

article image

Image source: tirto.id

Es teh merupakan salah satu minuman favorit orang Indonesia dan selalu tersedia di warung-warung makan. Es teh umumnya akan dibungkus dengan kantong plastik kalau kita ingin membawanya pulang, terus tinggal diseruput langsung deh!

Siapa sangka kebiasaan minum es teh dari kantong plastik merupakan hal yang aneh bagi wisatawan asing. Umumnya di luar negeri minuman dibungkus dengan menggunakan botol, cup atau kaleng.

Senang Membuat Singkatan

article image

Image source: tribunnews.com

Orang Indonesia memang senang membuat singkatan, bahkan boleh dibilang negara kita adalah negara penyingkat kata nomor satu di dunia. Kalimat apa pun bisa disingkat di Indonesia. Kita sudah biasa dengan nama instansi pemerintahan, nama tokoh publik dan bahasa pergaulan sehari-hari yang disingkat.

Kebebasan Berkendara

article image

Image source: yukepo.com

Wisatawan asing umumnya merasa bahagia ketika berkendara dengan sepeda motor di jalanan di Indonesia. Mereka ingin merasakan sensasi mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi, meliuk-liuk bahkan sengaja melewati genangan air untuk mendapatkan cipratan air.

Mereka akan melakukannya dengan antusias. Bagi mereka berkendara dengan sepeda motor di Indonesia merupakan hal yang menyenangkan dan cenderung lebih bebas. Orang bahkan dengan cuek berkendara sambil merokok dan naik motor bertiga bahkan berempat.


Itu tadi 10 kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh oleh wisatawan mancanegara. Tanpa kita sadari, ternyata tingkah masyarakat kita atau bahkan kita sendiri memang suka ajaib ya! Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: otosia.com