Kebiasaan Orang Jepang Yang Wajib Ditiru

Jepang adalah salah satu negara teramah dan terbersih. Di sana pula penduduk hidup lebih lebih lama dan awet muda dibandingkan penduduk di negara lain.

Para pekerja keran di Jepang, berhasil menjadi pebisnis ulung, dengan filosofi kerja yang diadopsi dari bisnis di seluruh penjuru dunia. Itu sebabnya, kita bisa meniru beberapa kebiasaan baik warga Jepang.

1. Peregangan Pagi

article image

Image source: trtworld.com

Tidak hanya sekolah, tempat kerja pun mewajibkan karyawannya untuk berolahraga setiap pagi. Setidaknya melakukan peregangan pagi sebelum memulai aktivitas. Semua dilakukan dengan arahan dan hitungan dari pemimpin.

Rutinitas pagi ini tak ayal membuat peredaran darah menjadi semakin bagus. Dan tentu saja itu menjadi aspek penting untuk kehidupan sehari-hari. Hasilnya mereka pun dapat hidup lebih lama dan awet muda.

2. Melepas Sepatu

article image

Image source: dmcc.com

Hingga kini orang Jepang masih menggunakan tradisi lama yakni melepas sepatu sebelum masuk rumah. Mengapa? Karena lantai rumah dilapisi tikar anyaman jerami yang disebut tatami. Tikar ini akan sobek apabila terkena sepatu.

Kebiasaan tersebut banyak kita jumpai saat menyaksikan film dan anime Jepang. Di sana mereka makan sambil duduk di tatami dan tidur di futon di atas tikar. Itu sebabnya lantainya harus selalu bersih dan tidak boleh diinjak sepatu.

3. Makan Rumput Laut

article image

Image source: favy.com

Orang jepang memang banyak mengonsumsi makanan laut, namun rumput laut adalah salah satu yang paling menonjol. Ada banyak bentuk berbeda dari rumput laut yang biasa dikonsumsi di negara sakura tersebut.

Kita banyak mengenal rumput laut dengan nori yang biasa digunakan untuk membungkus sushi dan ada pula yang dikeringkan untuk dijual dalam bentuk makanan ringan. Rumput laut mengandung banyak nutrisi baik seperti yodium, tembaga dan besi, antioksidan, protein, serat, serta lemak omega 3.

Tidak heran jika mereka menjadikan rumput laut sebagai makanan pokok bahkan sebagai pengganti camilan ringan.

4. Disiplin Waktu

article image

Image source: telegraph.co.uk

Sudah bukan kejutan jika di Jepang orang-orangnya sangat menghargai waktu. Semua transportasi berjalan sesuai jadwal. Hingga pernah ada kasus di mana kereta cepat di Jepang telat 2 menit saja dan kondektur memohon maaf pada seluruh penumpang. Apa kabar Indonesia ya?

Para kondektur kereta di sana begitu fokus dan selalu memastikan seluruh penumpang tidak terlambat. Itu adalah bentuk penghargaan waktu terbaik yang mungkin belum sepenuhnya bisa dilakukan oleh negara lain.

5. Makan Makanan Laut

article image

Image source: matcha.jp.com

Warga Jepang sangat memperhatikan asupan hariannya. Itu mengapa mereka banyak yang memiliki badan ideal, kuncinya pada pilihan makanan segar terutama makanan laut. Dalam sebuah penelitian, orang Jepang memiliki resiko penyakit jantung terendah di dunia dan memiliki riwayat kolesterol yang cukup sedikit.

Setidaknya, mereka mengkonsumsi makanan laut sekitar 3 ons dalam sehari, seperti ikan dan kerang tinggi protein dan rendah lemak. Makan makanan laut memberikan manfaat baik untuk kesehatan jantung, otak, dan emosional.

6. Mengonsumsi Teh Hijau

article image

Image source: nippon.com

Teh hijau merupakan salah satu minuman paling sehat dan orang Jepang telah menjadikannya minuman sehari-hari. Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang dapat mengurangi peradangan, melindungi sel dari berbagai jenis kerusakan yang memicu penyakit kronis, dan juga baik untuk menjaga metabolisme tubuh.

Mereka meminum teh hijau tanpa tambahan pemanis. Namun ada juga yang dibuat campuran smoothie, oatmeal, dan merah merah atau quinoa.

7. Makan Hanya 80%

article image

Image source: jpninfo.com

Ada sebuah pepatah Jepang menyebutkan “hara hachi bu” yang artinya makan sampai 80% kenyang. Dengan pola pikir tersebut, kamu dapat makan sampai merasa nyaman namun masih menyisakan sedikit ruang di perut.

Terlalu kenyang juga tidak baik untuk kesehatan. Bahkan orang cenderung cepat mengantuk ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan. Sebuah penelitian menyebutkan jika orang Okinawa yang menggunakan teknik makan ini memiliki umur lebih panjang dan tingkat penyakit yang paling rendah.

8. Makan dalam Porsi Kecil di Piring Kecil

article image

Image source: healtyline.com

Orang Jepang selalu menggunakan piring atau mangkuk kecil setiap makan. Piring kecil artinya lebih sedikit makanan dan lebih banyak variasi rasa. Mereka juga mengonsumsi makanan dengan jumlah yang tepat dan seimbang.

Dikatakan jika orang Jepang mengkonsumsi 30 makanan yang berbeda dalam sehari. Di mana makan itu mengandung karbohidrat, protein, vitamin, kalsium, dan manfaat lain yang baik untuk kesehatan.

Malls

Articles

Featured image source: rosaelyoussef.com