Kebiasaan Pagi yang Membuat Semangat Menjalani Hari

Lazimnya setiap orang punya serangkaian “ritual” di pagi hari sebelum mulai menjalani aktivitas. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sangatlah penting untuk membangkitkan mood agar tetap bersemangat sepanjang hari.

Hal ini tidak bisa dianggap sepele, karena jika seseorang berada dalam mood jelek sejak pagi hari, seringkali produktivitas terhambat dan kondisi pikiran menjadi tidak karuan. Jika kamu sering mengalaminya, kamu bisa coba mengubah kebiasaan pagi hari dengan 5 ritual pagi berikut ini:

1. Membereskan Tempat Tidur

article image

Image source: crownlinen.com

Meskipun terdengar sederhana, membereskan tempat tidur saat bangun pagi ternyata bisa bermanfaat untuk membuat kita tetap disiplin. Secara psikologis, membereskan tempat tidur akan menimbulkan rasa puas secara mental karena seseorang telah menyelesaikan tugas pertamanya di pagi hari, hal ini akan menjadi bekal penting untuk menjalani aktivitas-aktivitas selanjutnya.

2. Jangan Langsung Periksa HP

article image

Image source: The Guardian

Di zaman sekarang hidup kita sudah tak terpisahkan lagi dari gadget. Bahkan, saat pertama kali bangun di pagi hari, hal yang pertama kita cari adalah HP untuk memeriksa chat yang masuk dan media sosial. Namun, kebiasaan ini sebaiknya dihindari, setidaknya jangan langsung buru-buru cek HP agar kamu tidak merasa stres.

Pasalnya, kita seringkali dibombardir dengan berbagai informasi yang berpotensi menimbulkan rasa panik dan dihantui. Hal inilah yang membuat mood menjadi buruk di pagi hari. Akibatnya, keseharian kita menjadi terganggu.

3. Bangun Lebih Awal dan Berolahraga

article image

Image source: Wealthy Gorilla

Bangun lebih awal membuat kita memiliki lebih banyak waktu luang di pagi hari untuk berolahraga. Dengan berolahraga, kondisi fisik dan mental akan lebih siap menjalani hari. Cukup lakukan olahraga-olahraga ringan dan mudah dilakukan sendiri seperti yoga, jogging, atau gerakan-gerakan kalistenik seperti push up, pull up, squat jump, dan sebagainya. Lakukan kegiatan ini selama 15 sampai 30 menit saja. Olahraga pagi akan membantu melancarkan aliran darah dan menstimulasi tubuh untuk beraktivitas.

4. Mengisi Pikiran dengan Hal-Hal Positif

article image

Image source: Business 2 Community

Tanpa disadari, hal-hal yang kita pikirkan dan ucapkan di pagi hari bisa memberikan dampak besar bagi keseharian kita. Jika memang kamu sudah merasa tidak mood sejak bangun pagi, cobalah berdiri di depan kaca dan tatap diri sendiri. Ucapkan hal-hal positif di dalam hati kepada pantulan tersebut, bisa berupa afirmasi atau pernyataan-pernyataan optimis untuk diri sendiri. Dengan begitu, niscaya perasaan kita akan menjadi lebih positif.

5. Pastikan Agar Selalu Sarapan

article image

Image source: bbcgoodfood.com

Jangan anggap enteng urusan sarapan. Makanan-makanan yang kita santap di pagi hari berkontribusi untuk membuat tubuh sehat dan bersemangat. Tanpanya, tubuh akan merasa cepat letih dan kurang fokus dalam bekerja.

Kamu bisa mengonsumsi menu-menu sehat seperti sayuran hijau, makanan yang mengandung protein tinggi, lemak tak jenuh, dan sumber serat. Komposisi ini akan membuat tubuh merasa berenergi saat beraktivitas seharian. Kalau tidak ada cukup waktu untuk sarapan, solusinya bisa dengan mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan nutrisi lengkap seperti buah naga, atau oatmeal dengan campuran yogurt.


Nah, demikianlah 5 ritual pagi untuk membangkitkan semangat menjalani hari. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Mall

Artikel

Featured image source: irishtimes.com