5 Kebiasaan Puasa yang Dilakukan Oleh Anak Kos

Bagi kamu yang sudah pernah merasakan jadi anak kos tentu tidak heran dengan kehidupan sehari-hari anak kos. Terlebih lagi saat bulan puasa menjelang. Ini adalah momen yang sangat istimewa bagi seorang anak kos. Selain harus bisa belajar mandiri karena sudah pasti jauh dari orang tua, anak kos juga harus pandai dalam mengatur semua kehidupannya. Termasuk keuangan, cara merapikan kamar, menjaga kebersihan lingkungannya, dan banyak lagi. Terlebih lagi saat bulan puasa seperti sekarang, anak kos juga harus bisa bangun dini hari untuk makan sahur.

Belum lagi sebagai kamu juga harus bisa menjaga ibadah kamu dan menjalankan sholat lima waktu dan juga mengaji. Tentu saja antara hidup duniawi dan akhirat harus seimbang. Itulah beberapa tantangan untuk anak kos dan masih ada banyak lagi lainnya. Menghadapi bulan Ramadhan, anak kos tentu memiliki kebiasaan atau strategi sendiri agar puasa tetap bisa dijalani dengan santai dan istimewa meski jauh dari orang tua. Apa saja kebiasaan puasa ala anak kos ya? Yuk simak di bawah ini:

1. Sahur ala kadar namun mengenyangkan

article image

Source image: img-global.cpcdn.com

Meski hanya sepiring nasi yang harus dimakan bersama dengan teman kamu, dengan lauk kering tempe semua itu sudah cukup istimewa dan mengenyangkan. Bagaimana tidak, kalau kering tempe yang kamu makan ini sebenarnya kiriman dari keluarga kamu yang berada jauh di sana. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain mendapat kiriman paket dari orang tua. Entah itu paket makanan maupun paket baju.

2. Memilih untuk berbuka bersama di acara-acara sosial

article image

Source image: steemitimages.com

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan mulia. Kehadirannya sangat dinantikan dan bulan di mana semua amal ibadah dilipatgandakan. Banyak organisasi juga yang menggunakan momen istimewa ini untuk semakin mempererat tali silaturahmi dengan melakukan buka puasa bersama. Sebenarnya tidak harus menjadi salah satu anggota organisasi untuk bisa ikut buka bersama. Kamu sebagai anak kos yang mungkin sedang menunggu kiriman uang dari orang tua yang belum kunjung datang dan uang sudah semakin menipis, bisa juga ikutan di acara buka bersama seperti ini. Kamu akan mendapat jatah makan gratis atau setidaknya membayar setengah dari harga normal. Lumayan bukan?

3. Berbuka puasa bersama di masjid

article image

Source image: mmc.tirto.id

Kebiasaan ala anak kos yang tidak bisa dipungkiri saat keuangan semakin menipis adalah memilih untuk berbuka puasa bersama di masjid. Selain lebih nikmat karena berbuka dengan banyak orang, makanan dan minuman yang kamu dapatkan juga sepenuhnya gratis dari pihak masjid. Uang yang tersisa bisa kamu manfaatkan untuk keperluan yang lainnya.

4. Makan sahur gratis

article image

Source image: tribratanewsbengkulu.com

Di bulan penuh kemuliaan ini, pahala dilipatgandakan dan banyak orang berlomba-lomba dalam kebaikan. Berbagai cara dilakukan agar bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala. Di antaranya adalah membagikan makanan berupa nasi kotak secara gratis. Inilah kesempatan bagi anak kos agar bisa lebih berhemat dan tentunya sangat menolong sebagian anak kos yang sedang mengalami krisis keuangan. Kamu bisa mendapatkan nasi kotak gratis di masjid maupun di jalan raya. Biasanya ada beberapa komunitas yang membagi-bagikannya.

5. Mi instan jadi andalan

article image

Source image: cdns.klimg.com

Mi instan memang selalu menjadi menu andalan anak kos apa pun suasananya. Meski menurut beberapa sumber mengatakan bahwa mengonsumsi mi instan merupakan hal yang tidak baik, tapi hal ini menjadi satu-satunya solusi anak kos saat tidak memegang uang sepeser pun. Biasanya anak kos akan menyiapkan satu atau dua bungkus untuk jaga-jaga saat keadaan mendesak. Ada juga yang memang sudah niat menyiapkan satu kardus isi mi instan untuk persediaan. Contohnya seperti saat bulan puasa, kamu harus bangun untuk sahur.

Mungkin mi instan akan menolong kamu mengatasi perut yang keroncongan. Saat kamu tidak memiliki dapur dan perlengkapannya untuk memasak mi, kamu harus menggunakan rice cooker untuk memasak mi instan. Pengalaman yang sangat berharga untuk kamu ya!

Selain mi instan kamu juga bisa membuat pudding dengan cara yang mudah menggunakan rice cooker. Cukup mengenyangkan juga.

Cielov Silky Puding Powder Kemasan Ekonomis

article image

Beli Sekarang


Itulah tadi beberapa kebiasaan saat di bulan puasa yang biasanya dilakukan oleh anak kost. Apakah kamu pernah melakukan salah satu dari 5 kebiasaan di atas? Pasti pernah, ya! Cek dulu Gotomalls.com siapa tahu kamu bisa datang ke event-event yang diadakan di mal dan mendapatkan takjil gratis.

Products

Malls