Kegiatan Seru Sambil Menunggu Waktu Berbuka

‘Ngabuburit’ adalah istilah umum yang digunakan masyarakat Jawa Barat ketika melakukan aktivitas-aktivitas seru untuk menunggu waktu berbuka puasa. Dulu, orang-orang biasa ngabuburit dengan permainan-permainan tradisional seperti kelereng, layangan, hingga bermain meriam bambu.

Dengan kehadiran gadget canggih serta layanan-layanan hiburan berbasis aplikasi di masa sekarang, aktivitas ngabuburit sudah tidak lagi sama seperti dulu. Kini, orang-orang punya lebih banyak pilihan aktivitas seru meskipun hanya di dalam rumah, misalnya seperti 7 aktivitas ngabuburit berikut ini:

1. Bermain Game Arcade

article image

Image source: Indozone.id

Game arcade yang melibatkan kemampuan refleks dan strategi sudah terbukti ampuh untuk menyita perhatian penuh para pemainnya. Dalam kondisi seperti ini, otomatis rasa lapar dan dahaga tidak akan begitu terasa.

Kamu bisa mencoba berbagai permainan arcade melalui smartphone. Di Google Play Store maupun App Store, tersedia banyak sekali pilihan game arcade yang menawarkan gameplay seru yang cocok untuk ngabuburit.

2. Maraton Film Serial

article image

Image source: wingtips.org

Selain bermain game mobile, nonton film serial juga bisa menjadi pilihan seru untuk menunggu waktu berbuka puasa. Jika kamu berlangganan layanan-layanan streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney Plus, dan layanan sejenis lainnya, kamu bisa tamatkan serial favorit yang sedang diikuti.

Tapi, kalau kamu masih belum menemukan tontonan yang menarik, kamu bisa coba judul-judul serial yang memiliki rating tinggi seperti The Queen's Gambit, BoJack Horseman, Stranger Things, Dark, The Umbrella Academy, atau serial Start-Up yang sempat trending beberapa waktu terakhir.

3. Berburu Promo dan Diskon Belanja

article image

Image source: mdhearingaid.com

Selama bulan Ramadhan dan menjelang momen Idul Fitri, ada banyak promo dan diskon belanja yang selalu bermunculan di berbagai tempat. Kamu bisa manfaatkan peluang ini untuk memenuhi kebutuhan belanja sambil menunggu waktu adzan Maghrib!

Berburu promo dan diskon belanja seringkali menjadi aktivitas yang mengasyikan. Kamu bisa coba kunjungi situs-situs brand favorit untuk mencari tahu penawaran yang tersedia, dan jangan lupa cek penawaran khusus di pusat-pusat perbelanjaan melalui layanan online.

4. Belajar Masak dan Mencoba Resep Baru

article image

Image source: detikFood

Bulan puasa adalah saat yang tepat untuk belajar masak dan mencoba berbagai resep baru. Karena selama momen ini, orang-orang lebih mendambakan menu masakan yang variatif dengan cita rasa istimewa dibanding bulan-bulan biasa.

Cukup dengan mengandalkan gadget dan koneksi internet, kamu bisa menemukan berbagai tips belajar masak yang menarik dan mencari resep-resep baru di situs memasak.

5. Membaca Novel

article image

Image source: Tokopedia

Pilihan aktivitas ngabuburit seru lainnya adalah membaca buku novel, baik melalui situs online maupun buku novel fisik. Momen ini bisa menjadi saat sempurna untuk mengeksplorasi pengalaman membaca dengan topik-topik yang lebih fresh.

Pilihlah judul novel yang sedang ramai dibicarakan seperti Kisah Tanah Jawa: Tikungan Maut, Rapijali, #Temantapimenikah (Living In A Campervan), atau Bukan Buku Nikah yang menjadi salah satu buku bestseller nasional di awal tahun 2021.

6. Berkebun

article image

Image source: Garden Gate Magazine

Jika di rumah terdapat lahan tanah kosong yang tidak terpakai, kamu bisa memanfaatkannya sebagai kebun pribadi. Kegiatan berkebun sempat menjadi tren beberapa waktu terakhir, ada banyak jenis tanaman cantik yang bisa kamu tanam sendiri di rumah sambil menunggu waktu berbuka puasa.

7. Membuat Kerajinan Tangan

article image

Image source: Mancrates.com

Selain berkebun, membuat kerajinan tangan di rumah juga bisa menjadi pilihan aktivitas ngabuburit. Aktivitas ini bisa mengasah kreativitas yang menyenangkan. Kamu bisa coba membuat ornamen hiasan ruangan, aksesori, atau barang fesyen.

Menariknya lagi, hasil kerajinan tangan yang kita buat bisa menjadi ide bisnis sampingan selama bulan Ramadhan. Tertarik untuk mencoba?


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Malls

Articles

Featured image source: Theguardian.com