Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Pinjaman online atau sering disingkat pinjol saat ini tengah marak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat. Platform keuangan digital ini bak solusi di tengah seretnya perekonomian. Tidak lain karena pinjaman online ini memberikan layanan kredit dengan begitu mudah yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh pinjaman konvensional.

Belakangan fintech makin berkembang dan juga menawarkan jasa pinjol. Yang dilayani bahkan dari berbagai lapisan. Mulai kalangan bawah hingga kalangan atas. Namun benarkan pinjaman online jadi solusi keuangan saat ini?

Berikut ini kelebihan dan kekurangan pinjaman online yang harus kamu tahu sebelum memutuskan untuk berhutang.

Kelebihan Pinjaman Online

article image

Image source: manajemenbank.com

Banyak alasan yang membuat kita mudah tergiur dengan kemudahan pinjaman online. Yang masih awam dengan pinjaman online ada baiknya untuk memahami apa saja kelebihan pinjol daripada pinjaman konvensional berikut ini.

  1. Proses Mudah

Semua yang serba digital saat ini memang mempermudah kita termasuk pinjaman online. Pinjol dikenal memiliki proses pengajuan super mudah. Semua dilakukan secara online tanpa harus survey layaknya pinjaman konvensional.

Modalnya cuma dua, gadget dan internet. Selanjutnya kamu hanya perlu menyiapkan beberapa data tambahan dan jika berhasil uang pun cair.

  1. Dana Langsung Cair

Alasan lain yang membuat pengguna pinjol makin banyak karena dana yang mereka ajukan langsung cair. Dalam banyak kasus pencairan dana cukup instan mungkin hanya hitungan jam setelah proses pengajuan disetujui.

Jadi untuk mereka yang membutuhkan uang mendadak, pinjol dapat diandalkan, Instannya pencairan ini juga ditunjang dengan kelengkapan dokumen yang disiapkan oleh calon peminjam.

  1. Syarat Mudah

Seperti namanya online, syarat dan dokumen yang diminta pun dapat dikirim secara online. Dan lagi dokumen yang diminta tidak terlalu ribet.

Kebanyakan, aplikasi pinjaman online hanya meminta syarat berupa data pribadi seperti KTP, NPWP, dan slip gaji. Kemudian peminjam akan diminta untuk foto dengan foreground KTP. Syarat semudah inilah yang belum dimiliki oleh pinjaman konvensional.

  1. Pinjam untuk Apapun Bisa

Jika di bank kita hanya diperbolehkan pinjam untuk sesuatu yang sifatnya besar. Seperti KPR (kredit Pemilikan Rumah), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor, dan KUR (Kredit Usaha Rakyat. Sedangkan di pinjol kamu bebas menggunakan uang untuk keperluan apapun termasuk untuk beli baju.

Kekurangan Pinjaman Online

article image

Image source: daya.id

Meski pun kemudahan yang diberikan sangat menggiurkan, tetap saja ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat menggunakan pinjaman online.

  1. Bunga Harian

Tidak seperti pinjaman konvensional, pinjol menerapkan bunga harian yang tentu saja dapat membengkak ketika kamu telat membayar pinjaman berhari-hari. Mungkin akan terasa aman ketika kamu meminjam dengan tenor yang singkat. Namun bagaimana jika kamu mengambil tenor jangka panjang yang memakan waktu berbulan-bulan? Bisa jadi jumlah bunga lebih besar daripada nilai pinjamannya.

  1. Plafon Pinjaman Dibatasi

Apa yang bisa didapat dengan mudah memang hasilnya kadang tidak seindah yang kita inginkan. Seperti halnya plafon yang diberikan pinjol.

Dengan syarat yang super simpel, pemberi layanan pinjaman online biasanya membatasi plafon atau limit kredit. Jumlah pinjaman kebanyakan tidak lebih dari Rp 10 juta. Sedangkan pinjaman konvensional dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Kenapa dibatasi? Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko kerugian penyedia jasa keuangan digital saat nasabah tidak mampu melunasi cicilan.

  1. Batas Pelunasan Singkat

Bunga harian, plafon terbatas, dan tenor pun cukup singkat. Layanan pinjaman online kebanyakan hanya memberi tenor di bawah 6 bulan atau biasanya kelipatan 3 bulan.

Tenor semakin panjang maka makin banyak pula bunga yang diberikan si pemberi layanan online. Itu mengapa peminjam harus bijak dalam memilih tenor agar kamu tidak terburu-buru atau malah tekor karena bunga yang membengkak. Cukup gunakan pinjol sesuai kebutuhan dan kemampuan untuk membayar.

Setelah mengetahui keuntungan dan kekurangan pinjaman online, kini kamu bisa memutuskan apakah sebaiknya pinjam online atau menahan diri dan menabung semampunya untuk kebutuhan mendesak. Saat harus melakukan pinjaman online perlu kamu ingat jika pinjam sesuai kemampuan dan bayar cicilan tepat waktu agar bunga tidak semakin berkembang.

Mall

Artikel