Kelebihan dan Kekurangan HarmonyOS

Akhirnya Huawei resmi merilis sistem gadgetnya sendiri yang diberi nama HarmonyOS. Itu artinya perusahaan teknologi raksasa asal China ini tidak akan lagi mengandalkan sistem Android. Banyak ahli mengklaim jika HarmonyOS bisa saja menjadi ekosistem terpadu yang lebih baik daripada iOS maupun Android.

HarmonyOS Huawei dipamerkan pada acara peluncurannya pada 2 Juni lalu. Pengembang smartphone China ini merilis demo langsung dari sistem operasi. Kemudian mereka juga menunjukkan bagaimana sistem baru ini berjalan di tablet, jam pitar, earbud, dan banyak lagi gadget lain.

Untuk lebih lengkapnya berikut ini gambaran dari HarmonyOS yang diklaim lebih baik daripada sistem smartphone iOS dan Android.

Kelebihan Sistem HarmonyOS

article image

Image source: echvisibility.com

Apa yang membuat HarmonyOS menjadi lebih hebat dari perangkat pendahulunya? Itu karena sistem tersebut menggunakan teknik strategi 1+X+N, yang artinya berbeda dengan iOS dan Android.

Huawei menegaskan jika sistem barunya bukanlah salinan dari Android karena semua perangkatnya menjalankan sistem operasi yang sama. Dan sistem operasi ini dikatakan mampu beradaptasi di berbagai jenis perangkat dengan sempurna.

Dengan menggunakan HarmonyOS kamu akan mendapatkan berbagai kelebihan berikut ini:

Sistem navigasi yang lebih lancar
Bentuk konektivitas yang mulus
Koneksi perangkat yang lebih baik (menyambung ke smartphone, jam tangan pintar, laptop, airbud, dan sebagainya)
Serta sistem baru Huawei ini juga dapat membantu pengguna mengerjakan tugas online dengan lebih efisien.

Kekurangan Sistem HarmonyOS

article image

Image source: techvisibility.com

Meskipun ini adalah perangkat baru namun beberapa ahli mengkhawatirkan jika sistem smartphone baru ini dapat menyebabkan masalah. Seperti:

Pengguna sistem operasi baru ini harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan manfaat penuh
Gadget tidak berfungsi dengan baik ketika terlalu banyak perangkat yang terhubung satu sama lain.

Namun begitu, memang belum ada sebuah jurnal yang membahan masalah pekik dari HarmonyOS ini. Seperti halnya perangkan pendahulunya Android dan iOS, pasti memiliki kelemahan yang mungkin saja tidak terlalu menimbulkan masalah.

Malls

Articles

Featured Image Sources: harmonyos.com