Kelebihan iPhone

Semua smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi jika ingin membeli gawai baru, mungkin kamu akan memilih antara iPhone atau Android.

Iya, kedua jenis sistem operasi smartphone ini adalah yang paling diminati. Meski jumlah penjualan iPhone hingga kini belum juga terkalahkan.

Berdasarkan laporan dari perusahaan analisa Omdia, Apple iPhone 11 pada tahun 2020 masih jadi smartphone terlaris dan terjual lebih dari 37,7 juta unit di tengah tahun pertama.

Pertanyaan besarnya adalah, apa kelebihan iPhone dibandingkan Android? Dan berikut ini 8 kelebihan iPhone yang tidak akan kamu dapatkan di smartphone lainnya.

1. Konsistensi dan Kemudahan Penggunaan

article image

Image source: httech.com

Meski smartphone Android telah berusaha keras mengeluarkan berbagai tipe baru yang lebih baik, tapi iPhone tetap menjadi gawai termudah untuk digunakan.

Berkat tampilan interface-nya yang simpel dan sederhana di berbagai gawai milik Apple, iPhone akan terasa lebih mudah dioperasikan.

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2008, semua menu aplikasi iPhone langsung diletakkan di layar utama tanpa perlu menekan tombol tambahan. Cara ini yang banyak dikagumi pengguna iPhone.

Dan sejak awal kemunculan iPhone, tampilannya tidak banyak berubah, tentu saja itu jadi salah satu kelebihan iPhone hingga saat ini.

iPhone selalu memastikan semua aplikasi berfungsi dengan baik seperti yang diinginkan Apple.

Meski ada beberapa perbaikan yang dilakukan iPhone, smartphone ini masih sangat mudah dipelajari ketimbang Android.

2. iPhone Memiliki Sistem Pengamanan yang Baik

article image

Image source: malwarebytes.com

Kelebihan iPhone dibandingkan Android berikutnya adalah tentang keamanan.

Jika kamu adalah tipe pengguna ponsel untuk mengakses email, sosial media, masuk ke aplikasi bank, mengirim teks, menyimpan kontak, menyimpan foto, dan lain sebagainya maka keamanan harus jadi perhatian utamanya.

Mengapa? Karena data tersebut dapat dengan mudah dibobol dan berpotensi membahayakan pengguna.

Dalam sebuah kasus yang diselidiki oleh agen FBI mengungkapkan jika ketika seseorang memiliki iPhone dan ingin meretas, maka mereka butuh bantuan peretas yang sangat terampil untuk dapat membobol kode keamanan guna mencuri data.

iPhone bahkan pernah mengklaim jika gawai mereka kebal terhadap virus atau perangkat lunak yang bisa meretas data di dalamnya.

Sebuah laporan yang dilakukan Pulse Secure tahun 2014 menunjukkan hasil jika 97% malware menargetkan pengguna Android.

3. Pengguna iPhone Dapat Memperbarui iOS Kapanpun Kamu Mau

article image

Image Source: forbes.com

Kelebihan iPhone selanjutnya adalah dapat memperbarui iOS di iPhone kapanpun kamu mau.

Bahkan untuk tipe yang sudah lama sekali pun masih bisa di-update.

Menurut laporan terbaru, sekitar 80% perangkat iOS telah menjalankan iOS 13 - versi terbaru dari OS Apple sementara Google melaporkan bahwa Android Nougat baru diakses oleh 4,9% pengguna Android.

Dengan begitu kebanyakan pengguna Android masih menjalankan Android versi lama.

4. iPhone Anti Bloatware

article image

Image Source: mytechnology.com

Tidak seperti Android yang memiliki banyak bloatware, iPhone justru sebaliknya. Itu mengapa storage space iPhone tidak penuh dengan file yang tidak penting.

Apa itu bloatware? Bloatware merupakan aplikasi bawaan yang telah terpasang secara otomatis dalam smartphone oleh pihak manufaktur.

Itu mengapa kelebihan iPhone ini juga jadi salah satu yang dielu-elukan.

Pada iOS pengguna dapat uninstall aplikasi yang tidak mereka butuhkan. Sedang di Android pengguna tidak bisa meng-uninstall aplikasi bawaan.

5. iPhone Lebih Cepat daripada Android

article image

Image source: shiftdalete.net

Semua pengguna iPhone meyakinkan jika ponsel pintar mereka tidak mengalami gangguan atau perlambatan meski telah digunakan bertahun-tahun.

Performa iPhone itulah yang menjadi satu daya tarik Apple yang belum dimiliki oleh Android.

Mungkin hal ini terlihat aneh meski jika melihat dari sisi RAM, produk iPhone kalah lebih besar dari keluaran Android.

Akan tetapi jika sudah digunakan, produk iPhone selalu menunjukkan performa tercepat dan mengalahkan RAM lebih besar yang dimiliki Android.

6. Nilai Jual iPhone

article image

Image Source: coinspeaker.com

Kelebihan iPhone berikutnya juga tak kalah menggiurkan. Karena telah banyak pengguna yang membuktikan jika iPhone cenderung memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan Android.

Tak hanya itu, menjual iPhone juga jauh lebih mudah dari pada Android.

Meskipun beberapa perangkat Android juga memiliki nilai yang cukup baik, dengan catatan itu adalah seri tertinggi.

7. Kualitas Kamera

article image

Image source: iso1200.com

Kecepatan sudah, kemudahan operasional sudah, sistem keamanan sudah, lalu tentu saja ada kameranya yang super bening.

Kamera yang dimiliki iPhone adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Meski kini banyak produsen Android telah menyempurnakan kamera pada smartphone keluarannya, namun iPhone masih berada pada deretan ponsel dengan kamera terbaik.

Hasil jepretan iPhone tidak pernah berbohong, jernih, tajam, dan tidak berbeda meski dibuka lewat perangkat lain.

8. Antar Perangkat Bekerja dengan Baik (Mac dan iPhone)

article image

image source: support.com

Jika seseorang telah memiliki iPhone biasanya untuk perangkat lain misalnya Tab dan laptopnya pun akan memilih dari brand Apple.

Masuk akal, karena perangkat keluaran Apple ini bekerja dengan baik dan saling mendukung. Bahkan fitur-fiturnya bisa terkoneksi satu sama lain dengan mudah.

Jika kamu memiliki Mac, kamu dapat mulai mengerjakan catatan di iPhone dan merevisinya ke Mac tanpa harus colok ini itu.

Selain itu, kamu juga dapat mengirim atau menerima pesan dari Mac meskipun iPhone mu berada 10 kilometer jauhnya atau bahkan dimatikan.

Apakah Android bisa melakukannya? Tentu belum bisa hingga kini.

Untuk mentransfer foto. kamu juga tidak perlu mencolokkan kabel ke Mac.

Aktifkan saja AirDrop dan kamu bisa bebas mentransfer foto, video, dan dokumen dengan mudah. Asalkan masuk dalam jaringan Wi-FI yang sama.

Tentunya masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan dengan mudah ketika memiliki iPhone dan Mac. Karena keduanya bisa tersinkronisasi dengan mudah tanpa perantara.


Para pengguna smartphone, itu tadi 8 kelebihan iPhone dibandingkan Android. Pasti setelah membaca ini kamu jadi makin tertarik untuk segera menggunakan iPhone.

Jangan lupa untuk menyimak info dan tips kecantikan terbaru lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa membeli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Products

Malls

[[articles ]]

Featured image source: businessinsider.com