Berbagai Jenis Spa dan Manfaatnya Untuk Perawatan Tubuh

Spa adalah satu dari sekian treatment relaksasi terbaik yang sudah menjadi favorit masyarakat perkotaan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Selain bisa meningkatkan mood, menghabiskan libur akhir pekan dengan melakukan spa tentunya akan mendatangkan sejumlah manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua spa bisa memberikan efek yang sama. Setiap jenis spa memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda baik dari segi kecantikan atau kesehatan. Supaya kamu tidak salah pilih, sebaiknya kamu simak dulu jenis-jenis spa dan manfaatnya berikut ini!

Destination Spa

article image

Image source: tribunnews.com

Destination spa umumnya terdiri dari program khusus yang tidak hanya menawarkan treatment relaksasi, tapi juga memberikan edukasi kesehatan, aktivitas fisik, tips menu makan sehat, dan lain-lain. Spa ini dirancang untuk memberikan peremajaan secara holistik dan bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Destination spa merupakan pilihan yang ideal untuk melakukan relaksasi secara total diikuti dengan pola makan sehat. Untuk mendapatkan perawatan menyeluruh, beberapa layanan destination spa akan membutuhkan waktu lebih dari satu hari. Oleh karenanya, spa jenis ini lebih banyak dijumpai dalam paket-paket liburan dan akomodasi wisata eksklusif.

Day Spa

article image

Image source: greatonehealth.ca

Day spa adalah jenis spa yang paling mudah dijumpai, biasanya spa ini terdapat di salon-salon kecantikan atau pusat relaksasi. Prosesnya pun tidak sampai menghabiskan waktu lebih dari satu hari seperti destination spa.

Day spa bermanfaat untuk treatment berkala karena jenis-jenis perawatannya lebih praktis. Beberapa macam perawatan yang bisa kita dapat dari layanan day spa yaitu manicure, pedicure, facial, body massage, dan scrubbing.

Medical Spa

article image

Image source: skinworksmed.com

Layanan spa pada umumnya menggunakan tenaga terapis profesional yang sudah terlatih di bidang kecantikan, tapi khusus untuk perawatan medical spa dilakukan oleh para staf medis berlisensi. Medical spa memang tidak seperti layanan spa biasa, karena layanan ini bertujuan untuk merawat sekaligus meremajakan tubuh melalui prosedur medis.

Medical spa juga biasanya akan melibatkan alat-alat medis. Contoh perawatan yang ditawarkan oleh layanan ini adalah suntik botox, laser hair removal, pengangkatan keriput pada wajah, dan berbagai jenis perawatan dengan bahan-bahan kimiawi.

Health Spa

article image

Image source: iskanocha.net

Hampir sama seperti medical spa, hanya saja health spa lebih berfokus untuk merawat kesehatan secara keseluruhan dan biasanya dilakukan di tempat-tempat yang sangat tenang dan jauh dari keramaian. Layanan health spa juga sama-sama ditangani oleh terapis-terapis berpengalaman di bidang medis dan kecantikan.

Resort Spa

article image

Image source: susansparesort.com

Resort spa adalah sebuah layanan spa yang ditawarkan oleh sebuah resort atau hotel. Layanan resort spa memang disediakan khusus sebagai fasilitas pendukung untuk memanjakan para tamu hotel atau resort.

Pilihan treatment yang terdapat dalam spa ini biasanya bertujuan untuk memulihkan kebugaran tubuh dan mental. Beberapa di antaranya adalah body massage, body scrub, body masker, bath therapy, foot & hand massage, dan masih banyak lagi.

Mineral Spring Spa

article image

Image source: getyourguide.com

Walaupun sebagian besar spa memang sudah menggunakan bahan-bahan alami, tapi kalau kamu masih ragu dan menginginkan perawatan spa yang benar-benar 100% alami, cobalah layanan Mineral Spring Spa.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, spa ini juga menawarkan perawatan hidroterapi menggunakan air yang berasal dari sumber mata air alam. Perawatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah, relaksasi otot, dan menjaga kebugaran secara menyeluruh.

Ayuverdic Spa

article image

Image source: goldenoaksspa.com

Ayuverdic Spa merupakan sebuah perawatan pembersihan secara keseluruhan pada tubuh, pikiran, dan mentak. Ayuverdic Spa sendiri berasal dari praktik Ayuverda, yaitu ilmu kesehatan kuno India yang sudah dikenal selama ribuan tahun.

Manfaat perawatan ini pun sangat luas, meliputi penyembuhan tubuh dan mental, meningkatkan sistem imun, meredam stres dan gangguan pikiran lainnya, menyeimbangkan energi tubuh, hingga membersihkan tubuh dari berbagai residu dan racun, baik dari dalam ataupun dari luar.

Airport Spa

article image

Image source: realdeals.eu.com

Airport spa sebenarnya tidak begitu jauh berbeda seperti resort spa, yaitu semacam fasilitas pendukung yang disediakan bandara atau maskapai penerbangan untuk meningkatkan kenyamanan para penumpang.

Layanan ini biasanya disediakan sambil menunggu panggilan boarding di bandara. Pada umumnya, layanan yang tersedia berupa kursi pijat dan terapi oksigen dengan durasi selama 15 – 30 menit.


Itulah beberapa jenis spa dan manfaatnya untuk perawatan tubuh. Setiap jenis perawatan memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan yang dicari. Tentukan kebutuhanmu agar bisa memilih layanan spa yang tepat!
Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan informasi dan tips menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source:o2spa.org