Kesalahan Menggunakan Softlens

Softlens makin populer karena mudahan dan nyamanan ketika digunakan. Tidak berembun ketika terkena uap dan tentu saja membuat penampilan semakin keren.

Namun tahukah kamu jika masih banyak pengguna softlens yang abai akan kebersihan. Akibatnya, mereka terkenal infeksi mata ringan hingga kemungkinan cedera permanen. Tentu kamu tidak ingin seperti itu bukan?

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan softlens dengan sangat berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan. Di bawah ini 7 kesalahan menggunakan softlens yang mungkin kamu lakukan dan harus dihindari sejak dini.

1. Lupa Melepas Softlens Saat Tidur

article image

Image source: contactdirect.com

Kasus ini sangat sering terjadi dan disepelekan. Padahal akibatnya cukup fatal. Tidur dengan menggunakan softlens dapat meningkatkan resiko infeksi kornea mata.

Ketika kamu lupa untuk melepas softlens saat tidur, enzim dan antibodi yang melindungi permukaan mata membutuhkan oksigen untuk melawan kuman. Ketika kamu terpejam di malam hari, suplai udara akan berkurang dan memakai kontak lens dapat menutupi jaringan mata, akibatnya oksigen semakin sedikit. Itu yang kemudian menyebabkan mata ruam hingga kemerahan.

2. Memasang dan Mencopot Softlens dengan Jari yang Kotor

article image

Image source: fahrentheitindonesia.com

Tangan adalah sumber kuman dan penyakit. Apabila kamu lupa tidak mencuci tangan sebelum menggunakan dan melepaskan softlens kemungkinan lensa akan terkontaminasi kotoran yang ada di tangan. Jika parah bisa menyebabkan infeksi dan kemerahan.

3. Tidak Membersihkan Softlens

article image

Image source: kimini.id

Menggunakan larutan lensa saja tapi tidak digosok ternyata juga dapat berakibat buruk. Setidaknya gosok softlens secara perlahan dengan menggunakan cairan lensa untuk menghilangkan kuman. Setelah digosok biarkan lensa berendam semalaman pada cairan lensa bersih untuk menghilangkan sisa kotoran yang mungkin terlewatkan oleh jari kita.

4. Menggunakan Softlens Setelah Merias Wajah

article image

Image source: klikdokter.com

Memakai riasan atau makeup saat menggunakan softlens terbilang lebih aman dari pada kamu menggunakannya setelah make up. Hal ini untuk mencegah masuknya komponen residu dalam lensa yang akhirnya menyakiti mata.

Kamu juga perlu berhati-hati saat menggunakan riasan di area mata. Bahan kimia yang terkandung dalam make up bisa saja menyebar dan masuk ke mata.

5. Menggunakan Softlens yang Sudah kadaluarsa

article image

Image source: elevenia.com

Saat membeli softlens, penjual biasanya akan memberi petunjuk rentan waktu penggunaannya. Ada yang hanya bisa digunakan selama 1 hari, 1 bulan, 3 bulan, hingga 6 bulan. Petunjuk tersebut wajib kamu ikuti agar mata kita terhindar dari iritasi karena menggunakan produk yang sudah kadaluarsa.

Pilih softlens dengan rentang waktu terpendek untuk meminimalisir penumpukan kuman di dalamnya. Dan jika kamu lupa serta menyimpannya terlalu lama, jangan digunakan kembali. Kemungkinan lensa itu sudah mengalami penumpukan bakteri.

6. Menggunakan Softlens Terlalu Lama

article image

Image source: okezone.com

Tidak seperti kacamata yang boleh saja dipakai beberapa lama, softlens memiliki tenggang waktu pemakaian. Wajarnya satu kali pemakaian dalam sehari maksimal 8 jam, lebih dari itu mata akan terasa lelah dan kering.

Saat akhir pekan kamu bisa istirahatkan mata untuk tidak menggunakan softlens. Biarkan mata kamu bernafas dan jika ingin tetap jelas melihat sesuatu gunakan kacamata sebagai penggantinya.

7. Mandi dan Berenang dengan Softlens

article image

Image source: wellgood.com

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika menyarankan untuk tidak menggunakan softlens ketika mandi ataupun berenang. Jika sampai salah mata bisa terinfeksi akibat amuba yang disebut Acanthamoeba, serta jenis infeksi lainnya.

Waspadalah terhadap air keran juga. Bakteri dan parasit dalam air dapat tersangkut di bawah lensa terutama di tempat berkembang biak seperti bak mandi air panas dan kolam renang.


Demikianlah daftar kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan softlens. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: alodokter.com