Keterampilan yang Harus Dipelajari Sejak Dini

Keterampilan hidup adalah salah satu pelajaran sangat berharga untuk kita di sepanjang masa. Sayangnya masih banyak anak yang belum mendapatkan keterampilan ini sejak dini. Karena jika terlampau dewasa, mereka akan lebih susah untuk berkembang.

Apa saja ya kira-kira keterampilan yang perlu dipelajari sejak dini? Berikut ini 7 diantaranya.

1. Membuat Keputusan

article image

Image source: verrywellfamily.com

Ternyata mengajarkan anak membuat keputusan sejak dini sangat diperlukan. Mulai dengan hal dasar, seperti menanyakan kepada mereka ingin makan apa hari ini, kue coklat atau stroberi, baju atau mainan baru, dan sebagainya. Dengan begitu, ketika anak mulai mencapai usia dewasa mereka dapat mulai belajar tentang membuat keputusan untuk dirinya sendiri.

2. Kebersihan

article image

Image source: momjuction.com

Belajar tentang kebersihan dan kesehatan baiknya juga dimulai dari dini. Dalam kesibukan sehari-hari, usahakan untuk mengajari anak mandi tepat waktu, menggosok gigi sebelum tidur, mengganti pakaian, membersihkan tempat tidur, dan jangan lupa beri alasan mengapa mereka harus melakukannya.

Katakan pada mereka jika kesehatan dan kebersihan penting untuk hari-hari kedepan mereka. Ketika anak telah belajar ketrampilan ini, dari waktu ke waktu mereka akan sangat peduli akan kebersihan dan kesehatan. Kuncinya jangan lelah untuk membentuk kebiasaan baik, jangan menyerah untuk selalu mengingatkan mereka.

3. Manajemen Waktu

article image

Image source: mdc.sch.id

Pasti kita menyadari betapa pentingnya manajemen waktu untuk menjaga semua kegiatan berjalan sesuai rencana. Tapi bukan hanya saat dewasa kita perlu belajar manajemen waktu, sejak kecil pun perlu diterapkan.

Ini bukan hanya tentang mengajari anak mengukur waktu, namun pada tugas dan menjaga jadwal sehari-hari. Ketrampilan ini akan membantu mereka jadi ahli dalam mengatur rencana kedepan agar tak keluar dari jadwal yang telah ditentukan. Bekerja tepat waktu pasti sangat menyenangkan bukan?

4. Manajemen Keuangan

article image

Image source: moneycashier.com

Yang ini juga tidak kalah penting dari keterampilan sebelumnya. Mengajari anak-anak berhitung mungkin sudah biasa, namun bagaimana dengan menabung dan mengatur keuangan mereka?

Saat ini pengelolaan uang jadi masalah yang banyak dihadapi oleh orang dewasa. Dan kini saatnya kamu merubah pola buruk tersebut dan mulai mengajari anak mengatur uang mereka. Seperti belajar menabung, membelanjakan uang dengan bijak, memberikan sedikit uang untuk orang yang membutuhkan, dan mungkin investasi hal-hal sederhana.

5. Tanggung Jawab

article image

Image source: parenting.firstcry.com

Sadar atau tidak, rasanya lebih mudah bagi orang dewasa untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah sendiri, padahal ini adalah kesempatan untuk orangtua dan anak saling membantu. Misalnya anak memiliki tanggung jawab untuk membersihkan mainannya sendiri atau merapikan lemari bajunya.

Sejak dini mereka perlu tahu bagaimana caranya bertanggung jawab atas apa yang mereka perbuat dan lakukan. Ajari pula mereka untuk bertanggung jawab atas perbuatannya. Hal-hal sederhana dari rumah itu kelak akan membentuk karakter mereka.

6. Berani Berbicara

article image

Image source: todaysparent.com

Mengajari mereka membaca tentu berbeda dengan mengajari mereka berkomunikasi. Kebanyakan orang tua mengambil alih semua kesempatan kecil yang seharusnya anak-anak bisa melakukannya. Seperti mengajari anak berani berkomunikasi dengan orang lain. Memesan makan di restoran misalnya, biarkan mereka memesan sendiri apa yang dia inginkan.

Seiring berjalannya waktu kebiasaan sederhana ini akan membentuk rasa percaya diri. Anak akan memiliki keberanian dalam berkomunikasi sehingga ketika saatnya tiba dia bisa mengungkapkan apa yang ingin dia katakan. Pun dalam mengikuti pembelajaran di sekolah, mereka juga akan sangat dimudahkan dengan ketrampilan ini.

7. Peduli Terhadap Lingkungan dan Makhluk Hidup lainnya

article image

Image source: eatingwell.com

Anak-anak suka menjadi penolong dalam berbagai hal. Termasuk untuk lingkungan sekitar dan makhluk hidup lainnya. Tugas sederhana termasuk mengganti tisu toilet, membuang sampah, menyiram tanaman, dan memberi makan hewan peliharaan akan sangat mempengaruhi kepekaan mereka.

Mereka dapat belajar banyak hal dengan lingkungan sekitar. Belajar melindungi dan menyayangi lingkungan serta makhluk hidup lainnya. Tidak salah jika kita membelikan anak-anak tanaman sendiri atau hewan peliharaan yang mereka sukai.

Malls

Articles

Featured image source: parentmap.com