Kelebihan Windows 11

Microsoft telah resmi meluncurkan Windows generasi terbaru pada Juni 2021, yaitu Windows 11. Penerus dari Windows 10 ini hadir dengan tampilan yang baru dan memiliki sejumlah keunggulan.

Pada versi sebelumnya, Microsoft juga telah mendulang kesuksesan berkat 1,3 miliar pengguna yang melakukan instalasi Windows 10 sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2015.

Nah, kali ini pengguna Windows perlu mengetahui beberapa keunggulan Windows 11 dibanding generasi sebelumnya. Berikut ulasannya:

1. Tampilan Baru yang Lebih Modern & Minimalis

article image

Image source: tekno.kompas.com

Tampilan Windows kali ini memiliki ikon taskbar yang terletak di tengah, mirip seperti Chrome OS yang terfokus dengan penempatan ikon di sisi tengah. Desain Windows 11 juga tampak lebih smooth, transparan, dan terkesan modern dan minimalis.

Selain itu, desain ikon Windows juga dibuat lebih simetris di setiap sudutnya, tidak seperti ikon Windows generasi sebelumnya yang cenderung miring seperti bangun jajar genjang.

2. Tampilan Widget

article image

Image source: cnet.com

Microsoft kembali menyematkan Widget pada generasi Windows terbaru ini. Fitur widget ini diusung setelah Apple mengaplikasikan widget pada iOS 14. Widget untuk Windows 11 akan hadir dalam bentuk panel berita, minat, dan informasi cuaca.

Widget Windows 11 juga telah dilengkapi dukungan AI dan Microsoft Edge. Untuk mengakses fitur ini, cukup dengan arahkan kursor ke layar sebelah kiri.

3. Mendukung Aplikasi Android

article image

Image source: cnet.com

Pada perilisannya, Microsoft memberi kejutan pada pengguna setiap Windows, dimana sistem operasi terbaru ini memungkinkan aplikasi Android dijalankan tanpa modifikasi khusus. Hal ini merupakan pertama kalinya Microsoft menyematkan fitur tersebut.

Aplikasi Android yang ingin digunakan bisa diunduh baik melalui Microsoft Store maupun Amazon App Store. Microsoft menyematkan Intel Bridge yang akan membuat aplikasi Android berjalan di dalam sistem x86. Aplikasi Android ini tidak cuma berjalan di perangkat PC berbasis CPU Intel saja, melainkan juga pada prosesor AMD dan ARM.

4. Menunjang Aktivitas Gaming

article image

Image source: xda-developers.com

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan gaming di kalangan pengguna, Windows 11 turut dilengkapi fitur Auto HDR yang akan membuat tampilan visual jadi lebih tajam dan mendetail. Microsoft juga turut menyematkan DirectStorage untuk mempercepat loading game.

Menariknya lagi, Xbox Game Pass juga telah terintegrasi dengan Windows 11, sehingga pengguna bisa melakukan stream game secara langsung melalui sistem operasi ini.

5. Peningkatan Multitasking & Performa

article image

Image source: teknosignal.com

Windows 11 memiliki fitur menarik, yaitu Snap Layouts. Fitur ini bisa digunakan untuk memasukkan aplikasi ke beragam mode yang didukung Windows 11 dengan singkat dan cepat. Ada juga fitur Grup Snap yang akan memudahkan pengguna ketika ingin melakukan aktivitas multitasking.

Fitur-fitur ini sangat cocok untuk para pengguna yang sering membuka aplikasi dengan lebih dari satu monitor. Performa os juga tak kalah gahar. Windows 11 diklaim memiliki kinerja 40% lebih kecil dan lebih efisien, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas lainnya.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Mall

Artikel

Featured image source: theverge.com