Kiat Agar Resolusi Tahun Baru Tercapai Semua

Tahun baru selalu disertai dengan harapan baru. Sudah lumrah bagi orang-orang mengawali tahun baru dengan membuat daftar resolusi yang diharapkan tercapai ketika menjalani tahun tersebut.

Bergantinya periode waktu memang merupakan momen yang tepat untuk memulai kebiasaan atau mencapai target baru. Hanya saja, tidak semua orang berhasil mewujudkannya. Tidak sedikit pula yang pada akhirnya malah lupa dengan resolusinya.

Oleh karenanya, kali ini Gotomalls akan membagikan beberapa kiat agar resolusi tahun baru tercapai semua. Simak baik-baik, ya!

1. Mulai dengan keinginan yang realistis dan spesifik

article image

Image source: chrisbrogan.com

Resolusi yang terlalu muluk dan panjang hanya akan membuat kita frustasi. Membagi fokus dan energi untuk mencapai keinginan-keinginan berbeda bukanlah hal mudah. Itulah sebabnya banyak orang gagal mewujudkan resolusinya.

Mulailah dengan membuat target yang menurutmu realistis dan mungkin dicapai, karena perubahan sebesar apapun justru diawali dengan hal kecil.

Misalnya, kalau kamu ingin memiliki bentuk tubuh idaman, mulailah dengan membiasakan diri berolahraga setidaknya sekali dalam seminggu.

Jangan lupa untuk lebih spesifik dengan target yang ingin dicapai. Resolusi yang ditulis secara spesifik akan terdengar lebih serius dan lebih mungkin dicapai, bukan sekadar wacana.

Kenapa kamu ingin memiliki bentuk tubuh seperti itu? Berapa jumlah total berat badan yang ingin diturunkan? Berapa jumlah berat badan yang harus turun setiap bulannya? Olahraga apa yang akan diterapkan? Berapa lama rentang waktu yang diperlukan? Tentukan detailnya dengan jelas agar target mudah dicapai.

2. Jangan menceritakan rencanamu kepada orang lain

article image

Image source: bangberinfo.blogspot.com

Rencana yang diceritakan kepada orang lain seringkali malah tidak terwujud. Apa kamu pernah mengalaminya? Ternyata memang ada beberapa studi yang menjelaskan fenomena tersebut.

Profesor psikologi bernama Peter Gollwitzer adalah salah seorang yang meneliti terkait hal ini. Ia menemukan bahwa menceritakan impian atau cita-cita kita ke orang lain akan membuat kita merasa bahwa impian tersebut sudah tercapai secara psikologi atau dikenal dengan istilah premature sense of completeness.

Orang-orang cenderung merasa puas ketika menyatakan impian, tujuan, termasuk resolusi tahun barunya kepada orang lain, dan memperoleh apresiasi atau dukungan.

Saat membicarakan tujuan kepada orang lain, seseorang akan membangun bayangan seolah-olah ia sudah bekerja keras untuk mencapai tujuannya. Padahal, ia belum melakukan apa-apa.

Mungkin hal ini tidak berlaku sama pada semua orang. Namun, penelitian menunjukan bahwa kebanyakan orang justru lebih sulit mewujudkan impiannya jika diceritakan kepada orang lain.

3. Mengevaluasi kegagalan di masa lalu

article image

Image source: photographycourse.net

Kiat agar resolusi tahun baru tercapai semua tidak lepas dari evaluasi. Lihat kembali hal-hal yang menyebabkan kamu gagal mencapai resolusi tahun lalu, apa saja yang menjadi distraksi, lalu jadikan itu semua sebagai pengingat agar tidak mengulang kesalahan yang sama tahun ini.

Ada tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mengevaluasi kegagalan di masa lalu: siapkan catatan untuk membuat dua kolom. Kolom pertama diisi dengan kesalahan-kesalahan dan kolom kedua diisi dengan solusi/hal yang semestinya dilakukan agar kesalahan tersebut tidak terjadi.

Misalnya: di baris pertama dalam kolom kesalahan kita menulis "makan junkfood setiap malam", maka di kolom lainnya kita bisa menulis "makan makanan yang bisa membuat perut kenyang seketika dan mengontrol nafsu makan".

4. Bersabar dan konsisten dengan rencana

article image

Image source: foundationhousing.org.au

Perubahan apa pun yang kamu harapkan; jadikanlah itu sebagai mantra. Saat terasa mulai bosan dan belum juga menunjukan hasil, bayangkan hari-hari pertama saat kita memulainya.

Ingat-ingat lagi alasan kamu melakukan semua ini dan lihat sudah seberapa jauh kamu melangkah. Jika kita lebih fokus pada kemajuan alih-alih kesempurnaan, tujuan seperti apapun tidak akan terasa terlalu membebani.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa perubahan sebesar apapun justru diawali dengan hal kecil. Jangan membebani diri dengan terlalu fokus pada hasil akhir yang diharapkan. Cukup jalani pelan-pelan dan konsisten dengan rencana.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Fetured image source: pocketpassport.com