Kisah Boneka Berhantu

Belakangan ini viral artis mengadopsi boneka arwah. Mereka bahkan sampai rele merogoh dompet dalam-dalam untuk mengoleksinya. Seperti Ivan Gunawan, Roy Kiyoshi, hingga Celine Evangelista.

Sekilas bentuknya memang menyerupai bayi. Tapi perlu kita ingat mereka hanyalah benda mati. Berbicara tentang boneka, ternyata di belahan dunia ini ada banyak kisah boneka berhantu yang bisa bikin merinding.

1. Annabele

article image

Image source: kompas.com

Saking menyeramkannya, kisah dari boneka berhantu Annabelle ini sampai dibikin film berjudul Conjuring dan Annabelle. Kisah boneka ini didasarkan pada cerita Warrens.

Annabelle merupakan salah satu boneka berhantu yang paling terkenal dalam sejarah dan hingga kini bonekanya masih ada. Annabelle dulu adalah boneka milik Warrens yang diambil dari kasus paranormal yang sedang diselidiki.

Awalnya kisah Annabelle melibatkan mahasiswa keperawatan muda, Donna yang menerima boneka dari sang ibu sebagai kado ulang tahun. Donna dan teman sekamarnya, Angie,meyakini jika boneka itu hidup setelah berminggu-minggu mereka mengalami banyak insiden buruk termasuk menemukan bahwa boneka itu telah berubah posisi atau pindah ke ruangan yang berbeda.

Tak tahan dengan gangguan tersebut Donna pun menghubungi penyelidik paranormal terkenal Ed dan Lorraine Warren, yang kemudian membawa Annabelle ke museum gaib mereka.

2. Boneka Robert

article image

Image source: genpi.com

Robert adalah boneka milik pelukis terkenal Robert Eugene Otto. Boneka ini diduga terkikik, lari dari kamar ke kamar, menyebabkan kecelakaan rumah tangga, dan dipercaya Robert bisa berjalan melewati jendela lantai atas saat keluarga pergi keluar rumah.

Tetangga bahkan pernah melapor jika boneka tersebut mengintip melalui jendela ketika keluarga Otto sedang tidak ada di tempat. Rupanya Robert juga bisa berkedip dan berubah ekspresi.

Hingga suatu malam keluarga tersebut dihebohkan dengan teriakan yang datang dari kamar Otto. Saat keluarga datang, mereka menyadari jika Ottoo telah dikelilingi oleh perabotan yang terbalik.

Otto mengklaim jika itu adalah perbuatan Robert. Akhirnya keluarga itu pun menahan Robert loteng sampai tahun 1974. Keluarga pun kemudian menyumbangkannya ke Museum Fort East Martello di Key West, Florida pada 1994.

3. Mandy

article image

Image source: depostjogja.com

Boneka ini dikenal memiliki senyum yang cukup sinis. Kisah boneka berhantu ini bahkan pernah menakut-nakuti anggota staf dan sukarelawan di Museum Quesnel dan Distrik British Columbia sejak 1991.

Belum lama disumbangkan, boneka berhantu ini memicu peristiwa aneh seperti kerap terdengar suara langkah kaki tanpa tubuh dan hilangnya perlengkapan kotor. Tidak sedikit tamu meseum yang dibuat tidak nyaman oleh Mandy.

Pengunjung banyak yang berkomentar jika senyum Mandy sinis, “senyum jahat” dan matanya seperti hidup. Sayangnya hingga kini tidak tahu pasti dari mana asal boneka ini.

4. Okiku

article image

Image source: escape.com

Boneka Okiku dikenal juga dengan boneka yang memiliki rambut panjang dan bisa tumbuh. Kisah awal bermula pada 1918, Eikichi Suzuki yang berusia 17 tahun membeli sebuah boneka untuk adiknya.

Saking lucunya, mereka pun membaptis boneka tersebut. Sayangnya adik Eikichi harus meninggal setahun kemudian karena demam tinggi. Untuk mengenangnya, keluarga membangun sebuah altar peringatan dan menempatkan boneka Okiku di tengahnya.

Yang terjadi kemudian sangat mengejutkan. Keluarga Suzuki menyadari ada yang aneh dari boneka Okiku, rambutnya tumbuh dan bertambah panjang. Mereka percaya jika arwah putrinya telah melekat pada boneka tersebut.

Tidak ingin semakin menjadi, keluarga pun menyumbangkan Okiku ke Kuil Manneji Jepang yang hingga kini masih dipajang. Menariknya, rambutnya benar-benar tumbuh dan saat ini panjangnya mencapai 25 cm.

5. Harold

article image

Image source: pinterest.com

Pada 2003, boneka Harold bahkan sempat ditemukan di situs eBay. Penjual bersaksi jika kehadiran boneka ini di rumahnya menyebabkan banyak masalah, salah satunya adalah kematian kucing, akhir hubungan keluarga, dan migrain kronis.

Tidak jarang penjual mendengar suara anak-anak tanpa tubuh bermain di ruang bawah tanah mereka. Harold akhirnya diturunkan dari pemilik ke pemilik lain selama beberapa tahun berikutnya.

Banyak saksi menyebutkan jika boneka misterius tersebut telah menyebabkan kematian dan penyakit. Pemilik terakhir, Anthony Quinata bahkan mengaku telah mengusir boneka itu dan bersumpah tidak akan pernah menyebut namanya lagi.

Serem-serem banget ya ceritanya. Apakah boneka arwah juga akan berakhir demikian? Semoga tidak ya!

Mall

Artikel

Featured Image Source: theguardian.com