Ini Dia Berbagai Kreasi Kerajinan dari Kulit Telur Paling Unik

Saat ini kita banyak melihat kerajinan tangan unik yang dibuat dari barang bekas. Plastik kemasan makanan disulap menjadi tas, botol bekas menjadi tempat pensil atau pajangan yang cantik, hingga stik es krim yang bisa dipakai untuk membuat maket.

Bahan lain yang bisa dipakai untuk membuat kerajinan adalah kulit telur. Siapa sangka ternyata kulit telur bisa menghasilkan berbagai macam kerajinan yang cantik. Kerajinan dari kulit telur selain estetik juga bernilai secara ekonomi lho!

Penasaran bagaimana kulit telur menjadi barang kerajinan? Yuk simak beberapa ide unik kerajinan dari kulit telur berikut ini.

Pot Mini dari Kulit Telur

article image

Image source: marinobambinos.com

Tidak hanya kulit telur, tray atau wadah telur juga bisa kamu manfaatkan menjadi kerajinan yang unik. Biasanya wadah telur ini akan langsung dibuang. Namun di tangan orang kreatif barang bekas ini bisa dibikin menjadi pot mini yang cantik.

Pertama, cangkang atau kulit telur dibersihkan lebih dulu untuk kemudian dijadikan media tanam. Kulit telur tersebut diberi tanah subur dan setelah terisi disusun kembali di atas wadah telur. Serangkaian pot telur pun tertata rapi dan kamu bisa menanam berbagai macam kaktus mini di dalamnya.

Kerajinan dari kulit telur ini cocok dijadikan pajangan. Selain itu, pot-pot lucu dan mini ini mudah dipindah-pindah.

Vas Bunga dari Kulit Telur

article image

Image source: brilio.net

Hampir mirip dengan pot mini, kulit telur juga bisa dijadikan vas bunga. Kerajinan ini termasuk bentuk kerajinan tangan yang paling sering dibuat. Hanya saja kamu akan mendapatkan ukuran vas bunga yang mini.

Karena ukuran yang mini, vas bunga dari kulit telur ini jadi terlihat unik. Dalam satu vas bunga hanya muat satu atau dua tangkai bunga saja. Namun kamu bisa membuat vas bunga mini yang banyak dan mengisinya dengan berbagai macam bunga.

Kamu bisa menata kerajinan dari kulit telur ini sesuai selera dan cocok banget untuk dijadikan pajangan di ruang tamu. Supaya tidak membosankan, kamu bisa mengecat kulit telur lebih dulu dan meletakkannya pada sebuah wadah cantik.

Hiasan Gantung dari Kulit Telur

article image

Image source: idntimes.com

Kerajinan dari kulit telur berikutnya adalah hiasan gantung dari kulit telur. Cara membuatnya cukup sederhana. Kamu kumpulkan terlebih dahulu kulit telur dan cuci bersih. Kemudian siapkan tali senar dan hiasan ranting pohon untuk menggantungnya.

Nah, di dalam cangkang telur tersebut kamu bisa mengisinya dengan berbagai macam hiasan. Misalnya mainan-mainan mini, bunga warna-warni atau batu koral kecil dengan sedikit jerami dan membuatnya seolah-olah seperti sarang burung.
Kamu juga bisa mewarnai cangkang telur ini dengan warna-warna menarik. Kamu bisa menggantungnya di sudut-sudut rumah yang aman.

Tempat Lilin dari Kulit Telur

article image

Image source: noventrikusuma.blogspot.com

Mulai sekarang kamu tidak perlu bingung mencari tempat lilin yang unik. Kulit telur juga bisa disulap menjadi tempat lilin yang cantik lho! Langkah pertama kamu hanya perlu mengumpulkan kulit telur dan membersihkannya, kemudian warnai sesuai selera.

Tunggu sampai cat kering, kemudian tuangkan lilin cair ke dalam cangkang telur. Setelah itu kamu bisa menyusunnya ke dalam sebuah wadah. Letakkan di atas meja makan, kerajinan tangan dari kulit telur ini pun akan menghangatkan suasana makan malam kamu.

Mozaik dari Kulit Telur

article image

Image source: ragamkerajinantangan.blogspot.com

Kerajinan dari kulit telur yang satu ini juga sering dibuat oleh pengrajin. Kulit telur dibersihkan, diberi warna kemudian disusun sedemikian rupa sehingga menjadi kerajinan tangan yang bernilai. Butuh kesabaran untuk menyusun potongan-potongan kulit telur ini hingga akhirnya menjadi sebuah karya seni.

Kamu bisa menggunakan kulit telur ini untuk mozaik pada bingkai foto, membentuknya menjadi sebuah gambar untuk pajangan, untuk vas atau pot bunga, bahkan untuk hiasan kaligrafi. Selain butuh kesabaran, kerajinan dari kulit telur ini juga butuh kreativitas dan jiwa seni yang tinggi. Kerajinan ini pun menjadi bernilai secara estetis dan ekonomi.

Miniatur 3 Dimensi dari Kulit Telur

article image

Image source: icreativeideas.com

Untuk membuat kerajinan tangan dari kulit telur ini juga membutuhkan skill dan ketelitian yang tinggi. Lihat saja hasil kreasi miniatur 3D dari kulit telur yang unik dan cantik ini. Ke bayang dong bagaimana sang pengrajin harus sabar menyusun satu demi satu hiasan di dalam cangkang telur hingga menjadi kerajinan bernilai seni tinggi.

Kerajinan ini menggunakan kulit telur yang dipotong dengan menggunakan alat, sehingga lubang yang diciptakan terlihat rapi.

Lukisan Pohon dari Kulit Telur

article image

Image source: hellokids.com

Jika membuat mozaik cukup sulit dan melelahkan, kamu bisa coba membuat lukisan pohon dari kulit telur. Kamu bisa menggambar pola terlebih dahulu atau mencetak gambar pohon.

Setelah memiliki pola gambar pohon, kamu pun bisa menyusun kulit telur yang sudah dibersihkan menjadi bentuk sekumpulan daun. Tidak hanya untuk pohon, kamu bisa membuat pola atau mencetak gambar apa pun seperti bentuk kucing, ikan atau bunga yang cukup mudah dibuat.

Lampu dari Kulit Telur

article image

Image source: pinterest.com

Memang ada saja kreasi yang dihasilkan oleh pengrajin. Kerajinan dari kulit telur berbentuk hiasan bola lampu yang indah ini benar-benar mencuri perhatian. Kulit telur yang digunakan adalah kulit telur utuh yang isinya dikeluarkan terlebih dahulu.

Langkah pertama, kulit telur direndam dengan air cuka hingga menjadi lunak dan elastis. Kemudian kulit telur ditusuk dengan menggunakan pisau untuk mengeluarkan isinya. Cangkang telur lalu didiamkan kembali hingga
mengeras.

Setelah mengeras, barulah kumpulan cangkang telur tersebut disusun menjadi hiasan bola lampu yang cantik. Tertarik untuk mencoba?


Nah itu dia deretan kreasi kerajinan dari kulit telur yang unik dan cantik. Kamu pun bisa mencoba kreasi tadi untuk pajangan di rumah. Selamat mencoba! Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: pinterest.com