Kue Basah Khas Betawi

Jajanan pasar tradisional selalu menarik perhatian apalagi jajanan kue basah, sangat nikmat disantap di pagi hari dengan secangkir kopi atau teh panas. Bentuk, rasa, dan tampilannya yang berbeda-beda membuat siapa pun ingin mencicipinya. Setiap daerah di Indonesia memiliki jajanan tradisional yang khas, begitu juga dengan jajanan kue basah khas Betawi yang beragam meski kini tidak semudah dulu untuk menjumpainya. Yuk, simak jajanan tradisional khas Betawi di bawah ini:

Kue Rangi

article image

Image source: antarafoto.com

Kue basah khas Betawi pertama ada kue rangi, kamu sudah pernah mencicipinya? Kue rangi terbuat dari tepung sagu dan parutan kelapa yang dimasak dengan cara dipanggang. Adonan kue ragi dipanggang di cetakan setengah lingkaran dengan menggunakan api kecil. Setelah dipanggang, kue rangi disajikan dengan taburan gula merah kental di atasnya.

Putu Mayang

article image

Image source: resepkoki.id

Berikutnya ada kue basah khas Betawi yang berwarna-warni dan bentuknya menyerupai gulungan mie, jajanan ini disebut kue putu mayang. Kue ini terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, kemudian disiram dengan campuran gula jawa dan santan. Kue putu mayang siap disantap.

Kue Talam

article image

Image source: endeus.tv

Kue Talam jajanan kue basah khas Betawi yang masih mudah dijumpai di pasar. Jajanan yang satu ini terbuat dari beberapa jenis tepung, mulai dari tepung beras ketan, tepung tapioka, tepung sagu dan juga tepung terigu. Kemudian dimasak dengan gula dan santan, dimasukkan ke dalam cetakan dan dikukus.

Kue Cucur

article image

Image source: jalanjalankuy.net

Sekilas melihat kue cucur seperti kue yang gosong atau cokelat gelap. Kue basah khas Betawi yang satu ini justru memiliki cita rasa manis, gurih dan lembut di bagian tengah. Rasa dari kue cucur bakal bikin kamu ketagihan dan kamu masih mudah dijumpai di pasaran. Biasanya, kue cucur juga wajib dihidangkan di upacara-upacara budaya Betawi. Kue cucur terbuat dari tepung beras yang dipadukan dengan gula jawa.

Kue Pancong

article image

Image source: blog.tokowahab.com

Kue pancong adalah kue basah khas Betawi yang bentuknya menyerupai kue pukis. Ya, kue pancong menggunakan cetakan yang serupa dengan kue pukis. Perbedaan keduanya terletak pada bahan dasar, jika kue pukis menggunakan tepung terigu, kue pancong terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan garam, santan serta parutan kelapa. Di atasnya ditaburi dengan gula pasir. Rasanya gurih dan manis, kamu wajib coba jajanan tradisional ini.

Cente Manis

article image

Image source: id.tastemade.com

Berikutnya ada kue cente manis, makanan ini masih mudah dijumpai di pasaran. Rasa yang manis, dengan teksturnya lembut dan kenyal. Cente manis terbuat dari tepung hunkwe, gula, garam, santan, dan sagu mutiara atau pacar cina. Biasanya cente manis dihidangkan saat pertemuan keluarga, arisan ataupun menu buka puasa.

Kue Ape

article image

Image source: idntimes.com

Terakhir kue basah khas Betawi yang wajib kamu coba adalah kue ape. Kue ape hingga kini masih mudah dijumpai di pinggir jalan di Jakarta. Kue basah ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu, memiliki tekstur yang garing di bagian pinggirnya dan lembut di bagian dalamnya dipadukan dengan aroma daun pandan membuat kue ape semakin lezat.


Itu dia beberapa jajanan tradisional kue basah khas Betawi yang sangat nikmat. Beberapa di antaranya masih mudah dijumpai di pasar maupun pinggir jalan. Jika rindu kamu juga bisa membuat jajanan khas Betawi sendiri. Sudah banyak resep tersebar di internet yang bisa kamu praktikkan. Ikuti terus informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls

featured image source: shutterstock/Ariyani Tedjo