Lagu Anak Indonesia Terpopoler

Di era sekarang, menjumpai lagu baru anak-anak mungkin sudah sangat jarang. Kecuali lagu anak terdahulu seperti yang dinyanyikan oleh Joshua Suherman, Tasya Kamila, Chikita Meidy, dan banyak lagi.

Nyatanya lagu anak Indonesia era 60 - 90an seperti Bintang Kecil, Pelangi, Balonku, dan Cicak di dinding masih begitu populer dan dinyanyikan anak di zaman sekarang. Lagu-lagunya enak didengar, penuh makna dan dapat dijadikan sebagai salah satu perangsang motorik anak.

Kira-kira apa saja ya lagu anak Indonesia terpopuler yang sampai sekarang masih dinyanyikan? Ini dia selengkapnya.

1. Balonku

article image

Image source: youtube

Balonku adalah salah satu lagu anak Indonesia terpopuler yang tercatat sebagai lagu yang paling banyak didownload dan didengarkan. Lagu ini pertama kali ditulis oleh Pak Kasur namun kemudian Balonku ditulis ulang dan diubah liriknya oleh A.T Mahmud.

Jika kita mengingat-ingat nama A.T Mahmud bukan lagi nama yang asing kita dengar. Tentu saja, sebab karya-karyanya hingga kini masih sering diperdengarkan dan dinyanyikan seperti Pelangi, Anak Gembala, Paman Datang, Cicak di DInding, dan masih banyak lagi.

2. Pelangi

article image

Image source: youtube.com

Masih ciptaan dari A.T Mahmud, lagu anak Indonesia terpopuler ini terinspirasi dari pengalaman sang penulis. Menurut beberapa sumber lagu Pelangi tercipta ketika A.T Mahmud beranjak pergi mengantar putrinya sekolah.

Ketika sedang berjalan, tiba-tiba sang putri menunjuk ke atas sambil menyebut “pelangi”. Melihat hal itu, A.T Mahmud pun terinspirasi dan menulis lirik tentang keindahan pelangi.

3. Bintang Kecil

article image

Image source: youtube.com

“Bintang kecil di langit yang tinggi,
Amat banyak menghias angkasa
Aku ingin terbang dan menari
Jauh tinggi ke tempat kau berada”

Bintang Kecil menceritakan tentang keindahan ciptaan Tuhan yakni alam semesta. Lagu ini berisi lirik yang sederhana namun penuh dengan makna.

Lagu anak Indonesia terpopuler ini diciptakan oleh Pak Dal. Pak Dal atau Gerardus Joseph Daljono Hadisudibjo adalah pencipta lagu anak sejawat dengan Ibu Sud dan Pak Kasur. Namun di antara pencipta lagu anak pada era 60-an nama Pak Dal memang tidak begitu populer dibanding Ibu Sud dan Pak Kasur.

4. Burung Kakaktua

article image

Image source: dicto.id

Kalau didengarkan berulang lagu Burung Kakaktua ini memiliki nada yang sangat mirip dengan lagu Topi Saya Bundar. Lagu anak Indonesia terpopuler ini disebut berasal dari Provinsi Maluku.

Menurut kisahnya, lagu Burung Kakaktua adalah lagu para pelaut asal Portugis. Lagu ini awalnya dikenalkan para pelaut Portugis saat menjelajahi Indonesia. Namun sejak saat itu Burung Kakaktua jadi populer dan hingga kini masih sering dinyanyikan.

5. Lihat Kebunku

article image

Image source: youtube.com

Tidak hanya lagunya saja yang populer, pencipta Lihat Kebunku ini pun juga sangat melegenda. Adalah Saridjah Niung atau kerap dipanggil Ibu Sud.

Lagu ciptaan Ibu Sud ini kemudian dibawakan oleh anak-anak dalam berbagai versi. Jadi tidak jelas diketahui siapa yang mempopulerkannya.

Kini lagu Lihat Kebunku juga jadi bahan ajar di Taman Kanak-kanak dan pendidikan anak usia dini. Lagu ini mengajarkan pada anak tentang jenis bunga dan bagaimana harus merawatnya.

6. Cicak di Dinding

article image

Image source: kompas.com

Adalah lagu ciptaan A.T Mahmud yang hingga kini masih melegenda. Lagu anak Indonesia terpopuler ini menceritakan tentang kebiasaan cicak ketika mencari mangsa di dinding.

Sangat cocok didengarkan ke anak untuk mengajarkan mereka tentang hewan. Apalagi cicak adalah salah satu hewan yang gampang ditemukan di dalam rumah.

7. Bangun Tidur

article image

Image source: youtube

Anak mulai malas bangun? Lagu Bagun Tidur ini sepertinya cocok kamu dengarkan ke buah hatimu. Lagu anak terpopuler ini mengajarkan anak untuk tidak malas setelah bangun tidur.

Kira-kira anak-anak jadi termotivasi untuk bangun dan berberes atau tidak ya?

8. Topi Saya Bundar

article image

Image source: youtube

Lirik lagu Topi Saya Bundar begitu mudah diingat dan disukai anak-anak. Benar, nadanya sama dengan Burung Kakak Tua. Mudah diingat dengan lirik yang sederhana. Dijamin sekali dengar bikin anak minta topi.

“Topi saya bundar, bundar topi saya, kalau tidak bundar bukan topi saya.”

Sangat mudah dan gampang dihafal bukan?

Oh iya, Topi Saya Bundar merupakan salah satu lagu anak Indonesia terpopuler yang diciptakan oleh Pak Kasur.

9. Naik Kereta Api

article image

Image source: youtube

Kurang afdol rasanya jika belum menyanyikan lagu Naik Kereta Api ke anak. Mengenalkan transportasi ke anak-anak sejak dini tidak hanya dari gambar, bisa juga lewat lagu anak ini.

Lagu anak Indonesia terpopuler ini diciptakan oleh Saridjah Niung alias Ibu Sud. Tahukah kamu jika umur lagu ini mungkin sudah setara kakek nenek kita. Bagaimana tidak, Naik kereta Api ternyata sudah diperdengarkan di Radio Republik Indonesia (RRI) sejak 1960.

Menurut berbagai sumber, lagu ini tercipta atas pengalaman Ibu Sud saat mengendarai kereta api. Ketika itu Ibu Sud tengah menempuh perjalanan dari Bandung menuju Surabaya.

10. Anak Gembala

article image

Image source: filema.com

Siapa sih yang tidak mengenal lagu Anak Gembala? Lagu yang dipopulerkan oleh Tasya Kamila ini jadi lagu anak Indonesia terpopuler selanjutnya.

Lagu Anak Gembala begitu ngehits pada tahun 2000an dan membuat nama Tasya Kamila segera dengan cepat melambung. Lagu ini berisi tentang semangat seorang bocah gembala setiap hari membawa ternak ke padang rumput.

11. Satu Ditambah Satu

article image

Image source: youtube

Satu Ditambah Satu adalah lagu wajib yang dinyanyikan ibu ke buah hatinya. Bahkan mungkin di taman kanak-kanak lagu tersebut jadi bahan ajar.

Lagu anak Indonesia terpopuler ini sarat akan pengetahuan. Memberi pendidikan dasar menghitung pada anak sejak dini. Mungkin terdengar simpel tapi sangat cocok untuk anak-anak balita bahkan sampai berumur 6 tahun

12. Air

article image

Image source: nusaglobe

Mungkin banyak dari kita yang mengenal lagu ini dengan judul “Diobok-obok”. Padahal judul asli dari lagu yang dibawakan oleh Joshua Suherman ini adalah Air.

Lagu anak Indonesia terpopuler ini mulai dikenal pada era 90-an. Sejak kemunculannya, lagu Air ini kerap diputar di radio dan TV. Berkat lagu ini, Joshua pun dulu sempat dijuluki anak ajaib.

Oh iya, lagu Air diciptakan oleh Papa T Bob dan kemudian dinyanyikan oleh Joshua dan Tukul Arwana.


Simak juga informasi dan tips menarik lainnya di Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

[[malls]

Artikel

Featured image source: indozone.com