7 Lagu Hits Peterpan Hits di Zamannya

Siapa pun yang lahir di era 90an pasti sudah sangat familier dengan grup musik Peterpan. Sebagian dari kalian juga mungkin masih ingat dengan formasi awal band ini, yaitu Ariel, Luki, Loekman, Indra, Andika, dan Reza.

Ariel dan kawan-kawan sudah dianggap sebagai salah satu pionir paling berpengaruh yang sukses membuat gebrakan besar bagi perkembangan industri musik di Indonesia. Karya-karya Peterpan juga telah menginspirasi gaya bermusik para musisi di generasi berikutnya.

Tapi kini Peterpan sudah banyak berubah, bahkan nama itu sendiri sudah tinggal sejarah setelah mereka berganti nama menjadi Noah. Dan kali ini, Gotomalls akan mengajakmu bernostalgia dengan tujuh lagu hits Peterpan yang jarang diketahui di zaman sekarang. Apa kamu masih ingat lagu-lagu ini?

Kita Tertawa (Taman Langit, 2003)

‘Taman Langit’ adalah album pertama Peterpan yang dirilis pada tahun 2003. Dalam album itu terdapat satu lagu berjudul Kita Tertawa. Mungkin judul ini sudah mulai terdengar asing, tapi begitu kita dengarkan intronya seketika ingatan kita akan dibawa lari ke masa lalu. Dari pada penasaran, langsung saja simak cuplikan video klipnya di atas!

Tertinggalkan Waktu (Taman Langit, 2003)

Kaum milenial, lagu ini akan membawamu bernostalgia sekaligus mengingatkan banyak hal tentang cita-cita dan impian. Dari sekian judul di album awal mereka, Tertinggalkan Waktu adalah salah satu yang punya makna lirik penuh makna dan nilai renungan. Coba saja dengarkan, sebagian dari kalian sepertinya bakal kena “tampar” oleh lagu ini. Karya Peterpan memang tidak hanya terkenal easy-listening, tapi kualitas liriknya pun tidak murahan.

Masa Lalu Tertinggal (Bintang di Surga, 2004)

Pada album kedua (Bintang di Surga) yang dirilis setahun setelah album ‘Taman Langit’ ada satu lagu yang jarang dikenal lagi di zaman sekarang, yaitu Masa Lalu Tertinggal. Padahal album ‘Bintang di Surga’ termasuk salah satu karya monumental paling laris hingga sekarang. Tanpa album ini, mustahil Peterpan bisa menjadi seperti sekarang. Coba dengarkan, apa kamu masih ingat dengan lagu ini?

Aku (Bintang di Surga, 2004)

Aku adalah salah satu judul dalam album ‘Bintang di Surga’ dengan lirik yang kaya majas. Mungkin akan terdengar kontradiktif jika kita dengarkan sekilas, tapi ketika dipahami betul-betul, kita akan menemukan makna yang sejalan dengan realita kehidupan sehari-hari.

Membebaniku (Ost. Alexandria, 2005)

Kalau kamu sedang merasa lelah dengan beban hidup, lagu ini sangat cocok untuk didengarkan. Tempo rendah dengan komposisi melodinya sangat nyaman ditelinga siapa pun, apalagi kalau kamu suka musik-musik melankolis. Belum lagi liriknya yang sangat relevan dengan masalah-masalah hidup. Membebaniku adalah salah satu soundtrack dari film ‘Alexandria’ (2005) bersama lagu-lagu Peterpan populer lainnya seperti Tak Bisakah, Jauh Mimpiku, dan Menunggu Pagi.

Dunia yang Terlupa (Hari yang Cerah, 2007)

Dunia yang Terlupa adalah salah satu track dari album keempat bertajuk ‘Hari yang Cerah’. Album ini dirilis tahun 2007 setelah dua member Peterpan (Andika dan Indra) memutuskan keluar. Dalam album ini juga ada satu lagu yang cukup fenomenal pada masanya, yaitu Menghapus Jejakmu dengan video klipnya yang sangat ikonik itu. Dunia Yang Terlupa bisa mewakili perasaan kamu ketika sedang putus asa dan butuh dukungan.

Dilema Besar (Sebuah Nama, Sebuah Cerita, 2008)

Dilema Besar berasal dari album kelima bertajuk ‘Sebuah Nama, Sebuah Cerita’ yang menjadi album terakhir Peterpan sebelum berganti nama menjadi ‘Noah’. Album ini begitu dinantikan oleh para penggemar dan penikmat musik di Tanah Air kala itu.

Ada tiga versi dari album ini; kaset, CD, dan DVD. Lagu Dilema Besar menceritakan tentang rasa lelah dan kekecewaan yang terjadi berulang-ulang tapi di saat yang bersamaan masih mengharapkan perubahan, sehingga menyebabkan dilema besar.

Seiring berjalannya waktu banyak perubahan yang dialami Noah (baca: Peterpan), baik dari segi kualitas musik ataupun formasi member. Hanya Ariel dan Loekman yang tersisa dari Peterpan dan masih bertahan hingga sekarang. Musik-musiknya kini lebih eksklusif dengan lirik yang semakin kompleks. Hanya penggemar-penggemar lama dan penikmat musik tertentu yang masih setia mendengarkan karya mereka.

Kisah perjalanan Ariel dkk sejak awal bertemu pada tahun 1996, kemudian lahir nama ‘Peterpan’ pada tahun 2000, sampai akhirnya berganti nama menjadi ‘Noah’ dan melakukan tur hingga ke mancanegara, semuanya dituangkan dalam buku dan film dokumenter berjudul Noah: Awal Semula.


Demikianlah 7 lagu hits Peterpan yang jarang diketahui di zaman sekarang. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: deezer.com