Macam Macam Jajanan Pasar

Seperti yang kita semua tahu, Indonesia punya kekayaan kuliner yang sangat beragam. Mulai dari makanan-makanan yang hanya tersedia untuk jamuan pesta, hingga macam macam jajanan pasar yang disukai segala kalangan.

Di setiap daerah terdapat jajanan pasar tradisional yang unik antara satu dengan yang lainnya. Sebut saja lemper dari pulau Jawa, kue lampet khas Batak, keripik kelakai dari Kalimantan Tengah, jaje laklak khas Bali, dan masih banyak lagi.

Kini, sebagian jajanan pasar yang masih bertahan di tengah gempuran kuliner kekinian sudah banyak divariasikan dengan berbagai sentuhan modern. Seperti yang bisa dijumpai di toko-toko kue hingga pusat perbelanjaan yang menaungi banyak tenant kuliner.

Tapi, apakah kamu pernah mencicipi salah satu dari macam macam jajanan pasar legendaris berikut ini?

1. Klepon

article image

Image source: traveling.bisnis.com

Klepon adalah salah satu kue tradisional Jawa yang masih eksis sampai saat ini. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat-bulat dengan isian gula merah cair.

Kue ini diolah dengan cara direbus dalam air mendidih. Setelah matang, kue akan ditaburi dengan kelapa parut.

Klepon punya cita rasa yang manis gurih dengan sensasi meleleh di mulut. Jajanan ini pasar ini termasuk salah satu yang paling populer.

2. Onde-onde

article image

Image source: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Selain klepon, onde-onde juga masih bisa ditemui dimana-mana. Biasanya, onde-onde dijual berbarengan dengan aneka gorengan di gerobak-gerobak pedagang kaki lima.

Onde-onde juga punya kesamaan dengan bentuknya yang bulat, hanya saja terdapat taburan biji wijen di permukaannya dan terdapat isian kacang hijau. Jajanan tradisional ini dibuat dari dari ketan dan tepung terigu lalu digoreng menggunakan kuali besar.

3. Dadar Gulung

article image

Image source: Akurat.co

Di antara macam-macam jajanan pasar populer, dadar gulung termasuk salah satu jajanan terfavorit. Dadar gulung dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dimasak seperti panekuk, lalu diisi dengan parutan kelapa dan gula merah Jawa cair.

Dadar gulung diberi pewarna hijau alami dari daun suji. Namun, saat ini dadar gulung sudah diolah sedemikian rupa dengan aneka variasi warna, bahkan ada pula dadar gulung yang bermotif.

4. Jentik Manis

article image

Image source: allaboutmuhammad.com

Jentik manis punya tampilan menarik dengan butiran sagu mutiara yang menghiasinya. Rasanya yang manis dengan tekstur kenyal mirip agar-agar membuat kue basah ini disukai banyak orang.

Jentik manis terbuat dari campuran santan kelapa yang direbus dengan sagu mutiara, lalu dikemas dalam plastik yang dibentuk persegi.

Dulu, jentik manis bisa dijumpai hampir di setiap warung hingga kantin sekolahan. Tetapi kini hanya dijual di pasar tradisional atau toko kue yang khusus menjual macam-macam jajanan pasar.

5. Getuk

article image

Image source: Tokopedia

Getuk adalah salah satu jajanan tradisional asli Jawa Tengah. Ada getuk kukus dan ada pula getuk goreng. Keduanya sama-sama punya rasa manis gurih yang cocok dijadikan teman minum kopi.

Jajanan pasar legendaris ini dibuat dari bahan singkong yang dikukus dan dihaluskan, sehingga teksturnya terasa lembut. Selain itu, getuk juga diberi aneka pewarna alami yang membuat tampilannya semakin menarik.

6. Nagasari

article image

Image source: id.tastemade.com

Selain getuk, nagasari juga biasa dijadikan pendamping minum kopi atau teh. Di dalamnya terdapat buah pisang yang diselimuti adonan tepung beras, kemudian dibungkus lagi menggunakan daunnya pisang.

Penampilannya yang khas, rasanya yang lezat, dan teksturnya yang kenyal membuat Nagasari menjadi jajanan pasar yang masih banyak disukai sampai saat ini.

7. Kue Lapis

article image

Image source: blog.tokowahab.com

Di lapak para pedagang yang menjual macam-macam jajanan pasar, kue basah yang satu ini biasanya akan selalu hadir. Kue lapis terkenal dengan teksturnya yang kenyal, terdiri dari lapisan-lapisan aneka warna, dan rasanya legit.

Jajanan pasar ini sempat menjadi favorit anak-anak berkat tampilannya yang lucu. Bahan-bahannya sendiri terdiri dari tepung terigu, santan, vanili, gula pasir, dan pewarna alami.

8. Bugis Ketan

article image

Image source: Resepkoki.id

Camilan ini sering dikira sebagai makanan khas Sulawesi, karena terdapat nama ‘bugis’ yang disematkan. Padahal, bugis ketan adalah kudapan tradisional dari Betawi.
Bugis terdiri dari dua bagian, yaitu kulit yang terbuat dari tepung ketan, dan bagian dalam berisi unti dari parutan kelapa setengah tua yang dimasak dengan gula merah. Kue ini memiliki rasa manis dengan tekstur kenyal.

9. Kue Putu

article image

Image source: Ngalam.co

Kalau kamu masih ingat, dahulu sering ada pedagang yang berkeliaran tengah malam sambil mengeluarkan bunyi siulan yang terdengar sangat khas. Jika suara itu muncul, semua orang pasti tahu apa yang mesti diharapkan. Ya, kue putu.

Salah satu jajanan pasar paling ikonik ini diolah menggunakan tabung bambu untuk dikukus di atas lubang uap. Di dalam tabung tersebut berisi campuran tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah. Rasanya yang manis dengan aroma harum pandan membuat jajanan ini sering dirindukan.

10. Kue Apem

article image

Image source: Brilio.net

Meski lebih dikenal sebagai kue syukuran atau kue khas Jawa, kue apem konon berasal dari India yang disebut ‘appam’. Walaupun begitu, kue apem yang kita kenal sama sekali berbeda dengan appam dari India.

Kue ini umumnya dibuat dari tepung beras dan santan yang dibentuk menyerupai mangkok kecil. Nah, biasanya kudapan ini disajikan sebagai jamuan tamu ketika menggelar acara syukuran. Demikianlah macam macam jajanan pasar favorit yang melegenda.


Simak terus informasi menarik seputar dunia kuliner lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa membeli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Mall

Produk

Artikel

Featured image source: thekeranjangbali.com