Makanan dengan Nama Aneh

Selain atraksi budaya dan kesenian, makanan khas Indonesia juga punya daya tarik tersendiri. Selain karena kekayaan rempah yang membuat bumbu masakannya begitu unik, nama makanan pun kadang kala membuat orang penasaran untuk mencobanya.

Nah, di beberapa daerah di Indonesia ada makanan-makanan khas dengan nama yang aneh. Bahkan, makanan-makanan ini mungkin akan terdengar absurd bagi sebagian orang. Meskipun demikian, makanan dengan nama aneh ini menjadi menu khas yang istimewa.

Sebagian masih bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional. Berikut makanan dengan nama aneh khas Indonesia!

1. Ketela Bajingan

article image

Image source: kulinear.hops.id

Kuliner unik dengan nama yang membuat dahi berkerut ini berasal dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Ketela bajingan dibuat dari bahan dasar singkong yang disajikan secara utuh tanpa dipotong seperti olahan singkong pada umumnya, sehingga sekilas tampak seperti hewan bajing.

2. Nasi Kentut

article image

Image source: Phinemo.com

Makanan dengan nama aneh berikutnya berasal dari Medan, yaitu nasi kentut. Olahan nasi ini dimasak dengan daun sembukan, atau yang lebih dikenal sebagai tanaman kentut di Sumatera. Akhirnya, kuliner ini dinamakan 'Nasi Kentut'. Meskipun begitu, nasi kentut memiliki cita rasa lezat, apalagi jika disajikan dengan ayam gulung, tahu, tempe, atau pepes ikan.

3. Kerupuk Melarat

article image

Image source: Shopee

Kerupuk melarat sudah cukup populer sebagai salah satu oleh-oleh khas Cirebon, Jawa Barat. Dinamakan kerupuk melarat sebab proses pembuatannya tidak menggunakan minyak goreng, melainkan dimasak dengan pasir khusus yang sudah dibersihkan. Kerupuk melarat terkenal memiliki rasa gurih, dan biasa disajikan dengan sambal asam.

4. Kue Ketawa

article image

Image source: cookpad.com

Ada banyak makanan khas Indonesia yang diberi nama seperti ekspresi seseorang, salah satunya adalah kue ketawa. Kue ketawa sekilas tampak seperti jajanan pasar pada umumnya, dengan bentuk bulat berwarna coklat, serta ditaburi biji wijen di permukaannya. Karena bentuknya yang terbelah, sehingga kue ini terlihat seperti ekspresi tertawa.

5. Kue Tetek

article image

Image source: Tagar.id

Selain ketela bajingan, ada makanan khas lainnya yang memiliki nama cukup absurd, yaitu kue tetek. Sebetulnya makanan ini bernama kue ape atau dikenal juga serabi jakarta. Bentuknya mirip seperti pancake namun lebih menonjol di bagian tengah. Karena bentuknya itulah orang-orang menyebutnya sebagai kue tetek. Kue ini biasanya dijajakan pedagang di depan sekolah.

6. Lidah Kucing

article image

Image source: lemonilo.com

Kali ini ada makanan unik yang sering kita temukan saat momen lebaran, yaitu lidah kucing. Makanan ini berupa kue kering berbentuk panjang dan tipis. Sekilas kue ini memang mirip seperti lidah kucing yang sedang menjulur.

7. Kuku Macan

article image

Image source: IDN Times

Selain lidah kucing, ada juga makanan dengan nama aneh yang terinspirasi dari hewan di Kalimantan Timur. Orang-orang menyebutnya sebagai kuku macan. Camilan ini berupa kerupuk tengiri yang dibentuk seperti kuku runcing macan dan berukuran besar.


Nah, itulah beberapa makanan dengan nama aneh di Indonesia. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: IDN Times