7 Pilihan Makanan Halal Untuk Disajikan Saat Natal Tiba

Sebentar lagi kita akan menyambut Natal nih, apakah kamu sudah memikirkan menu apa saja yang akan kamu sajikan saat jamuan Natal? Di Indonesia biasanya makan bersama saat perayaan Natal tidak hanya dihadiri oleh sesama Kristiani, tetapi juga oleh umat agama lain.

Keberagaman di Indonesia membuat kita terbiasa dengan pemandangan saling mengunjungi saat perayaan hari besar agama. Oleh sebab itu, tuan rumah akan menyiapkan hidangan yang boleh disantap oleh semua tamu.

Kamu tidak perlu bingung saat perayaan Natal nanti harus menghidangkan menu apa. Gotomalls sudah merangkum makanan halal yang bisa kamu sajikan untuk menjamu saudara-saudara kamu saat perayaan Natal.

1. Bihun Goreng

article image

Image source: sajiansedap.grid.id

Kamu tentu sering melihat bihun goreng hampir selalu disajikan di suatu acara. Selain enak dan sederhana, cara membuat bihun goreng pun tidak terlalu sulit. Bihun goreng juga memiliki beragam pilihan resep, misalnya mulai dari bihun goreng sederhana, bihun goreng jawa, bihun goreng jamur dan lain-lain.

Karena mudah divariasikan, bihun goreng sering dijadikan pilihan untuk jamuan makan. Kamu pun tidak perlu khawatir karena bihun goreng termasuk makanan halal dan bisa disantap siapa saja.

2. Rendang Sapi

article image

Image source: beepdo.com

Makanan halal yang menjadi makanan terenak nomor satu di dunia ini tidak hanya bisa disajikan saat lebaran saja. Kamu juga bisa menghidangkan menu lezat ini saat jamuan Natal. Rasanya sulit menolak sajian daging yang menggugah selera ini.

Rendang sapi memiliki cita rasa pedas yang gurih dan diolah dengan bumbu rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang tajam. Memasak rendang memerlukan proses memasak yang lama hingga berjam-jam hingga daging beserta bumbunya menjadi kering dan berwarna pekat.

Masakan khas Indonesia ini tahan hingga berminggu-minggu dalam suhu ruangan. Jadi cocok banget disajikan saat makan bersama saat Natal tanpa harus khawatir makanan akan cepat basi.

3. Ayam Balado

article image

Image source: doyanresep.com

Kamu yang menyukai hidangan pedas boleh coba makanan halal yang satu ini. Selain rendang sapi, ada ayam balado khas Padang yang juga menggugah selera. Dari tampilannya saja yang berwarna kemerahan, kamu pasti tergoda untuk mencicipi masakan ini.

Tidak seperti rendang sapi, cara memasak ayam balado tidak terlalu ribet dan bisa kamu bikin sendiri di rumah. Ayam yang telah dimasak dengan bumbu ungkap kamu goreng, lalu tiriskan dan tumis dengan bumbu balado. Untuk membuat bumbu balado, kamu perlu menghaluskan cabai merah, cabai keriting, cabai rawit, gula pasir, gula merah dan garam secukupnya.

Kalau kamu ingin membuat sajian simpel yang cukup mudah untuk dimasak, ayam balado bisa menjadi pilihan. Hidangkan sebagai menu utama dan cita rasa pedas gurihnya pasti akan bikin ketagihan.

4. Ayam Goreng Mentega

article image

Image source: selerasa.com

Nah, kalau makanan halal yang satu ini buat kamu yang tidak terlalu menyukai cita rasa pedas. Namun gurihnya ayam goreng mentega tidak kalah lezatnya dan cocok disajikan saat jamuan Natal nanti. Apalagi jika kamu memasaknya dengan ayam kampung, ayam goreng mentega akan terasa lebih gurih.

Ciri khas ayam goreng mentega adalah menggunakan tiga macam saus saat dimasak, yakni kecap asin, kecap manis dan kecap inggris. Kalau kamu sulit menemukan kecap inggris, bisa diganti dengan saus tiram yang lebih umum. Cita rasa yang dihasilkan tetap enak dan cocok di lidah orang Indonesia. Cara memasak ayam goreng mentega juga cukup praktis. Jadi kalau kamu tidak mau ribet, cobalah memasak hidangan yang rasanya nendang dan bikin nagih ini.

5. Roti Canai

article image

Image source: kuali.com

Roti canai merupakan sejenis roti gepeng yang banyak dijumpai di Indonesia. Kamu pasti sering melihat gerai-gerai makanan yang menjual roti yang dipengaruhi oleh makanan khas India ini. Kamu bisa menyantap roti canai dengan topping yang beragam, tentunya memiliki rasa yang gurih dan pas di lidah orang Indonesia.

Roti canai berbentuk gepeng karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis. Adonan roti kemudian dilipat dan dipanggang. Di Indonesia umumnya roti canai ditambah dengan bumbu kari yang gurih. Kamu bisa membuatnya di
rumah dengan menggunakan loyang dan oven.

Baca jjuga artikel lainnya tentang Natal di bawah ini:

Articles

6. Kue Jahe

article image

Image source: resephariini.com

Perayaan Natal identik dengan kue jahe atau ginger bread. Kamu pasti akan menyajikan makanan ringan seperti kue kering selain menu-menu berat kan? Cobalah untuk menghidangkan kue jahe yang lezat dan pastinya halal ini.

Ternyata kue jahe sudah populer di Indonesia sejak dulu. Penganan Indonesia banyak dipengaruhi oleh negara barat saat masa kolonial, termasuk kue jahe. Berbeda dengan kue jahe ala Eropa yang menggunakan tepung terigu, kue jahe di Indonesia dimasak menggunakan tepung sagu. Kue jahe Indonesia atau juga dikenal dengan kue bangket memiliki tekstur yang lebih renyah dibanding kue jahe khas Eropa.

Dengan tekstur yang renyah, tentu penganan ini cocok dijadikan camilan saat jamuan Natal. Kue ini juga akan memberi efek hangat dan pas banget disantap saat santai sebagai teman minum teh atau kopi.

7. Minuman Segar

article image

Image source: halodoc.com

Rasanya tidak lengkap dong sajian makanan lezat tanpa didampingi minuman yang menyegarkan? Minuman segar wajib ada di setiap acara jamuan makan. Setelah mencicipi berbagai hidangan dengan cita rasa asam manis, pedas atau sedikit asin, tentu minuman segar akan menjadi penutup yang pas.

Salah satu minuman segar yang bisa kamu hidangkan adalah es buah. Kamu bisa membuat es buah dengan buah-buah favorit kamu, misalnya melon, semangka, alpukat atau sirsak. Ke bayang dong bagaimana segarnya minuman ini?


Nah itu dia deretan makanan halal yang bisa kamu hidangkan untuk menjamu saudara saat perayaan Natal. Cita rasa makanan yang gurih dan lezat tentu akan membuat perayaan Natal semakin meriah dan hangat. Selamat menyambut hari raya Natal!

Kunjungi Gotomalls.com aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: tasteofhom.com