10 Makanan Khas Indonesia Untuk Menyambut Natal

Tidak hanya momen Lebaran, masyarakat Indonesia juga memiliki tradisi membuat hidangan khas untuk menyambut Natal. Seperti halnya ketupat yang identik dengan perayaan Idul Fitri, umat Katolik maupun Kristiani pun memiliki makanan khas Indonesia yang wajib disajikan saat Natal tiba.

Kalau kamu sedang merencanakan acara kumpul keluarga dan makan bersama saat hari Natal nanti, berikut Gotomalls rekomendasikan beberapa makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa kamu sajikan. Jadi, kamu punya referensi untuk hidangan Natal, yuk simak deretan menu khas Indonesia berikut ini.

1. Ayam Rica-Rica (Manado)

article image

Image source: thegorbalsla.com

Siapa yang tidak suka dengan sajian khas Manado ini? Ayam rica-rica memang terkenal dengan kelezatannya dan menjadi hidangan favorit tidak hanya di Manado, tetapi juga daerah lain di Indonesia. Rasanya yang pedas dan gurih pas banget disajikan pada saat Natal.

Kata "rica" berarti pedas atau cabai. Kalau kamu penyuka makanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa tajam dan pedas, ayam rica-rica wajib masuk dalam daftar menu hidangan Natal kamu. Ayam rica-rica dimasak dengan kombinasi bumbu rempah yang gurih dan biasa dihidangkan dengan nasi hangat dengan taburan bawang goreng, mentimun atau diberi daun kemangi.

Ke bayang kan bagaimana lezatnya ayam rica-rica? Dijamin makanan ini akan ludes dengan cepat jika kamu sajikan saat perayaan Natal bersama keluarga.

2. Kue Bagea (NTT)

article image

Image source: merahputih.com

Kue Bagea merupakan makanan khas dari Nusa Tenggara Timur (NTT) yang biasa disajikan saat perayaan Natal oleh masyarakat setempat. Bagea terbuat dari sagu dan berbentuk bulat dengan warna cokelat. Selain sagu, adonan bagea terdiri dari biji kenari yang dicincang, gula halus, tepung terigu yang diayak, kacang yang dihaluskan, bubuk kayu manis, minyak sayur dan bubuk cengkeh.

Melihat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue bagea, sepertinya sudah terbayang ya, bagaimana gurihnya kue khas NTT ini. Kue bagea cocok dijadikan camilan saat acara kumpul keluarga. Rasanya yang gurih akan sangat pas dinikmati sambil menyeruput kopi atau teh. Perayaan Natal kamu bersama keluarga akan menjadi lebih intim.

3. Kue Lapet (Tapanuli)

article image

Image source: phinemo.com

Kue lapet merupakan makanan khas Batak dari Tapanuli dan sering disajikan menjadi hidangan Natal. Penganan ini terbuat dari tepung beras dengan gula merah dan disajikan dengan bungkusan daun pisang berbentuk kerucut. Kue ini sudah menjadi bagian dari budaya Batak dan biasa disajikan pada saat upacara-upacara perayaan seperti pernikahan, arisan atau acara kumpul-kumpul orang Batak.

Jajanan tradisional dengan cita rasa gurih dan manis ini biasa disantap bersama kopi atau teh. Selain menggunakan bahan dasar tepung beras, kue lapet juga ada yang dimasak dengan tepung ketan. Adonan tepung ini kemudian dicampur dengan gula merah, kelapa muda parut dan daun pandan. Tekstur kue lapet yang lembut dijamin bakalan bikin nagih.

4. Ayam Budu-Budu (Makassar)

article image

Image source: id.tastemade.com

Selain ayam rica-rica, kamu juga bisa mencoba makanan khas Indonesia yang satu ini. Ayam budu-budu memiliki aroma yang akan menggugah selera kamu karena dimasak dengan berbagai bumbu rempah. Hidangan lezat ini tentu sangat cocok kamu sajikan saat perayaan Natal nanti.

Ayam budu-budu merupakan hidangan khas untuk menyambut Natal di Makassar. Makanan ini dimasak dengan bahan utama ayam kampung yang direbus bersama dengan air jeruk nipis, air asam jawa, jahe, merica, daun bawang dan bumbu rempah sebagai penyedap. Agar bumbu lebih meresap, ayam harus dimasak dengan api kecil.

Ayam budu-budu sangat nikmat bila disantap dengan nasi hangat, bisa-bisa bikin kamu ingin tambah terus. Kalau kamu menginginkan sajian ayam yang sedikit berbeda, ayam budu-budu boleh banget dihidangkan untuk menyambut Natal.

Cek juga artikel makanan khas Indonesia lainnya di bawah ini:

Articles

5. Kue Poporcis (Ambon)

article image

Image source: phinemo.com

Kue Poporcis biasanya disajikan sebagai kue Natal oleh orang Ambon. Makanan khas ini berupa panekuk dengan ukuran mini. Kue ini memiliki kemiripan dengan kue khas Belanda porffertjes karena memang diadaptasi dari penganan tersebut.

Tidak seperti panekuk yang dimasak dengan menggunakan teflon, poporcis dimasak dengan menggunakan cetakan bulat. Adonan kue berbentuk mungil ini terbuat dari tepung terigu, kuning telur, baking powder, susu cair, dan mentega yang ditambahkan dengan labu kuning. Kue ini juga bisa diberi topping menarik seperti taburan gula halus, madu atau parutan keju sesuai dengan selera.

Masyarakat Ambon umumnya menyantap kue poporcis sebagai menu sarapan saat Natal dan dihidangkan saat saudara dan kerabat dekat datang berkunjung ke rumah. Selain itu, kue ini juga cocok dijadikan bingkisan yang kamu berikan untuk orang-orang terdekat saat perayaan Natal.

6. Klapertart (Manado)

article image

Image source: kopisenja.com

Manado memang surganya hidangan lezat ya! Satu lagi nih hidangan yang biasanya disajikan saat Natal, klapertart khas Manado. Kue dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur ini dipengaruhi oleh budaya Belanda saat zaman pendudukan Belanda di Manado.

Klapertart ada yang dimasak dengan cara dipanggang, ada juga yang tidak. Kue ini termasuk penganan dengan kalori tinggi. Namun, sekarang adonan kue bisa diakali dengan menggunakan susu tinggi kalsium dan pemanis yang rendah kalori. Tidak hanya itu, klapertart juga disajikan dengan berbagai varian rasa selain rasa orisinal seperti keju, cokelat, durian, blueberry dan rum raisin.

Penganan menggugah selera ini bisa menjadi alternatif hidangan Natal kamu. Dengan berbagai varian rasa yang tersedia, pastinya keluarga akan penasaran untuk mencobanya.

7. Ikan Arsik

article image

Image source: indonesia.go.id

Ikan arsik merupakan hidangan khas masyarakat Batak yang biasa disajikan pada perayaan besar seperti Natal. Ikan arsik merupakan olahan ikan mas dengan sisik yang masih menempel. Ikan tersebut dimasak dengan bumbu kuning yang dari bawang merah, bawang putih dan kunyit yang dihaluskan.
Biasanya ikan arsik juga disajikan dengan daun-daunan seperti daun ruku-ruku, mangkokan atau bunga kecombrang agar rasanya semakin gurih. Kalau kamu bosan dengan hidangan daging, coba deh sajikan ikan arsik saat perayaan Natal.

8. Sambal Ikan Roa

article image

Image source: tribun.com

Siapa yang tidak tergiur dengan sambal khas Manado ini? Sambal ikan roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa yang diasap. Ikan roa sendiri merupakan ikan laut yang dapat dijumpai di perairan laut utara pulau Sulawesi hingga kepulauan Maluku. Ikan roa juga kerap kali disebut dengan ikan julung-julung.

Sambal ikan roa terasa lezat saat disantap bersama nasi hangat. Kalau kamu butuh hidangan sambal, wajib banget deh sajikan sambal ikan roa yang telah memiliki banyak penggemar ini.

9. Ikan Kuah Kuning

article image

Image source: cookpad.com

Ikan kuah kuning merupakan salah satu masakan Indonesia yang wajib dihidangkan saat Natal di wilayah Indonesia Timur, khususnya Maluku. Umumnya ikan kuah kuning disajikan bersama papeda. Ikan yang digunakan adalah ikan gabus, tetapi terkadang ikan tongkol dipilih karena lebih mudah didapat.

Dengan menghidangkan ikan kuah kuning khas Ambon, kamu akan menghirup wangi jeruk, rempah dan belimbing wuluh. Kalau kamu ingin menghidangkan sajian berkuah, coba deh sajikan ikan kuah kuning yang gurih ini!

10. Ayam Ingkung

article image

Image source: rancahpost.com

Masakan Indonesia yang satu ini merupakan sajian khas Yogyakarta. Ayam ingkung terbuat dari ayam kampung utuh yang dimasak bersama bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, pala dan bumbu lainnya. Bumbu rempah tersebut dihaluskan dan dimasak dengan santan kental.

Cita rasa ayam ingkung yang gurih dijamin akan menggugah selera kamu. Apalagi bila disajikan dengan bumbu kaldu kuning yang lezat, pasti banyak yang akan menyerbu hidangan ini.


Nah, itu tadi makanan khas Indonesia yang biasa disajikan untuk menyambut Natal di berbagai daerah di Indonesia. Semuanya memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Perayaan Natal nanti rasanya akan semakin lengkap jika hidangan-hidangan tersebut disantap bersama keluarga.

Kunjungi Gotomalls.com aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: tokowahab.com