Makanan Khas Indonesia untuk Perayaan 17 Agustus

Tidak lama lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Biasanya setiap tanggal 17 Agustus selalu ada perayaan, mulai dari lomba, tasyakuran, sampai makan bersama.

Ngomongin makanan, pasti ada dong menu-menu khas yang kerap tampil saat HUT Indonesia. Kira-kira makanan khas Indonesia apa saja ya yang cocok disantap saat 17 Agustus nanti? Ini dia bocornya.

1. Nasi Tumpeng Kuning

article image

Image source: bobo.co.id

Pada banyak perayaan, nasi tumpeng kuning rasanya selalu tampil jadi idola. Ternyata oh ternyata nasi tumpeng memiliki banyak makna bagi masyarakat Indonesia, yakni sebagai ucapan rasa syukur karena telah mencapai sesuatu.

Nasi tumpeng kuning biasa dibentuk kerucut bak gunung dengan berbagai macam lauk yang mengelilingi. Sebut saja, telur, mi goreng, suwir ayam, perkedel, sambal goreng kentang, sayuran segar, dan tentu saja sambal.

2. Bubur Merah Putih

article image

Image source: idntimes.com

Seperti halnya nasi tumpeng, bubur merah putih juga mengandung makna dalam sebagai tanda syukur kepada Sang Pencipta atas hal yang telah tercapai. Bubur merah putih sebenarnya identik sebagai simbol lahirnya manusia, namun bisa juga jadi penanda merdekanya Indonesia.

Bubur merah putih terbuat dari beras yang dimasak hingga mendidih menjadi bubur. Untuk yang putih menggunakan tambahan gula putih, sedangkan bubur merah menggunakan campuran gula merah.

3. Tumpeng Merah Putih

article image

Image source: shutterstock.com

Menu ini sebenarnya hampir sama dengan tumpeng nasi kuning, hanya saja warna nasinya diganti dengan merah dan putih. Terlihat khas Indonesia.

Untuk nasi putih bisa menggunakan beras biasa sedangkan merah menggunakan beras merah. Setelah matang susun membentuk kerucut, putih di bawah dan nasi merah di atas. Untuk lauk tidak jauh berbeda dengan tumpeng nasi kuning.

4. Klepon

article image

Image source: cnnindonesia.com

Kue tradisional asal Indonesia ini sepertinya tidak boleh dilupakan saat perayaan HUT Indonesia. Klepon dibuat dari tepung beras ketan dengan isian gula merah juga bisa diwarnai dengan warna merah dan putih ala-ala bendera Indonesia.

5. Telok Abang, Telok Pindang, dan Telok Ukan

article image

Image source: idntimes.com

Adalah makanan khas Palembang yang tidak boleh dilupakan. Telok berarti telur rebus, bisa terlur ayam atau pun bebek yang kemudaian diberi tambahan bumbu lainnya.

Telok abang adalah telur rebus yang diberi warna merah. Biasanya telok abang dijual bersamaan dengan mainan seperti perahu atau jembatan. Telok pindang beda lagi. Seperti namanya pindang, telok ini dimasak dengan cara dipindang dengan air yang sudah tercampur asam.

Terakhir ada telok ukan. Telok ukan biasa menggunakan telur bebek dengan cara pengolahan yang lebih unik lagi. Pertama-tama telur dikeluarkan dari cangkang yang telah dilubangi ujungnya. Telur kemudian dicampur dengan rempah-rempah lalu dimasukkan kembali dalam cangkang dan dikukus hingga matang.

6. Celorot

article image

Image source: shopee.com

Banyak ditemukan di Jawa Tengah, makan ini terbuat dari tepung beras dan santan. Uniknya, celorot dibungkus dengan daun kelapa atau janur kemudian dibentuk kerucut.

7. Carabikang

article image

Image source: kompas.com

Bentuknya cantik menyerupai bunga, carabikang adalah kue tradisional khas Jawa Tengah yang biasanya juga ikut hadir dalam banyak acara besar masyarakat Indonesia. Tak terkecuali pada perayaan Kemerdekaan RI.

8. Kerupuk

article image

Image source: shopee.com

Kurang rasanya perayaan HUT Indonesia tanpa hadirnya kerupuk. Apalagi jika tak pernah menjajal lomba makan kerupuk. Tapi kerupuk tidak hanya pas untuk lomba makan kerupuk saja, camilan yang super crunchy ini juga cocok untuk teman makan tumpeng atau makanan lainnya. Pastikan selalu ada ya, terutama saat perayaan 17 Agustus nanti.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Articles

Featured image source: shutterstock.com