7 Makanan Khas Makassar Cocok untuk Berbuka Puasa

Makassar merupakan salah satu daerah yang memiliki kuliner yang identik dan juga rasa yang enak. Daerah yang terletak di timur Indonesia ini memang terkenal akan berbagai budaya, serta jenis makanannya yang dinikmati bukan hanya oleh masyarakat dari Makassar sendiri atau Sulawesi saja namun masyarakat di seluruh Indonesia. Masih di bulan Ramadhan, banyak sekali kuliner yang berasal dari Kota Makassar yang cocok dijadikan penganan atau makanan untuk berbuka. Bagi kamu yang sedang mencari makanan berbuka, maka berikut 7 makanan khas Makassar untuk berbuka puasa.

Pallu Butung

article image

Source image : cookpad

Kuliner pertama yang cocok menjadi makanan untuk berbuka puasa bernama Pallu Butung. Salah satu kuliner khas dari Makassar, Sulawesi Selatan ini, masuk ke dalam kudapan yang disajikan baik hangat maupun dingin. Cocok untuk kamu yang sedang mencari kudapan pembuka dengan rasa manis dan juga segar, maka makanan khas ini cocok untuk berbuka bersama keluarga. Biasanya pallu butung disajikan dengan mangkuk yang penuh dengan bubur serta tambahan kue-kue manis lainnya. Cobalah untuk mencari dessert yang satu ini, namun bila kamu pergi ke Makassar maka kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai tempat.

Sanggara Balanda

article image

Source image : cookpad

Untuk kamu yang mencari kue ataupun kudapan yang cocok untuk berbuka puasa, maka makanan ini bisa dikonsumsi ketika berbuka, Sanggara Balanda Namanya. Makanan manis ini menjadi makanan khas dari Sulawesi Selatan, yang sudah mulai sulit untuk didapatkan namun kamu masih bisa menemukannya selama bulan Ramadhan. Makanan ini terbuat dari pisang raja yang dibelah tengahnya kemudian digoreng sampai kecokelatan. Setelah itu pisang tersebut diisi dengan campuran kacang goreng, parutan keju, gula pasir, dan juga mentega. Sanggara balanda ini sering kali disediakan ketika ada tamu kerajaan dan juga tamu dari luar negeri. Namun sekarang ini camilan Sanggara Balanda ini sudah bisa ditemukan secara bebas.

Es Pisang Ijo

article image

Source image : prelo

Tidak lengkap rasanya saat berbuka puasa tidak mencoba makanan khas Makassar yang satu ini, es pisang ijo. Salah satu jenis penganan yang sudah terkenal bahkan seluruh Indonesia ini memang cocok disantap untuk berbuka puasa. Selain rasanya enak, pisang manis digulung dengan adonan tepung berwarna hijau ini bisa dikonsumsi ketika sedang berbuka karena rasanya yang manis dan juga dingin. Es pisang ijo Ini juga masuk ke dalam kudapan yang banyak difavoritkan oleh masyarakat Indonesia baik mereka yang berasal dari Makassar ataupun yang bukan.

Bayao Nibalu

article image

Source image : pacarkecilku

Sekilas jajanan khas Makassar yang satu ini memang hampir serupa dengan pancake durian, namanya bayao nibalu. Makanan ini cocok bagi kamu yang ingin mengonsumsi durian dengan bentuk lain. Bayao Nibalu terbuat dari kuning telur dan juga gula pasir yang dikocok, sehingga membentuk adonan kemudian dimasak dan membentuk dadar gulung yang berisi daging buah durian serta isinya. Bagi kamu yang sedang mencari bayao nibalu, memang cukup sulit menemukannya di kota lain selain di Makassar.

Sanggara Peppe

article image

Source image : cookpad

Terakhir, makanan khas Makassar ini cocok untuk berbuka puasa adalah Sanggara Peppe. Jika sebelumnya Sanggara balanda merupakan pisang goreng yang diisi oleh kacang tanah dan beberapa parutan keju. Untuk Sanggara peppe ini memang hampir sama yaitu menggunakan pisang namun cara makan dan cara konsumsinya juga berbeda. Sanggara peppe adalah pisang gurih yang ternyata disantap dengan menggunakan sambal. Menarik ya!

Apam Maranggi

article image

Source image : cookpad

Kue berwarna coklat dan rasa manis ini memang banyak ditemui di Kota Makassar. Terutama ketika hari raya tiba atau ada acara besar. Kue bernama Apam Maranggi ini, merupakan kue bolu yang dibuat dari adonan gula merah serta tepung rasanya sangat manis dan juga mengenyangkan. Cocok untuk kamu yang ingin berbuka puasa dengan camilan dan makanan yang tidak terlalu berat.

Gogoso

article image

Source image: jejakkulinerindo

Makanan terakhir yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat khas Bugis bernama gogoso. Kuliner ini terbuat dari beras ketan yang dibakar, kemudian disajikan bersama dengan telur asin dan juga kacang rebus umumnya jajanan khas Makassar ini bisa kamu temukan di sekitar pantai Losari ataupun pinggiran jalan kota Makassar.

Selain 7 daftar di atas, kamu bisa mencoba makanan lainnya yang juga tidak kalah enak

Otak Otak Ibu Elly Cemilan Makassar

article image

Beli Sekarang


Itulah 7 makanan khas Makassar yang wajib kamu coba untuk berbuka puasa. Mana dari 7 pilihan di atas yang sudah pernah kamu santap? Kamu juga bisa berbuka puasa di restoran favorit yang ada di mall. GoToMalls.com juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Brands