Makanan Penghilang Stres

Kemudahan akses informasi yang kita miliki hari ini tidak selamanya membuat hidup jadi semudah itu. Setiap hari kita selalu dibanjiri dengan berbagai informasi yang bergerak sangat cepat dan masif. Dampaknya, orang-orang jadi rentan mengalami stres dan gangguan kecemasan.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari jenis informasi yang memang sulit untuk disaring, rasa khawatir ketinggalan berita terbaru, atau bisa juga karena tuntutan aktivitas yang memaksa kita bergerak cepat tanpa kenal lelah.

Stres dan gangguan kecemasan tidak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan tanpa ditangani dengan baik, kondisi kesehatan mental kita akan ikut melemah seiring waktu.

Salah satu cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan penghilang stres, yaitu jenis-jenis makanan sehat yang bisa memberikan efek baik bagi kondisi psikis, mood, dan fungsi otak. Berikut 7 makanan penghilang stres yang bisa kamu coba:

1. Cokelat Hitam

article image

Image source: Hello Magazine

Di antara jenis-jenis makanan yang direkomendasikan untuk menghilangkan stres dan memperbaiki suasana hati, cokelat hitam merupakan salah satu yang paling populer. Makanan ini mengandung tinggi antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan, memperbaiki mood, meningkatkan kemampuan memori otak, hingga memperkuat sistem imun.

Kandungan kakao di dalam cokelat hitam juga sangat tinggi, yaitu sebanyak 70%. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam dapat memberikan manfaat untuk neuroplasticity, yaitu kemampuan otak melakukan reorganisasi dalam bentuk interkoneksi baru pada jaringan saraf.

2. Makanan & Minuman Hasil Fermentasi

article image

Image source: Newatlas.com

Kesehatan otak dan usus saling berkaitan dalam merespon stres dan menurunkan kecemasan. Untuk menyeimbangkan kesehatan keduanya, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman hasil fermentasi yang mengandung prebiotik dan probiotik.

Prebiotik dan probiotik sebetulnya bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan. Namun, kandungan yang paling tinggi sering ditemukan dalam makanan dan minuman fermentasi seperti kimchi, yogurt, cuka apel, kombucha, dan miso.

3. Jeruk

article image

Image source: Unsplash.com

Jeruk adalah salah satu jenis buah yang sangat kaya akan vitamin C. Selain mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh, vitamin C juga sudah terbukti ampuh untuk meminimalisir efek fisik dan psikologis yang timbul akibat stres.

Penelitian mengungkapkan bahwa stres bisa menguras persediaan vitamin C di dalam tubuh. Oleh sebabnya, jika tubuh memiliki pasokan vitamin C yang tinggi biasanya tidak menunjukkan tanda stres mental maupun fisik yang seringkali muncul saat menghadapi tantangan psikologis akut.

Menariknya lagi, orang-orang yang memiliki pasokan vitamin C tinggi dilaporkan bisa pulih lebih cepat dari kondisi stres daripada mereka yang hanya memiliki kadar vitamin C rendah dalam sirkulasi darahnya.

4. Kacang Mede

article image

Image source: Green Nuts Shoppy

Selain cokelat hitam, kacang mede juga dianggap sebagai makanan penghilang stres yang baik. Itulah sebabnya dua jenis makanan ini sering dikombinasikan. Kacang mede diketahui mengandung kadar zinc yang cukup tinggi, dalam setiap 1 ons kacang mede bisa mencukupi hingga 11% kebutuhan zinc harian kita.

Tubuh yang kekurangan kadar zinc sering diasosiasikan dengan tingkat kecemasan tinggi dan kecenderungan depresi. Mengingat tubuh tidak mempunyai fasilitas untuk menyimpan pasokan zinc, maka kamu disarankan untuk memenuhi asupannya setiap hari.

5. Oatmeal

article image

Image source: Pinterest

Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam oatmeals tidak hanya baik untuk sumber energi harian, melainkan juga membantu otak memproduksi serotonin, hormon yang bertanggung jawab mengendalikan mood dan memberikan suasana nyaman dan perasaan positif.

Efek menenangkan dari serotonin bisa membantu mengatasi stres dengan efektif. Selain itu, berbagai hasil studi telah mengungkapkan bahwa anak-anak yang mendapat sarapan oatmeal di pagi hari cenderung memiliki kualitas performa belajar yang lebih tinggi sepanjang pagi.

6. Sayuran Hijau

article image

Image source: perceptioneyecare.ca

Sayuran berdaun hijau seperti asparagus atau bayam mengandung tinggi folat yang berperan penting untuk memproduksi dopamin, yaitu senyawa kimia organik dalam otak yang berperan merangsang perasaan kebahagiaan, sehingga akan membantu kita tetap tenang.

7. Salmon

article image

Image source: garciaweightloss.com

Stres berkepanjangan dapat menimbulkan gangguan kecemasan. Hal ini disebabkan oleh hormon adrenalin dan kortisol yang melonjak tinggi. Nah, makanan penghilang stres yang satu ini bisa mengatasi kondisi tersebut dengan baik. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bersifat anti peradangan.

Sifat tersebut akan membantu menurunkan efek negatif yang timbul dari hormon stres. Salah satu hasil studi dari tahun 2011 yang dilakukan pada sejumlah mahasiswa ilmu kedokteran menunjukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 secara rutin bisa menurunkan kecemasan hingga 20%.


Jika kamu ingin lebih terbebas dari stres dan gangguan kecemasan, kamu bisa menambahkan makanan-makanan ini dalam pola makan harianmu. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Malls

Articles

Featured image source: midwestliving.com