Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa di Bawah 30 Ribu

Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu oleh semua umat muslim khususnya di Indonesia. Di bulan ini umat muslim akan berpuasa untuk menahan rasa lapar, haus, serta menahan hawa nafsu mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Untuk masyarakat Indonesia sendiri akan menahan puasa selama 13 jam mulai dari jam 5 pagi hingga jam 6 sore. Ada berbagai faktor yang harus diperhatikan ketika seseorang sedang berpuasa, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan juga berbuka.

Jika Anda salah mengonsumsi makanan, maka Anda akan mengalami penyakit dan ibadah pun akan terganggu termasuk ibadah berpuasa. Dalam artikel berikut ini Gotomalls akan membahas mengenai makanan sehat untuk buka puasa di bawah 30 ribu. Selain harganya yang murah, tentu saja Anda bisa mendapatkan makanan yang sehat dan bernutrisi.

1. Kurma

article image

Source image: Pixabay

Makanan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah buah kurma, di mana buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang sangat mudah didapatkan ketika bulan Ramadhan tiba. Menurut umat muslim, ketika berbuka puasa dengan menggunakan buah kurma merupakan salah satu sunah yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW. Namun selain itu, buah kurma juga ternyata menjadi salah satu buah yang memiliki rasa yang sangat manis serta ringan untuk dikonsumsi. Kurma juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh karena mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa, serta mengandung kalori yang cukup rendah. Buah kurma menjadi konsumsi makanan yang aman untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes dan juga jantung. Terlebih untuk Anda yang sedang hamil atau menyusui, maka tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah ini.

Buat Anda yang ingin membeli kurma, klik gambar di bawah ini!

Kurma Sayer - Oleh oleh Haji

article image

Beli Sekarang

2. Kolak

article image

Source image: bukumasakan

Makanan sehat kedua yang bisa Anda dapatkan untuk berbuka puasa adalah makanan yang sudah pasti ada ketika bulan Ramadan yaitu kolak. Makanan dengan perpaduan buah pisang, buah kolang-kaling, santan, gula merah dan lain sebagainya ini, menjadi salah satu makanan yang wajib ada ketika bulan Ramadhan tiba. Rasanya yang manis bisa dikonsumsi ketika hangat maupun dingin saat berbuka puasa.

Ternyata makanan kolak masuk ke dalam kategori makanan sehat dan murah yang bisa Anda dapatkan ketika berbuka puasa. Menurut dr. Juwalita Surapsari sebagai dokter spesialis gizi RS Pondok Indah, menyatakan untuk mengonsumsi kolak ini cukup untuk menggantikan kebutuhan gula Anda. Namun kolak yang dikonsumsi oleh Anda yang memiliki diabetes, usahakan untuk menghindari penggunaan santan dan hanya menggunakan gula merah sedikit saja. Agar tetap sehat dan kolak tetap bisa dikonsumsi siapa saja.

3. Buah Potong

article image

Source image: Pixabay

Selanjutnya makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk berbuka puasa adalah buah potong. Makanan ini bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda para penderita diabetes dan juga para penderita penyakit yang cukup berat. Tentunya tidak semua buah bisa Anda makan secara langsung untuk menggantikan energi yang sudah hilang setelah berpuasa. Mulai dari buah apel, jeruk, pir, pisang, dan beberapa buah lainnya yang masuk ke dalam jenis buah dengan indeks glikemik rendah.

Tidak harus selalu buah potong, jika bosan Anda bisa mengolah buah tersebut menjadi minuman seperti jus atau smoothies yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Tentunya jika ingin sehat, maka buah dan olahan buah tidak boleh menggunakan tambahan apa pun khususnya pemanis dan pemanis buatan. Selain sehat Anda juga akan merasa tubuh kembali segar setelah berpuasa selama seharian. Anda juga bisa mengonsumsi buah potong ketika sahur untuk menambah rasa segar dan vitamin berpuasa selama seharian.

4. Salad Sayur

article image

Source image: Pixabay

Makanan sehat selanjutnya yang memiliki harga sangat murah, namun Anda tetap merasa kenyang dan cocok untuk berbuka puasa adalah salad khususnya salad sayur. Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika berpuasa, saluran pencernaan Anda akan terganggu dan Anda juga membutuhkan makanan yang sehat seperti halnya sayuran. Selain itu, saat berpuasa lambung akan beristirahat sehingga ukuran lambung menjadi lebih kecil dan enzim pencernaan tubuh akan berkurang.

Sekarang sudah cukup jelas, Anda memerlukan makanan yang lebih mudah dicerna agar lambung tidak mengalami kontraksi atau terlalu keras dalam bekerja. Saat berbuka puasa sebaiknya konsumsi sayuran berserat tinggi. Salad sayur yang Anda buat bisa dipadukan dengan berbagai macam buah atau saus yang menambah kelezatan salad tersebut.

Dapatkan semua produk makanan sehat di bawah 30 ribu di sini!

Products


Itulah beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi ketika sedang berpuasa, khususnya pilihan makanan sehat di bawah 30ribu. Tentu saja pilihan makanan di atas cocok sekali untuk Anda yang ingin mengonsumsi makanan dengan harga yang murah. Selain itu meskipun murah, makanan untuk berbuka yang direkomendasikan tetaplah sehat dan tidak akan mengganggu kondisi tubuh Anda ketika berpuasa seharian. Temukan semua makanan sehat di atas di supermarket terdekat di kotamu. Untuk memudahkan berbagai informasi, kamu bisa cek GoToMalls.com. Di GoToMalls kamu bisa menemukan banyak promo, diskon, kupon, dan event-event yang sedang diadakan di mall-mall seluruh Indonesia.

Malls

Brands

Products

Articles