Makanan Sehat untuk Buka Puasa

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, rasanya makanan apapun akan menarik untuk disantap. Apalagi pada jam buka puasa. Orang kadang lupa jika tidak semua makanan itu sehat dan berdampak baik bagi tubuh.

Misalnya makan gorengan. Ya meskipun gorengan termasuk mayoritas takjil masyarakat Indonesia, namun makanan ini tidak termasuk makanan sehat. Gorengan adalah makanan berlemak tinggi yang dapat memicu kolesterol. Ketika perut kita kosong karena seharian puasa dan lantas berbuka dengan gorengan itu akan meningkatkan kenaikan asam lambung.

Itu mengapa kita harus memikirkan makanan sehat untuk buka puasa. Karena jika salah makan dampaknya bisa cukup fatal. Untuk itu kami ada beberapa pilihan menu makanan sehat untuk buka puasa yang bisa kalian pilih.

1. Kurma

article image

Image source: kompas.com

Kurma adalah makanan sehat untuk buka puasa yang dianjurkan dalam agama Islam. Buah yang identik dengan bulan ramadan ini mengandung pemanis alami yang dapat mengembalikan energi dalam tubuh setelah seharian berpuasa.

Kurma juga digolongkan sebagai buah kering yang memang memberi manfaat baik bagi kesehatan. Tidak jarang buah ini juga diolah menjadi berbagai olahan makanan, seperti kue, minuman, hingga masakan.

2. Salad

article image

Image source: unileverfoodsolution.com

Seharian tidak makan dan minum, itu artinya nutrisi dalam tubuh pun berkurang. Guna mengembalikan asupan nutrisi kamu bisa memilih makanan sehat untuk buka puasa seperti salad.

Salad sayur ataupun buah kaya akan vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi kebutuhan nutrisi harian bisa terbayar dengan pilihan makanan ini. Salad juga termasuk makanan yang mudah diolah lumayan praktis disantap sebagai takjil.

3. Smoothie

article image

Image source: livingwell.com

Smoothie biasanya terbuat dari campuran buah dan sayur. Bahan tersebut kemudian diolah jadi makanan halus dengan topping buah segar maupun kering.

Karena terbuat dari buah dan sayuran ini yang membuat smoothie jadi makanan sehat untuk buka puasa. Kandungan nutrisinya terbilang cukup tinggi mulai dari vitamin, serat, serta antioksidan.

4. Puding

article image

Image source: giudeku.com

Siapa yang tidak suka puding? Makanan manis yang biasanya jadi pencuci mulut atau dessert ini juga bisa jadi salah satu pilihan makanan sehat untuk buka puasa.

Puding adalah makanan yang kaya serat dan tentunya memiliki banyak manfaat bagi tubuh khususnya pencernaan. Untuk mendapatkan khasiat extra. kamu bisa mengkombinasikan puding dengan buah-buah segar. Pasti nikmat sekali.

5. Sup

article image

Image source: ilovevegan.com

Lagi-lagi ada menu simpel yang pastinya sangat sehat dan penuh nutrisi. Kamu bisa membuat sup dengan isian tahu, brokoli, pasta, lentil, wortel, dan sayur lain yang kaya protein dan karbohidrat.

Makanan sehat untuk buka puasa ini sangat cocok disuguhkan ke keluarga. Mau anak kecil hingga orang dewasa pun dijamin pasti suka. Tapi untuk memperoleh extra manfaat jangan mencampurkan sup dengan bahan yang mengandung krim ya.

6. Oatmeal

article image

Image source:fitfoodiefinds.com

Oatmeal telah dipercaya memiliki segudang manfaat karena kandungan nutrisinya. Sebut saja karbohidrat, serat dan vitamin. Mengonsumsi oatmeals setelah berbuka dapat membantu mengembalikan energi dalam tubuh.

Oh iya, makanan sehat untuk buka puasa ini juga bisa jadi menu pengganjal sebelum sholat. Jadi perut tidak akan terasa terlalu kenyang ketika beribadah. Setelah beribadah bisa dilanjutkan dengan makan makanan berat.

7. Daging Panggang

article image

Image source: lovefood.com

Daging sapi tanpa lemak juga jadi pilihan makanan sehat untuk buka puasa. Memilih olahan daging sapi tanpa lemak yang diproses dengan cara dipanggang akan meningkatkan kadar baik untuk tubuh kita.

Misalnya dengan makan steak. Kandungan nutrisi dalam daging sapi yang dipanggang akan lebih sempurna jika dibandingkan dengan daging yang sudah diolah menjadi tumisan atau digoreng.

8. Yoghurt

article image

Image source: grid.id

Pilihlah yoghurt tanpa tambahan pemanis buatan untuk mendapatkan nutrisi terbaiknya. Mengkonsumsi yoghurt juga baik untuk pencernaan yang baru saja istirahat selama kurang lebih 13 jam.

Nah kira-kira itulah kedelapan makanan sehat untuk buka puasa. Semoga bermanfaat dan salam sehat.


Simak juga informasi dan tips menarik lainnya di Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Products

Articles

Featured image source: hallosehta.com