Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Makan makanan bergizi saat hamil sangat dianjurkan. Tidak hanya untuk sang ibu, buah hati pun perlu asupan gizi sejak masih dalam perut.

Apalagi untuk kamu yang suka mual, muntah, sembelit, dan mulas ketika hamil, memilih makanan yang baik akan membantu mengatasi gejala tersebut. Asupan yang perlu diperhatikan antara lain adalah protein, vitamin dan mineral, lemak sehat, karbohidrat kompleks, serat, serta cairan.

Berikut ini 8 makanan super bergizi yang baik dimakan saat hamil membantumu mencukupi nutrisi harian.

1. Produk Olahan Susu

article image

Image source: fil.idf.org

Selama kehamilan, kamu perlu mengkonsumsi ekstra protein dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan si jabang bayi. Produk olahan susu seperti keju dan yoghurt adalah salah satu yang perlu kamu konsumsi.

Produk susu dan olahannya mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi. Selain itu susu juga sumber protein dan kalsium terbaik. Dalam susu juga mengandung fosfor, Vitamin B, magnesium, dan seng dalam jumlah yang cukup tinggi.

Pun demikian dengan yogurt. Yogurt terutama yogurt Yunani mengandung kalsium tinggi daripada banyak produk susu. Beberapa varietas juga mengandung bakteri probiotik yang baik untuk pencernaan.

2. Kacang-kacangan

article image

Image source: alibaba.com

Makanan yang baik untuk ibu hamil berikutnya datang dari kelompok kacang-kacangan. Sudah bukan rahasia lagi jika kacang-kacangan merupakan sumber serat dan protein. Selain itu dalam kacang-kacangan juga terdapat zat besi, folat, dan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu dan calon anak.

Folat adalah salah satu vitamin B9 yang paling penting, terutama untuk trimester pertama. Kacang-kacangan umumnya juga tinggi serat. Jadi baik untuk sistem pencernaan ibu.

3. Ubi Jalar

article image

Image source: hallosehat.com

Ubi jalar adalah makanan yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung Vitamin A yang diperlukan oleh perkembangan bayi. Berbeda dari Vitamin A yang dihasilkan oleh hewani seperti jeroan yang dapat menyebabkan toksisitas jika dimakan dalam jumlah banyak.

Ubi jalar juga sumber serat nabati dan beta karoten yang dapat mengurangi lonjakan gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Salmon

article image

Image source: kompas.com

Salmon cukup terkenal kaya akan asam lemak omega-3. kandungan tersebut membantu pembentukan otak dan mata bayi.

Iklan salmon juga mengandung vitamin D yang baik bagi janin dan ibu hamil. Meski kaya manfaat namun ibu hamil hanya boleh mengkonsumsi salmon yang sudah dimasak saja. Makan salmon dalam keadaan mentah akan menimbulkan efek buruk bagi janin.

5. Telur

article image

Image source: goop.com

Telur besar mengandur sekitar 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak dan vitamin. Telur juga merupakan sumber kolin, nutrisi penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Kolin membantu perkembangan otak pada janin dan membantu mencegah kelainan pada tulang belakang.

6. Brokoli

article image

Image source: thespruceeaet.com

Brokoli termasuk jenis sayur yang mengandung banyak nutrisi penting untuk ibu hamil. Sayuran hijau ini sangat diperlukan karena memiliki nutrisi seperti asam folat, luten, kalsium, karotenoid, dan zeaxanthin yang bagus untuk kesehatan mata.

Selain itu brokoli juga mengandung serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan zat besi. kandungan vitaminnya dapat menangkis sembelit dan membuat sistem pencernaan jadi semakin baik.

7. Alpukat

article image

Image source: wholefoodmarket.com

Buah alpukat adalah buah yang unik karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh. Kandungan tersebut yang membuat alpukat terasa seperti mentega jadi cocok disandingkan dengan kudapan apapun.

Selain itu alpukat juga tinggi serat, vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C. Itu sebabnya buah yang satu ini jadi makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Kandungan lemak sehat folat, dan potasiumnya merupakan pilihan tepat selama masa kehamilan. Lamak dapat membantu perkembangan kulit, otak, dan jaringan pada si kecil. Serat folat dapat membantu mencegah cacat saraf, kelainan perkembangan otak, dan tulang belakang.

8. Biji-bijian

article image

Image source: nestlecerals.com

Biji-bijian mengandung serat, vitamin, dan senyawa tanaman yang bagus untuk ibu hamil. Biji-bijian seperti gandum, beras merah, beri gandum, dan quinoa bisa jadi rekomendasinya.

Gandum dan quinoa mengandung cukup banyak protein dan dapat meningkatkan asupan vitamin B, serat, dan magnesium yang seringkali kurang pada ibu hamil.


Demikianlah beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Jangan lupa simak terus update info dan tips yang tak kalah menarik lainnya di Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Articles

Featured image source: freepik.com