Ternyata 8 Makanan Ini Justru Berbahaya Bagi Kesehatan

Tidak dipungkiri bahwa kondisi kesehatan tubuh kita sangat dipengaruhi oleh asupan makanan yang kita konsumsi. Ada banyak pilihan makanan sehat yang biasa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun tahukah kamu, bahwa ada beberapa makanan yang sering dianggap sehat tetapi ternyata malah bisa berdampak buruk bagi kesehatan? Kalau kamu keliru menyantap makanan yang dianggap sehat bukannya akan berdampak baik, tetapi malah bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh.

Makanan apa saja sih yang sering dianggap sehat tetapi justru malah berbahaya bagi tubuh? Daripada penasaran, yuk simak daftar makanan berikut ini yang harus hati-hati banget kamu konsumsi.

Sushi

article image

Image source: livejapan.com

Kamu mungkin beranggapan bahwa sushi adalah makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan kandungan omega 3. Namun perlu kamu ketahui, beberapa jenis ikan mentah yang biasa digunakan untuk membuat sushi ternyata mengandung merkuri tinggi lho!

Apa sih efek dari kandungan merkuri pada ikan mentah tersebut? Kandungan merkuri yang tinggi bisa berdampak negatif pada kehamilan, bahkan berubah menjadi racun bila dikonsumsi berlebihan. Maka dari itu, ibu hamil sebaiknya menghindari sushi yang terbuat dari bahan ikan mentah.

Sebenarnya sushi akan aman kamu konsumsi apabila dimakan secara tidak berlebihan. Selain itu, daging atau ikan pada sushi juga harus dimasak dengan benar agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.

Susu Almond

article image

Image source: hellosehat.com

Susu almond dikenal sebagai salah satu minuman yang menyehatkan tubuh. Namun sebelum mengonsumsi susu almond, sebaiknya kamu mengecek komposisi bahan atau pembuatannya.

Susu almond yang sehat adalah susu almond yang tidak ditambahkan gula dan senyawa kimia lainnya. Susu almond yang seperti ini dapat mengendalikan gula darah karena kandungan karbohidratnya yang rendah. Susu almond akan bikin tubuh tidak sehat jika dalam proses pembuatannya ditambahkan gula.

Jadi kamu harus hati-hati dalam memilih susu almond. Kalau salah pilih, bisa-bisa malah memberi pengaruh buruk untuk sistem gula pada tubuh.

Roti Putih

article image

Image source: msn.com

Mungkin banyak di antara kalian yang sering sarapan dengan roti putih yang diberi keju atau diolesi dengan selai kesukaan kalian. Roti putih atau dikenal dengan roti tawar memang sangat mudah dijumpai.

Kamu perlu tahu bahwa roti tawar dibuat dari bahan dasar tepung terigu dan setiap lembarnya mengandung 80 kalori, 1 gram lemak dan 15 gram karbohidrat. Dengan kandungan seperti itu, bisa dibilang roti putih tidak mengandung nutrisi dan serat yang menyehatkan tubuh.

Diketahui pula roti putih mengandung sodium/natrium yang tinggi, tidak membuat kenyang dan tingginya kandungan karbohidrat dapa meningkatkan kadar gula dalam darah. Tentu saja hal tersebut akan memicu diabetes dan cenderung membuat badan gemuk. Sebagai alternatif, kamu bisa mengganti makanan tersebut dengan roti gandum.

Granola

article image

Image source: quericavida

Granola sering dijadikan pilihan menu diet. Granola memang kaya akan nutrisi, tetapi kamu harus hati-hati mengonsumsinya karena beberapa granola justru mengandung gula tambahan.

Granola yang dijual di pasaran rata-rata mengandung sirup jagung atau gula, sehingga kamu harus selektif dan rajin mengecek komposisi bahannya. Apabila kamu ingin mengonsumsi granola bar, pastikan makanan tersebut memiliki komposisi bahan alami dengan kandungan serat tinggi seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Minyak Sayur

article image

Image source: hellosehat.com

Minyak sayur sering digunakan untuk memasak. Minyak nabati tersebut merupakan sumber asam linoleat yang tinggi bila dibandingkan dengan bahan makanan lain. Asam linoleat sendiri merupakan jenis asam lemak omega-6 yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Kamu bisa berisiko terkena penyakit jantung, peradangan sendi bahkan kanker. Selain itu, minyak sayur mengandung lemak trans yang dapat menyebabkan pembuluh darah arteri tersumbat. Pembuluh darah arteri merupakan pembuluh darah utama untuk mengalirkan darah ke jantung, yang apabila tersumbat akan menimbulkan berbagai jenis penyakit jantung.

Sereal

article image

Image source: food.detik.com

Selain roti putih, sereal juga sering menjadi pilihan sarapan yang sederhana dan menyehatkan. Namun tidak semua jenis sereal memberikan manfaat untuk tubuh lho! Beberapa jenis sereal justru terbuat dari biji-bijian olahan di mana kandungan nutrisi dan seratnya sudah jauh berkurang.

Selain itu, beberapa jenis sereal juga mengandung gula yang bertujuan untuk membuat cita rasa lebih enak. Apabila sereal dengan tambahan gula ini dimakan secara berlebihan, tentu dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung dan obesitas.

Sebagai alternatif menu sarapan yang lebih sehat, kamu bisa mencoba oatmeal atau gandum utuh yang cukup serat untuk membuat kamu kenyang dan lebih energik.

Kedelai

article image

Image source: riaureview.com

Kedelai yang tidak sehat bagi tubuh adalah kedelai yang telah dimodifikasi secara genetik. Bila itu terjadi, kamu tidak akan mendapatkan nutrisi yang menyehatkan tubuh.

Asupan kedelai juga biasanya dihubungkan dengan peningkatan aktivitas hormon tiroid. Apabila aktivitas hormon tiroid meningkat, hal itu akan menyebabkan penurunan berat badan dan pembengkakan pada leher.

Jus Buah

article image

Image source: hantologie.com

Kandungan serat penting untuk pencegahan diabetes, penyakit jantung dan obesitas. Namun tahukah kamu bahwa buah yang sudah dijus telah kehilangan sebagian besar kandungan seratnya?

Konsumsi jus buah yang berlebihan, apalagi dengan tambahan gula akan menyebabkan masalah kesehatan. Kandungan gula yang terkandung dalam jus buah bisa setara dengan gula dalam minuman kaleng bersoda. Sebaiknya kamu mengonsumsi buah langsung untuk
mendapatkan kandungan serat yang cukup.


Itulah deretan makanan yang dianggap sehat, tetapi justru bisa membahayakan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Mulai sekarang berhati-hatilah mengonsumsi makanan-makanan tadi dan pilihlah makanan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo, diskon, kupon, dan event-event yang ada di mall.

Malls

featured image source: happyfoodstube.com