Makanan yang Membuat Rambut Rontok

Kerontokan pada rambut bisa disebabkan karena beberapa faktor. Menurut sebuah penelitian, rambut yang indah dan sehat tidak hanya tentang menggunakan produk perawatan rambut yang mahal.

Sebagai salah satu anggota tubuh, rambut juga perlu nutrisi dan apabila nutrisi yang dikonsumsi salah maka dapat terjadi kerusakan. Itu artinya ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Apa saja ya kira-kira? Berikut selengkapnya.

1. Alkohol

article image

Image source: vox.com

Helai rambut kita terbuat dari protein yang kita kenal sebagai keratin. Ketika kamu mengonsumsi alkohol maka dampak negatifnya dapat merusak sintesis pada protein yang lambat laun akan membuatnya menjadi lebih lemah dan tidak berkilau.

2. Gula

article image

Image source: linisehat.com

Rasanya gula tidak hanya membahayakan untuk tubuh saja, rambut pun bisa mudah rontok jika seorang mengonsumsi banyak gula. Kandungan gula yang tinggi pada makanan menjadi ancaman serius untuk rambut.

Penelitian menyebutkan jika resistensi insulin dapat membuat seseorang kehilangan rambut hingga mengalami masalah kebotakan.

3. Makanan Indeks Glikemik Tinggi

article image

Image source: mangchi.com

Adalah salah satu faktor penyebab tingginya lonjakan insulin dalam tubuh. Makanan dengan kategori indeks glikemik tinggi salah satunya adalah roti, tepung olahan, dan gula.

Beberapa contoh makanan di atas dapat membuat ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan lonjakan insulin penyebab rontoknya rambut.

4. Junk Food

article image

Image source: ppid.serangkota.go.id

Tidak hanya kamu yang sedang diet saja yang perlu menjauhi junk food. Jika kamu masih peduli pada pertumbuhan rambut, maka jangan sekali-kali mengkonsumsi junk food dengan jumlah yang banyak.

Kandungan lemak jenuh dalam junk food dapat memicu timbulnya penyakit kardiovaskular yang membuat rambut rapuh dan mudah rontok.

5. Putih Telur Mentah

article image

Image source: wikipedia.com

Siapa nih yang dokan makan telur mentah? Ternyata putih telur yang mentah menjadi pemicu kerontokan loh.

Mengkonsumsi putih telur mentah dapat menyebabkan kekurangan biotin, vitamin yang membantu tubuh memproduksi keratin. Meski telur baik untuk rambut, tapi cara makannya harus saat matang ya.

6. Ikan

article image

Image source: healthfitnessrevolution.com

Kok bisa ikan menyebabkan rambut rontok? Tidak semua ikan ya, hanya ikan dengan kandungan tinggi protein saja yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

Jadi jika rambut sering rontok, coba dicek lagi jangan-jangan makanan yang kamu konsumsi salah.

Malls

Articles

Featured Image Source: newsbyteapps.com