Makanan yang Cocok untuk Diet

Tidak semua makanan memiliki jumlah kalori yang baik untuk menjaga berat badan. Setiap makanan memiliki proses metabolisme yang berbeda. Ada yang memiliki efek memberi rasa lapar, hormon, atau bahkan mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar.

Untuk itu penting memperhatikan pola makan sehat, di samping melakukan olahraga sedang. Menghilangkan makanan olahan yang tinggi natrium dan makanan manis juga sangat baik bagi kaum diet.

Dan berikut ini makanan yang cocok untuk diet, dijamin berat badanmu akan cepat turun.

1. Salmon

article image

Image source: theconversation.com

Ikan salmon sangat baik karena penuh nutrisi, selain itu juga cepat membuat kamu kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif kecil. Ikan salmon sarat akan protein berkualitas tinggi, lemak baik, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Makanan yang cocok untuk diet ini secara umum memasok yodium dalam jumlah tinggi. Nutrisi yang terkandung dalam salmon juga baik meningkatkan fungsi tiroid yang penting metabolisme.

Salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang terbukti dapat membantu mengurangi peradangan dan berperan penting mengatasi masalah metabolik. Vitamin D yang terkandung juga dapat membantu memanajemen berat badan seorang.

Memakan salmon berarti kamu telah melengkapi 25% kebutuhan harian vitamin B6 yang dapat meredakan stres berlebih.

2. Tuna

article image

Image source: sandiegomagazine.com

Tidak ada yang lebih baik daripada lemak sehat yang ada pada tuna. Untuk urusan protein, kandungan yang ada dalam tuna hampir sama dengan ikan salmon dan sarden.

Setiap potong ikan tuna dilengkapi dengan omega-3 dan protein lemak tak jenuh. Kandungan tersebut dapat membantumu kenyang lebih lama agar tidak ada keinginan untuk makan camilan.

3. Telur Utuh

article image

Image source: nationaltoday.com

Makan telur dalam jumlah tinggi memang menyebabkan kolesterol bagi sebagian orang, namun telur juga jadi sumber makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Kandungan proteinnya tingginya mambuat seorang kenyang lebih lama setelah mengonsumsi telur.

Studi yang dilakukan pada 30 wanita dengan berat badan berlebih menunjukkan jika makan telor untuk sarapan akan meninggalkan rasa kenyang dan membuat mereka makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.

Studi lain juga menyebutkan jika makan telur untuk sarapan dapat menurunkan berat badan dan membatasi kalori.

4. Labu

article image

Image source: thepairihomestated.com

Labu mengandung lebih banyak serat dan kalium. Untuk membantu program penurunan berat badan, kamu bisa mengonsumsi pure labu sebagai camilan.

Makanan yang cocok untuk diet ini juga termasuk mudah ditemukan di mana pun. Bahkan sudah mengandung pemanis alami yang baik untuk tubuh.

5. Alpukat

article image

Image source: okezone.com

Buah yang satu ini selalu jadi buah bibir bagi pegiat diet. Alpukat mengandung banyak nutrisi baik yang diperlukan oleh tubuh.

Alpukat kaya akan asam oleat tak jenuh seperti yang ditemukan pada minyak zaitun. Selain itu alpukat juga mengandung banyak mineral dan serat.

Alpukat akan sangat cocok disantap di pagi hari untuk sarapan dicampur dengan salad sayur atau roti panggang. Penelitian menyebutkan jika kandungan lemak dalam alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan.

6. Kentang Rebus

article image

Image source: fagavition.com

Kentang rebus masuk dalam daftar makanan yang cocok untuk diet tentu saja. Kentang rebus memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan dan mengandung banyak nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahkan sudah banyak orang hidup sehat hanya dengan mengonsumsi kentang. Kentang juga tinggi kalium yang berperan penting untuk mengendalikan tekanan darah pada tubuh.

7. Daging Tanpa Lemak dan Dada Ayam

article image

Image source: diabetes.co.uk

Daging merah yang tidak diolah ini tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Itu mengapa makanan ini cocok untuk diet.

Daging adalah makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan karena kandungan proteinnya cukup tinggi. Protein sejauh ini adalah nutrisi paling mengenyangkan. Mengonsumsi makanan kaya protein dapat membuat pembakaran lemak dalam tubuh berjalan maksimal hingga 80-100 kalori per hari.

8. Kacang-kacangan

article image

Image source: verival.com

Makanan yang cocok untuk diet ini telah direkomendasikan sejak lama. Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan lainnya mengandung protein tinggi dan serat yang merupakan nutrisi terbaik untuk membuatmu merasa tetap kenyang.

9. Cabai

article image

Image source: wikipedia.com

Mengapa cabai masuk dalam makanan yang cocok untuk diet? Sebab cabai mengandung capsaicin yang mempengaruhi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak.

Bahkan zat ini banyak ditemui dalam bentuk suplemen dan bahan umum pada minuman penurun berat badan.

Sebuah penelitian telah membuktikan jika makan 1 gram cabai merah dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak. Sayangnya efek ini tidak dapat berjalan maksimal pada orang yang telah terbiasa mengonsumsi makanan pedas.

10. Biji Chia

article image

Image source: detik.com

Biji chia adalah salah satu makanan paling bergizi di muka bumi ini. Makanan yang cocok untuk diet ini mengandung 12 gram karbohidrat per ons yang cukup memenuhi kebutuhan serat harian.

Biji chia jadi makanan sumber serat terbaik di dunia. Kandungan seratnya yang tinggi dapat menyerap air lebih maksimal hingga 11-12 kali lipat beratnya yang kemudian diubah jadi gel yang membuat perut terasa kenyang lebih lama.


Nah, itulah beberapa makanan yang cocok dikonsumsi untuk diet. Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Articles

Featured image source: parade.com