Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Waspada Risiko Stroke

Kolesterol diproduksi oleh organ hati untuk menghasilkan hormon dan melancarkan proses pencernaan, yang bisa diperoleh dari sumber makanan yang kita konsumsi setiap hari. Walaupun berperan penting, jika kadar kolesterol dalam tubuh melewati batas ideal malah akan berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius seperti stroke dan jantung.

Idealnya, kadar kolesterol yang dibutuhkan tubuh tidak boleh melebihi 300 mg per hari. Hal ini disampaikan langsung oleh American Heart Association. Keseimbangan kadar kolesterol bisa tetap terjaga jika kita menghindari sumber makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Berikut 10 makanan yang mengandung kolesterol tinggi:

French Fries

article image

Image source: cookitrealgood.com

Berdasarkan hasil studi yang dirilis Harvard School of Public Health, french fries atau kentang goreng mengandung kolesterol tinggi dari minyak nabati yang digunakan dalam proses pengolahan. Minyak tersebut umumnya telah mengalami hidrogenasi, yang bisa membuat makanan mengandung kadar lemak trans tinggi.

Es Krim

article image

Image source: newsfoodmagazine.com

Kudapan yang satu ini sebaiknya dihindari bagi orang yang memiliki masalah kolesterol. Kadar kolesterol es krim diketahui mencapai 47 mg/100 gram. Bahkan dalam satu skop es krim saja, kadar kolesterolnya bisa melebihi jumlah kolesterol yang terkandung dalam donat dan hamburger. Solusinya, kamu bisa mengonsumsi es krim yang berbahan dasar yoghurt atau buah-buahan asli.

Ayam Goreng

article image

Image source: tribunnews.com

Walaupun daging ayam lebih direkomendasikan daripada daging sapi atau daging hewani lainnya, jika pengolahannya dilakukan dengan cara digoreng malah akan meningkatkan kadar kolesterolnya. Apalagi jika digoreng menggunakan minyak nabati yang mengandung lemak trans tinggi. Pengolahan daging ayam sebaiknya dilakukan dengan cara dikukus atau dipanggang.

Lobster

article image

Image source: bobo.grid.id

Makanan laut ini termasuk kuliner eksklusif yang kaya akan kandungan gizi. Tapi jangan salah, kadar kolesterol dalam lobster olahan juga ternyata cukup tinggi. Setiap 100 gram lobster diketahui mengandung kolesterol sebanyak 200 mg. Belum lagi jika dimasak menggunakan campuran santan dan kuah lemak lainnya, kadar kolesterolnya tentu akan semakin tinggi.

Daging Merah

article image

Image source: tasteofhome.com

Daging merah bisa didapat dari sapi, kambing, hingga babi. Sumber pangan ini termasuk menu rekomendasi untuk meningkatkan massa otot, yang berarti sejalan dengan kandungan kolesterolnya. Daging merah mengandung 70 mg/100 gram kolesterol. Jika konsumsi daging merah tidak dibarengi dengan olahraga rutin, risiko serangan jantung bisa meningkat.

Kue Kering

article image

Image source: confessionsofachocoholic.com

Siapa sangka jika kue kering yang biasa dijadikan camilan di rumah ternyata termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kue kering mengandung jumlah kolesterol mencapai 300 mg. Sebaiknya batasi konsumsi kue kering agar tidak membahayakan kesehatan.

Lemak Hewani

article image

Image source: keviniscooking.com

Hampir semua lemak hewani mengandung tinggi kadar kolesterol, terutama lemak hewani yang berasal dari lemak sapi dan lemak kambing. Keduanya mengandung jumlah kolesterol mencapai 130 mg/100 gram. Lemak hewani dalam jumlah besar biasanya sering ditemukan pada makanan-makanan berkuah seperti kari, opor, rendang, dan masih banyak lagi.

Tiram

article image

Image source: indozone.id

Selain lobster, makanan laut lainnya yang mengandung kolesterol tinggi adalah tiram. Walaupun ia mengandung nutrisi menyehatkan seperti zinc yang bermanfaat baik bagi tubuh, tiram juga tak lepas dari kandungan kolesterol yang tinggi. Bahkan, jumlah kolesterol pada makanan laut ini bisa mencapai 206 mg.

Kuning Telur

article image

Image source: thoughtco.com

Kuning telur memang sudah terkenal dengan kandungan kolesterolnya yang sangat tinggi. Makanan ini juga selalu masuk daftar blacklist untuk orang-orang yang memiliki masalah keseimbangan kadar kolesterol atau penyakit jantung. Jumlah kolesterol dalam setiap enam buah kuning telur bisa mencapai 1085 mg. Kuning telur sebaiknya dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Imbangi dengan asupan sayuran dan buah-buahan.

Otak Sapi

article image

Image source: cookpad.com

Selain daging, bagian tubuh dari hewan sapi yang memiliki kandungan kolesterol tinggi lainnya adalah otak. Menurut data penelitian dari US Department of Agriculture (USDA), kadar kolesterol pada otak sapi mencapai 3.100 mg/100 gram. Angka ini sudah jauh melampaui jumlah maksimal kadar kolesterol harian yang disarankan.

Di Indonesia, otak sapi bisa dijumpai di rumah-rumah makan. Biasanya disajikan dengan tambahan kuah santan dan bumbu rempah lainnya. Hati-hati, makanan ini sebaiknya kamu hindari jika terdapat riwayat masalah jantung atau stroke.

Kamu juga bisa mengimbanginya dengan memakan makanan sehat dan kaya nutrisi, cek rekomendasinya di bawah ini:

Articles


Demikianlah 10 makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jangan lupa juga imbangi dengan makanan yang sehat juga ya! Supaya kita selalu terhindar dari penularan virus corona, mulai sekarang ikuti kebijakan social distancing secara tertib dan rajin cuci tangan menggunakan sabun sehabis beraktivitas. Hindari juga kegiatan berkumpul atau bepergian jika tidak diperlukan. Dan jangan lupa, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: nola.eater.com