Makanan yang Mengandung Lemak

Makanan tinggi lemak sering kali dianggap tidak sehat, mendatangkan penyakit, dan berpotensi mengganggu penampilan. Padahal, tidak selamanya berlaku demikian. Beberapa makanan tinggi lemak justru bisa mendatangkan segudang manfaat bagi kesehatan.

Lemak berfungsi sebagai cadangan energi, melindungi organ-organ tubuh, produksi hormon, hingga membantu penyerapan gizi. Dalam hal ini, kita disarankan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh.

Kenapa harus lemak tak jenuh? Jenis lemak ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah plak pada pembuluh darah, dan juga meminimalisir resiko penyakit jantung. Dengan begitu, kita bisa memperoleh manfaat ganda.

Berikut 7 makanan yang mengandung lemak tak jenuh tinggi:

1. Alpukat

article image

Image source: medicalnewstoday.com

Diantara kelompok buah-buahan, alpukat merupakan satu-satunya makanan yang mengandung lemak tinggi. Dari 70% kandungan lemak pada buah alpukat merupakan asam oleat, yakni salah satu jenis lemak tak jenuh.

Lemak ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu peradangan akibat penyakit, misalnya saja osteoarthritis. Selain daripada itu, asupan lemak tak jenuh juga dapat membantu menekan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam tubuh.

2. Ikan

article image

Image source: Blibli.com

Ikan-ikan laut seperti tuna, salmon, haring, kembung, atau sarden merupakan sumber lemak yang baik untuk tubuh. Pasalnya, ikan-ikan ini mengandung jenis asam lemak omega-3 yang masih tergolong lemak tak jenuh.

Menariknya lagi, omega-3 juga diketahui dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, depresi, serta demensia. Orang-orang yang rajin mengonsumsi ikan-ikan cenderung lebih terhindar dari jenis penyakit tersebut.

3. Kacang-kacangan

article image

Image source: Healthline.com

Kacang-kacangan sudah lumrah diketahui sebagai makanan yang mengandung lemak. Oleh karenanya, kacang-kacangan kerap kali diolah menjadi minyak karena kandungan lemaknya cukup tinggi. Menariknya, lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan termasuk lemak tak jenuh yang menyehatkan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kacang-kacangan cenderung lebih terhindar dari diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Meskipun makanan ini menyehatkan, perlu diketahui bahwa kandungan kalorinya cukup tinggi. Jadi, konsumsilah sewajarnya.

4. Telur

article image

Image source: Youtube/Pick a Trick

Selama ini kita sering menganggap bahwa telur tidak baik untuk menjaga berat badan. Padahal, telur sangat direkomendasikan sebagai sumber lemak selama menjalani program diet. Pasalnya, makanan yang mengandung lemak dan kolesterol ini tidak akan mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah, asalkan kadar kolesterol kita dalam kondisi normal.

5. Keju

article image

Image source: culturesforhealth.com

Makanan yang mengandung lemak tinggi dan tak kalah menyehatkan berikutnya yaitu keju. Perlu diketahui jika sebagian lemak yang terkandung dalam keju adalah asam linoleat terkonjugasi (CLA). Lemak ini dilaporkan mampu mencegah penyakit jantung dan obesitas. Kandungan CLA terbaik bisa kita dapatkan dari keju yang diolah dari bahan dasar susu full-fat.

6. Kelapa & Minyak Kelapa

article image

Image source: Healthline.com

Kelapa dan minyak hasil ekstraksinya merupakan sumber lemak jenuh yang cukup tinggi, yaitu sekitar 90% dari total kandungan lemaknya. Meskipun demikian, struktur kimia lemak kelapa ternyata tidak sama dengan lemak pada umumnya.

Lemak kelapa akan langsung disalurkan ke organ hati untuk kemudian diurai menjadi keton. Proses tersebut bisa berdampak pada peningkatan metabolisme, menekan nafsu makan, hingga akhirnya membuat seseorang makan lebih sedikit. Alhasil, kita bisa mengendalikan berat badan ideal dengan lebih baik.

7. Biji-bijian

article image

Image source: Agriculture Post

Meskipun berukuran sangat kecil, biji-bijian ternyata mengandung lemak yang menyehatkan. Utamanya biji chia dan biji rami (flax seeds), keduanya merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Selain itu, biji-bijian juga mengandung serat, protein, dan berbagai mineral. Makanan ini sangat dianjurkan sebagai camilan sehari-hari.

Makanan tinggi lemak tidak melulu berdampak negatif bagi tubuh, selama kita memilih jenis lemak yang menyehatkan. Maka dari itu, pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh.


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: Tasteofhome.com